INOVASI LAYANAN SEPASAR PEDAS (SEKOLAH PASAR RAKYAT PEDAGANG CERDAS) DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL DI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA MALANG

  • Fitri Dwi Laraswati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Fitrotun Niswah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: service innovation, sepasar pedas, traditional market traders

Abstract

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang telah menciptakan sebuah inovasi pelayanan untuk pedagang pasar tradisional melalui program Sepasar Pedas.  Tujuan inovasi ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan pedagang pasar rakyat di tengah-tengah persaingan pasar bebas serta meningkatkan eksistensi pasar tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian menggunakan kapasitas inovasi yaitu Innovative Culture, Leadership, Expert Knowledge, Stakeholders Engagement, dan Innovative Work Design. Hasil dari penelitian ini menunjukan dari komponen Innovative Culture (budaya inovatif) Diskopindag Kota Malang setiap minggunya selalu memberikan materi baru untuk Sepasar pedas. Komponen Leadership (kepemimpinan) Diskopindag  Kota Malang bertanggung jawab sebagai koordinator yang memanjemen seluruh kegiatan yang berkaitan dengan program Sepasar Pedas. Pada Komponen Expert Knowledge (pengetahuan ahli) yaitu pegawai di Diskopindag  Kota Malang dibidang perdagangan, yang didalamnya terdiri dari seksi atau sub bidang yang nantiya membantu Sepasar Pedas. Komponen Stakeholders Engagement (keterlibatan stakeholders) Diskopindag Kota Malang melibatkan pihak-pihak eksternal seperti Dinas Kesehatan dan Bank Jatim. Dan pada komponen Innovative Work Design (desain kerja yang inovatif) Diskopindag Kota Malang dengan telah melakukan kerja sama yang baik dan pedgang memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya inovasi ini. Saran yaitu untuk kedepannya Sepasar Pedas ini dapat diterapkan di semua pasar di Kota Malang, karena dari dua puluh enam pasar masih dua pasar saja yang menerapkan inovasi ini.

Kata Kunci : inovasi pelayanan, sepasar pedas, pedagang pasar tradisional

 

The Department of Industry and Trade Cooperatives of Malang City has created an innovative service for traditional market traders through the Sepasar Pedas program. The aim of this innovation is to increase the competence and insight of traditional market traders in the midst of free market competition and to increase the existence of traditional markets. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques through interview techniques, observation, documentation, and literature study. Data analysis techniques consist of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research focus uses the innovation capacity, namely Innovative Culture, Leadership, Expert Knowledge, Stakeholders Engagement, and Innovative Work Design. The results of this study indicate that the components of the Innovative Culture (innovative culture) of the Malang City Cooperative and Industry Agency always provide new material for Sepasar spicy. The leadership component of Malang City Diskopindag is responsible for coordinating all activities related to the Sepasar Pedas program. In the Expert Knowledge Component (expert knowledge), namely employees at the Malang City Diskopindag in the field of trade, which consists of sections or sub-fields that later help Sepasar Pedas. Components of Stakeholders Engagement (stakeholder involvement) Malang City Diskopindag involves external parties such as the Health Office and Bank Jatim. And in the Innovative Work Design component (innovative work design) Malang City Cooperative and Industry Agency has done good cooperation and traders have a high awareness of the importance of this innovation. Suggestions are that in the future Sepasar Pedas can be applied in all markets in Malang, because of the twenty-six markets there are only two markets that implement this innovation.

Keyword : service innovation, sepasar pedas, traditional market traders

References

Andriani, Maritfa Nika & Ali, M. M. (2013). Kajian Eksistensi Pasar Tradisional Pasar Surakarta. Medical Hypotheses, 30(3), 203–210. https://doi.org/10.1016/0306-9877(89)90062-5

Anggraeny, C. (2013). Imovasi Pelayanan Kesehatan. 1, 85–93.

Arianty, N. (2013). Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(01), 12.

Dalma, M. A. (2020). Kerjasama -Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh Kerjasama _ dosenpintar.

Dtf, A. (2020). PENGERTIAN KEPEMIMPINAN: Tujuan, Teori, Fungsi dan Contoh Leadership. February 9.

Emery, Y. dkk. (n.d.). Trends & Challenges. 1–14.

Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37

Firdausi, A. C. (2019). Inovasi “Sepasar Pedas” Kota Malang Masuk Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Jatim, Seperti Apa Sih? Jatim News, p. 1. https://doi.org/

https://jatimtimes.com/baca/207 035/20191230/195000/inovasi-sepasar-pedas- kota-malang-masuk-top-25-inovasi-pelayanan- publik-jatim-seperti-apa-sih

Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23. https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30

Munir, N. S. (2010). Penerapan Manajemen Pengetahauan di Perusahaan di Indonesia. Mba, 1–13.

Nugroho, R. A., S, K., Nurhaeni, I. D. A., & Utami, W. A. (2017). Traditional Market Sellers Acceptance of Electronic Government System. 2017 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), (November), 284–287.

Pym, D., Taylor, R., & Tofts, C. (2007). Public services innovation through technology. Portland International Conference on Management of Engineering and Technology, 2736–2739. https://doi.org/10.1109/PICMET.2007.4349609

Redaksi, T. (n.d.). Inovasi “Sepasar Pedas” Kota Malang Masuk Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Jatim, Seperti Apa Sih_ _ _ Indonesia Online News. Indonesia Online.

Sembiring, L. J. (2018). Ada 6 Pasar Rakyat Baru Bersertifikat SNI. Retrieved from https://economy.okezone.com/read/2018/01/31/ 320/1852795/ada-6-pasar-rakyat-baru- bersertifikat-sni

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodelogi Penelitian. Bogor: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suriyani, E. (2017). KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN. 4(1), 113–131.

Tetiro, A. (2016). Deliberasi dan Representasi. Triyono, Nikita Bakuh & Niswah, F. (2015). Inovasi Pelayanan Kesehatan Lansia melalui Program Gerakan Lansia Sehat ( Gelas ) di Puskesmas Trenggalek Kabupaten Trenggalek Nikita Bakuh Triyono S1 Ilmu Administrasi Negara , Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum , Universitas Negeri Surabaya Fitrotun Niswah.

Umam, K. (2014). Analisis Budaya Inovasi Dalam Menciptakan Perilaku Inovatif Karyawan Pada Naura Collection Probolinggo. Skripsi, 8(33), 44.

Peraturan Walikota Malang Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Malang Nomor 51, Tahun 2012 Tentang Uraian Tugas Pokok, fungsi dan Tata Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 595
PDF Downloads: 910