INOVASI LAYANAN DRIVE-THRU PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI (STUDI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR)

  • Anton Wahyu Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Fitrotun Niswah
Keywords: Service Innovation , Drive Thru  Library, Literacy Culture

Abstract

Inovasi layanan drive-thru perpustakaan merupakan sebuah layanan yang diciptakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Inovasi layanan drive-thru ini berbentuk tempat / loket untuk melayani kebutuhan pemustaka tanpa harus turun dari kendaraan. Inovasi ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada pemustaka dengan harapan dapat meningkatkan budaya literasi.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi layanan drive-thru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Fokus penelitian ini adalah Kriteria Inovasi menurut PermenPANRB nomor 3 Tahun  2018 meliputi 5 variabel yang terdiri atas Kebaruan, Efektif , Bermanfaat , Dapat direplikasi, dan Berkelanjutan. Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemaparan dan penarikan kesimpulan. Untuk hasil penelitian menunjukkan inovasi layanan drive-thru memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada kriteria kebaruan menunjukkan inovasi drive-thru merupakan suatu penemuan baru serta menawarkan cara baru dalam melayani pemustaka melalui loket. Untuk kriteria efektif tujuan dari diciptakannya drive-thru adalah untuk memudahkan pemustaka sudah memenuhi, tetapi untuk meningkatkan budaya literasi belum tercapai. Untuk kriteria bermanfaat sudah dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan bagi dinas yang menerapkannya. Pada dapat direplikasi inovasi ini dapat menjadi contoh/rujukan karena sudah ada beberapa instansi yang menduplikasinya, lalu kriteria terakhir keberlanjutan untuk kedepan inovasi ini akan tetap dipertahankan karena mendapat dukungan dari berbagai stakeholder. Saran yang dapat diberikan adalah lebih menggalakan sosialisasi agar drive-thru ini bisa lebih berkembang dan dimanfaatkan oleh lebih banyak orang.   

Kata kunci : Inovasi Layanan, Drive Thru Perpustakaan, Budaya Literasi

 

The library's drive-thru service innovation is a service created by the Library and Archives Office of East Java Province. This drive-thru service innovation is in the form of a counter to serve the needs of visitors without having to get off the vehicle. This innovation aims to facilitate service to users in the hope that it can improve literacy culture. The purpose of this study is to describe the drive-thru service innovation in the Department of Library and Archives of East Java Province. The focus of this research is the Innovation Criteria according to the Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform (PermenPANRB) number 3 of 2018 covering 5 variables consisting of novelty, effectiveness, benefit, transferbility, and sustainability. This type of research is a descriptive type with a qualitative approach. For data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used was data collection, data reduction, data presentation, presentation and conclusion drawing. The research results show that drive-thru service innovation has advantages and disadvantages. The novelty criterion indicates that drive-thru innovation is a new invention and offers a new way of serving visitors through the counter. . For the effective criteria, the purpose of creating a drive-thru is to make it easier for users to fulfill it, but to improve literacy culture has not been achieved. For useful criteria, it can provide benefits for the community and for the agencies that implement them. If this innovation can be replicated, it can be used as an example / reference because there are already several agencies that duplicate it. Then the last criteria for sustainability for the future of this innovation will be maintained because it has the support of various stakeholders. Suggestions that can be given are to promote more socialization so that this drive-thru can be more developed and utilized by more people.

Keywords : Service Innovation , Drive Thru  Library, Literacy Culture

References

Albury, D., Unit, G. M.-L. S., Office, C., Kingdom, U. 2003. Innovation In The Public Sector. London Strategy Unit, Cabinet Office.
Azizah, R. M. 2019. Inovasi Layanan Bolam (Bioskop Literasi Anak dan Masyarakat) Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Publika (Vol. 7, Issue 8). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publi ka/article/view/31592.
Cook, G., Matthews, M., Office, S. I.-A. N. A., Canberra, 2009. Innovation In The Public Sector: Enabling Better Performance, Driving New directions. Australian National Audit Office.
Coule, T., & Patmore, B. 2013. Institutional Logics, Institutional Work, and Public Service Innovation In Non-profit Organizations. Public Administration, 91(4), 980–997. https://doi.org/10.1111/padm.12005.
Disperpusip Jatim. 2020. Layanan Perpustakaan Dibuka Secara Online dan Drive Thru | Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Retrieved December 18, 2020, from http://disperpusip.jatimprov.go.id/2020/08/04/layanan-perpustakan-dibuka-secara-online-dan-drive- thru/.
Halvorsen, T., Hauknes, J., Miles, I., & Roste, R. 2005. On The Differences Between Public And Private Sector Innovation. In Publin Report (Vol. 16, Issue 1). www.step.no/publin/.
Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. 2020. Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23.
https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30.
Kemenpan. 2003. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.No.63/KEP/M.PAN/7/2003.
Muslim, B. 2015. Layanan Delivery Pustaka (De_Tak). Inovasi Layanan Perpustakaan Umum. Jurnal Media Pustakawan, 22(4), 24–31.
Rahayu, S., & Niswah, F. 2018. Inovasi Layanan Crime Alarm System (CAS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Polres Bojonegoro. Publika (Vol. 6, Issue 6). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publi ka/article/view/23815.
Ramadani, R., Cikusin, Y., & WulanS, R. 2019. Manajemen dan Inovasi Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Malang terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan pada Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Jurnal Respon Publik, 13(4), 1–11.
Rogers, E. M., Singhal, A., & Quinlan, M. M. 2019. Diffusion Of Innovations. In An Integrated Approach To Communication Theory And Research, Third Edition (pp. 415–433). https://doi.org/10.4324/9780203710753-35.
Sinambela, L. P. 2011. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. In Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Susanti, D. A. 2018. Perpustakaan, Garda Budaya Literasi Indonesia. Edulib, 8(2), 180–193.
Suwarno, Y., & Lan, S. 2008. Inovasi Di Sektor Publik.
Jurnal Administrasi Publik Unpar, 5(2).
W, Titis Tri. 2020. Dinas Perpustakaan Jatim Kenalkan Drive Thru Pengembalian Buku | Global- News.co.id. Retrieved October 6, 2020, from http://global- news.co.id/2020/02/dinasperpustakaan-jatim- kenalkan-drive-thru-pengembalian-buku/.
Warsono, H., Qurniawati, D. R., Sitorus, H., & Fajar S.,
S. M. 2018. Inovasi Layanan Mpospay dan Free Pick Up Pos Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Pos Semarang 50000). JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(2),44.
https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n2.p44-50.
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 1496
PDF Downloads: 1043