INOVASI PELAYANAN GADIS AYU (GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINDUK KE POSYANDU) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG

  • Dewi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, Service Innovation, Gadis Ayu Service

Abstract

Inovasi pelayanan Gadis Ayu (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk ke Posyandu) merupakan sebuah inovasi yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang yang bekerja sama dengan kader posyandu dalam memberikan pelayanan pengurusan semua jenis dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang akses layanannya lebih dekat dengan masyarakat. Pelayanan ini diciptakan untuk percepatan pelayanan administrasi kependudukan dan mengatasi permasalahan pelayanan adminduk di desa-desa khususnya guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengurusan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan Gadis Ayu di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori komponen kapasitas inovasi yang dikemukakan oleh Emery et al. (2015) yaitu 1) innovative culture (budaya inovasi), 2) leadership (kepemimpinan), 3) expert knowledge (pengetahuan ahli), 4) stake holder engagement (keterlibatan pemangku kepentingan), 5) innovative work design (Desain Kerja yang Inovatif). Analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dispendukcapil Kabupaten Lumajang telah memenuhi lima komponen kapasitas inovasi serta pelaksanaannya sudah berjalan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala. Budaya inovatif telah diterapkan pada aktivitas sehari-hari. Kepemimpinan memiliki tanggung jawab yang besar dengan menempatkan dirinya sebagai fasilitator yang mampu mengkoordinir pegawainya dan sebagai motivator yang mampu memotivasi dan menyemangati pegawainya. Pengetahuan ahli menunjukkan bahwa tanggung jawab dalam pelaksanaan sudah cukup baik dan mumpuni. Keterlibatan pemangku kepentingan menunjukkan bahwa semuanya telah mendukung. Desain kerja yang inovatif telah diterapkan dengan baik meskipun di beberapa desa pelayanan tuntas di tempat membutuhkan penambahan waktu karena antusias masyarakat.

Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan, Pelayanan Gadis Ayu

 

The service innovation for Gadis Ayu (Indonesian Movement Awareness of Population Administration to Posyandu) is an innovation initiated by the Lumajang Regency Population and Civil Registration Service (Dispendukcapil) in collaboration with Posyandu cadres in providing services for managing all types of population documents and civil registration with closer service access. with the community. This service was created to accelerate population administration services and overcome administrative service problems in villages in particular in order to increase public awareness of the importance of managing population administration. The purpose of this study was to describe the service innovation for Gadis Ayu in the District Government Office of Lumajang. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The research focus uses the innovation capacity component theory proposed by Emery et al. (2015) namely 1) innovative culture (innovation culture), 2) leadership (leadership), 3) expert knowledge (expert knowledge), 4) stakeholder engagement (involvement of stakeholders), 5) innovative work design (Innovative Work Design) ). The data analysis conducted was data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the Lumajang District Civil Service Office has fulfilled the five components of innovation capacity and its implementation has been running quite well, although there are still some obstacles. Innovative culture has been applied to daily activities. Leadership has a big responsibility by placing itself as a facilitator who is able to coordinate its employees and as a motivator who is able to motivate and encourage its employees. Expert knowledge shows that the responsibility for implementation is quite good and qualified. Stakeholder involvement shows that all have been supportive. Innovative work designs have been implemented well even though in some villages on-site complete services require additional time due to community enthusiasm.

Keywords: Public Service, Service Innovation, Gadis Ayu Service

References

Arundel, Anthony, Carter Bloch, and Barry Ferguson. 2019. Advancing Innovation in the Public Sector: Aligning Innovation Measurement with Policy Goals. Research Policy, 48(3):789–98. doi: 10.1016/j.respol.2018.12.001.
Arvianty, Endira; Fanida, Eva Hany. 2020. Inovasi Sistem Pelayanan Masyarakat ( SemPelMas ) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kelurahan Jagalan Kecamatanan Kranggan Kota Mojokerto. Jurnal Publika Administrasi Negara, 2:1–8.
Asmara, Anugerah Yuka; Rahayu, Amy Yayuk Sri. 2019. Inovsi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron Di Kabupaten Banyuwangi Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovation), 3(2):57– 67.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Kabupaten Lumajang Dalam Angka 2019. Pp. 1–410 in.
Darmadi, Damai; Baharuddin, Mugni. 2019. Korelasi Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Junrnal Administrasi Publik, 3(2252):58–66.
Emery, et. al. 2015. Trends & Challenges Towards Innovative Public Services. 65:1–14.
Eprilianto, Deby Febriyan, Yuyun Eka Kartika Sari, and Boni Saputra. 2019. Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1):30. doi: 10.26740/jpsi.v4n1.p30-37.
Hadi, Krishno. dkk. 2020. Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government Civil Society, 4(April):1–144.
Hakim, Lukman, Johanes Basuki, Triyuni Soemartono, and Kusworo Kusworo. 2019. Licensing Services Innovation Establishing Buildings in One Stop Integrated Services in North Jakarta. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7):667–75. doi: 10.29103/ijevs.v1i7.1773.
Hasibuan, Siti Maisarah, and Syaiful Bahri. 2018. Pengaruh Kepemimpinan , Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,1(1):71–80.
Husniyawati, Yeni Rahmah, and Ratna Dwi Wulandari. 2016. Analisis Motivasi Terhadap Kinerja Kader Posyandu Berdasarkan Teori Victor Vroom. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2):126. doi: 10.20473/jaki.v4i2.2016.126-135.
Indarwati, Yulia. 2016. Inovasi Program Kartu Keluargaku Data Ulang (Kakekku Datang) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 1–17.
Jayanti, Reni Tri. 2018. Pelayanan Publik Dalam Pemerintahan Yang Baik (Good Governance). Retrieved December 1, 2020
(https://faktualnews.co/2018/07/22/pelayanan- publik-dalam-pemerintahan-yang-baik-good- governance/89698/).
Laporlumajang. 2019. Layanan Pengaduan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Lumajangkab.Go.Id. Retrieved December 2, 2020
(https://laporlumajang.lumajangkab.go.id/main/ index?q=Dinas+Kependudukan+dan+Pencatata n+Sipil).
Marjaya, Indra, and Fajar Pasaribu. 2019. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1):129–47.
Nejjari, Zakaria, and Hanane Aamoum. 2020. The Organizational Citizenship Behavior Impact on the Adaptive Performance of Moroccan Employees. International Journal of Organization Leadership, 9:214–26.
Nelvianti. 2015. Kualitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Jurnal Katalogis, 3:190–95.
Ningtias, Sovie Fajar; Meirinawati. 2018. Inovasi Layanan Anak Lahir Membawa Akta Kelahiran Dan Kartu Keluarga (Alamak) Di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017. Jurnal Publika Administrasi Negara, 6(4):1–7.
Nugroho, Haryanto Adi; Nurdiana, Dewi. 2008. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Motivasi Kader Posyandu Dengan Keaktifan Kader Posyandi Di Desa Dukuh Tengah Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jurnal Keperawatan, 2(1):1–8.
Nurwarsito, Heru, and Nadia Savitri. 2018. Development of Mobile Applications for Posyandu Administration Services Using Google Maps API Geolocation Tagging. 3rd International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology, 18:168–73. doi: 10.1109/SIET.2018.8693170.
Prasetyo, EKo. 2020. Analisis Efektifitas Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Konteks Keterlibatan Pemangku Kepentingan (Stakeholder Engagement): Studi Kasus Program Revaluasi Barang Milik Negara Pada Kementerian Keuangan. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 10(22):1–16.
Pratama, Yosua Ivan; Fanida, Eva Hany. 2019. Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Publika Administrasi Negara, 9:1–7.
Purnamasari, Lina. 2020. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang Tahun 2016-2019. Diploma Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Syihab, Achmad Hinada Milatus. 2017. Tingkat Kepuasanmasyarakat Terhadap Pelayanan Ktp- El Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Jurnal Administrasi Publik, 3(1):1–9.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
Yayat, Rukayat. 2017. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), (2):56–65.
Zainon, Saunah, Rina Fadhilah Ismail, Raja Adzrin, Raja Ahmad, and Roslina Mohamad. 2020. Factors of Human Resource Management Practices Affecting Organizational Performance. International Journal of Organization Leadership, 9:184–97.
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 707
PDF Downloads: 648