INOVASI APLIKASI SAMSAT RAME (SAMSAT RAMAH MERAKYAT) DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN DI KANTOR BERSAMA SAMSAT GRESIK

  • Shifani Fitri Sauli Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda
Keywords: Public Service, Tax service innovation, Samsat Rame (Samsat Ramah Merakyat)

Abstract

Pelayanan publik menjadi suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya tantangan yang harus dihadapi maka pelayanan publik harus diselaraskan dengan terobosan atau inovasi. Salah satu pelayanan publik yang perlu dioptimalkan adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Oleh karena itu, Kantor Bersama Samsat Gresik membuat aplikasi yang diresmikan pada tanggal 14 Juli 2020 adalah SAMSAT RAME (Samsat Ramah Merakyat) yaitu sebuah aplikasi pelayanan pajak serta informasi terkait pengurusan perpanjangan masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK) bermotor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pelayanan Kantor Bersama Samsat Gresik melalui Inovasi Aplikasi Samsat Rame (Samsat Ramah Merakyat) sehingga mampu menjawab beberapa permasalahan pelayanan publik Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Samsat Ramah Merakyat (Samsat Rame) belum efisien karena input pelayanan masih memberatkan para pengguna jasa. Belum efektif karena tidak berhasil mencapai tujuan yang dikehendaki oleh penyelenggara. Serta kualitas hasil yang buruk dikarenakan faktor pendukung terkesan membuat aplikasi Samsat Rame di lakukan karena mendesak tanpa memikirkan jangka panjang. Sedangkan faktor penghambat lebih berpengaruh pada keberhentian inovasi Samsat Rame. Salah satu saran yang dapat diajukan yaitu meningkatkan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat Kabupaten Gresik.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Pajak, Samsat Rame (Samsat Ramah Merakyat)

 

Public service becomes the most visible measure of government performance. Along with technological developments and the many challenges that must be faced, public services must be aligned with breakthroughs or innovations. One of the public services that need to be optimized is the One-Stop One-Stop Administration System (SAMSAT). Therefore, the Samsat Gresik Joint Office made an application that was inaugurated on July 14, 2020, namely SAMSAT RAME (Samsat Ramah Merakyat), which is a tax service application as well as information related to the extension of the validity period for motorized vehicle registration certificates (STNK). The purpose of this study is to find out how to optimize the services of the Samsat Gresik Joint Office through the Samsat Rame Application Innovation (Samsat Ramah Merakyat) so that it is able to answer several public service problems. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation, and conclusion / verification. Data collection techniques through interviews, observation, documentation and literature study. The results of this study indicate that the Peoples Friendly Samsat application (Samsat Rame) is not efficient because service inputs are still burdensome for service users. Not yet effective because it failed to achieve the goals desired by the organizers. As well as the poor quality of results due to supporting factors that seem to make the Samsat Rame application done because it is urgent without thinking about the long term. While the inhibiting factor has more influence on the discontinuation of the Samsat Rame innovation. One of the suggestions that can be put forward is to increase socialization and promotion to the people of Gresik Regency.

Keywords: Public Service, Tax service innovation, Samsat Rame (Samsat Ramah Merakyat)

References

Adiwijaya, T. (2020). Berani Lapor Berani Memperbaiki Pelayanan Publik Yang Buruk. Ombudsman.Go.Id. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--berani- lapor-berani-memperbaiki-pelayanan-publik-yang- buruk
Anjani, W. S., Hanapiah, P., & -, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. CosmoGov, 5(2), 190–203.
Apriyani, T. (2020). Potret Buram Pelayanan Publik di Indonesia. https://www.suara.com/yoursay/2020/03/21/09534 5/potret-buram-pelayanan-publik-di- indonesia?page=all
Asmara, A. Y. (2019). Inovasi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron di Kabupaten Banyuwangi dalam Perpektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 57– 67.
Baskhara, P. (2021). Tak Perlu ke Samsat, Download Aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas), Begini Cara MenggunakannyaTak Perlu ke Samsat. Wartakotalive.Com.
https://wartakota.tribunnews.com/2020/04/30/tak- perlu-ke-samsat-download-aplikasi-samsat-online- nasional-samolnas-begini-cara- menggunakannya?page=2
Biizaa.com. (2019). 7 Alasan Pentingnya SOP atau Standart Operasional Procedure Administrasi Pemerintah. Https://Biizaa.Com/. https://biizaa.com/7-alasan-pentingnya-sop-atau- standart-operational-procedure-administrasi- pemerintah/
Ginanjar, D. (2020). Samsat Rame Gresik Unggah Dokumen Stnk Diantar ke Rumah. https://www.jawapos.com/surabaya/15/07/2020/sa msat-rame-gresik-unggah-dokumen-stnk-diantar- ke-rumah/
harmony.co.id. (2020). Rencana Strategis: Pengertian, Konsep, dan Tahapan Penerapannya. Harmony.Co.Id. https://www.harmony.co.id/blog/rencana-strategis- pengertian-konsep-dan-tahapan-penerapannya
Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E- Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24–37.
Junaidi. (2005). E-Government Dalam Bingkai Reformasi Administrasi Publik Menuju Good Governance. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 9(1), 55–67.
Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Jadi Target Kinerja. Menpan.Go.Id. https://www.menpan.go.id/site/berita- terkini/inovasi-pelayanan-publik-menjadi-target- kinerja
Mukarom, Zaenal; Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik (Beni Ahmad Saebani (ed.); 1st ed.). CV Pustaka Setia.
Nugroho, B. (2017). BAB I PENDAHULUAN A . Latar
Belakang Masalah. Repository Unissula. http://repository.unissula.ac.id/7824/5/BAB I_1.pdf
Nurani, A. F. (2019). Hanya di Jatim Bayar Pajak Kendaraan Secara Online dan Langsung Cetak Sendiri. Jatim.Tribumnews.Com. https://www.google.com/amp/s/jatim.tribunnews.co m/amp/2019/04/24/hanya-di-jatim-bayar-pajak- kendaraan-secara-online-dan-langsung-cetak- sendiri
Oktariyanda, T. A., Rahaju, T. (2018). E-government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service E- government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(012161), 1–6.


Ombudsman RI. (2020). Laporan Triwulan II 2020 (p.
23). ombudsman.go.id.
Prasetya, A. Y. (2020). Strategi Peningkatan Pelayanan Pembayaran Surat Izin Mengemudi Melalui Program Cashless Payment System ( CPS ) di Kantor Satlantas Polres Gresik. Publika, 8(4), 1– 10.
Pratama, A. B. (2019). The landscape of public service innovation in Indonesia. Innovation & Management Review, 17(1), 25–40.
Priyo. (2017). Perlunya SOP untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik.
https://fisip.undip.ac.id/2017/07/21/perlunya-sop- untuk-tingkatkan-kualitas-pelayanan-publik/
Rachmatullah. (2019). Pentingnya Standart Pelayanan Publik. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel-- pentingnya-standar-pelayanan-publik
Simulasi Kredit. (2013). Apa itu Samsat Online? Layanan Apa saja Samsat Online itu? https://www.simulasikredit.com/apa-itu-samsat- online-layanan-apa-saja-samsat-online-itu/
Sodani, M. P. (2020). Inovasi Pelayanan Elektronik Sistem Kesehatan Lamongan (E-SIKLA) dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan di Puskesmas Kedungpring Kabupaten Lamongan. Publika, 8(4), 1–11.
Surya.co.id. (2020). Satlantas Polres Gresik Luncurkan Aplikasi “Samsat Rame”, Urus Dokumen Kendaraan Cukup dari Rumah. Surya.Co.Id. https://surabaya.tribunnews.com/2020/07/14/satlant as-polres-gresik-luncurkan-aplikasi-samsat-rame- urus-dokumen-kendaraan-cukup-dari-rumah
Syafriyani, I., & Zaituna, Y. P. (2018). Penerapan E- Government Dalam Pelayanan Administrasi Kepegawaian: Studi Di Bkpsdm Kabupaten Sumenep. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(1), 29.
Wulandari, W., Suranto, & Priyo Purnomo, E. (2019). Collaborative Government dalam Mewujudkan Inovasi Pelayanan. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 13–28.
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 707
PDF Downloads: 559