KUALITAS PELAYANAN PARKIR BERLANGGANAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN RETRIBUSI PARKIR DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TUBAN

  • Sevira Vipriyanti S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati
Keywords: Service Quality, Retribution, Parking Subscription

Abstract

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi kepada masyarakat. Untuk melaksanakan hal tersebut, Dinas Perhubungan membenahi dirinya supaya target-target yang ditetapkan dapat tepenuhi, salah satunya diterapkan Parkir Berlangganan  pada pertengahan tahun 2017 yaitu bulan september. Parkir Berlangganan ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir sekaligus memberikan kenyamanan pelayanan dalam penggunaan parkir. Namun hingga saat ini masih terdapat beberapa permasalahan pelayanan di lapangan, seperti juru parkir liar, menurunnya kapasitas jalan, protes pemilik bangunan atau usaha sekitar jalan, menyebabkan kemacetan yang signifikan dan masyarakat masih memberikan uang parkir pada juru pakir dinas. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kualitas pelayanan parkir berlangganan di Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini menggunakan teori dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Berry dan Parasuraman (dalam Nurdin, 2019) yang meliputi: 1) Tangibles (Bukti Langsung); 2) Reliability (Keandalan); 3) Responsiveness (Daya Tanggap); 4) Assurance  (Jaminan); dan 5) Emphaty (Empati). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pada fokus pertama tangibles terbukti adanya penampilan petugas berseragam lengkap dan fasilitas penunjang layanan yang lengkap, kedua reliability menunjukkan adanya petugas memperhatikan kerahaman serta diterapkannya JUKIR SITOHA, ketiga responsiveness terbukti dengan profesionalisme kerja yang dilakukan petugas, keempat assurance menunjukkan bahwa pengguna parkir memiliki hak sesuai Perbup 38 Tahun 2017 pasal 16, dan kelima emphaty dibuktikan dengan adanya kepedulian petugas dan tidak ada tindakan diskriminatif pelayanan kepada pengguna parkir. Akan tetapi, pada pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala sehingga Dinas Perhubungan selalu berusaha membenahi pelaksanakan pelayanan Parkir Berlangganan.  

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Retribusi, Parkir Berlangganan

 

 

Public services are essential services in community-oriented government administration. To do this, the Department of Transportation is fixing itself so that the targets set can be met, one of which is the subscription parking in mid-2017, that is in September. Subscription Parking aims to increase local revenue (PAD) from the parking fee sector while providing service convenience in using the parking. However, there are still several service problems in the field, such as illegal parking attendants, decreased road capacity, protests from building owners or businesses around the road, causing significant congestion, and people still giving parking fees to official parking attendants. This study aims to describe the quality of subscription parking services at the Tuban Regency Transportation Service. This type of research uses a descriptive qualitative approach. The focus in this study uses the theory of service quality dimensions according to Zeithaml, Berry and Parasuraman (in Nurdin, 2019) which includes: 1) Tangibles; 2) Reliability); 3) Responsiveness; 4) Assurance; and 5) Empathy. The results of the research obtained indicate that the first focus of tangibles is evident in the appearance of officers in full uniform and complete service support facilities, second, reliability shows that officers pay attention to understanding and the application of JUKIR SITOHA, the third responsiveness is proven by the professionalism of the work performed by the officers, the fourth assurance shows that users parking has rights according to Perbup 38 of 2017 article 16, and the five empathy is proven by the care of officers and there is no discriminatory service to parking users. However, in its implementation there are still several obstacles so that the Transportation Agency is always trying to fix the implementation of Subscription Parking services.

Keyword: Service Quality, Retribution, Parking Subscription

References

Berita Jatim. (2020). Sudah 3 Tahun, Layanan Parkir Berlangganan Di Tuban Mampu Tertibkan Jukir Liar, https://ngabarin.id/detail/25449/sudah-3-tahun- layanan-parkir-berlangganan-di-tuban-mampu- tertibkan-jukir-liar, Diambil 3 Desember 2020.
Bethari, Olympia Rizky Dewi Gita. (2018). "Kualitas Pelayanan Samsat Cethe ( Cegah Terlambat Her ) Di Kantor Bersama Samsat Tulungagung". Jurnal Ilmu Administrasi Negara (PUBLIKA), Volume 6(9).
BPS Kabupaten Tuban. (2019). Kabupaten Tuban dalam Angka : Tuban Regency in Figures 2019. Tuban: BPS Kabupaten Tuban.
BPS Kabupaten Tuban. (2020). Kabupaten Tuban dalam Angka : Tuban Regency In Figures 2020. Tuban: BPS Kabupaten Tuban.
Dinas Perhubungan. (2019). Apel Pagi dan Pembinaan Rutin Juru Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, https://www.facebook.com, Diambil 16 Januari 2020.
Dinas Perhubungan. (2020). Parkir Berlangganan Kabupaten Tuban : Kegiatan Hari Kamis, 20 Agustus 2020, https://www.facebook.com, Diambil 3
Desember 2020.
Dinas Perhubungan. (2020). Parkir Berlangganan Kabupaten Tuban : Kegiatan Hari Minggu, 23 Agustus 2020, https://www.facebook.com, Diambil 3
Desember 2020.
Dinas Perhubungan. (2020). Surat Perjanjian Kerja Tenaga Juru Parkir di Tepi Jalan Umum Kabupaten Tuban.
Dishub. (2020). Juru Parkir Sebagai Polisi Protokol Kesehatan (JUKIR SITOHA), https://dishub.tubankab.go.id, Diambil 24 Desember 2020.
Edwards, J. D. (2002). "Changing On-Street Parallel Parking To Angle Parking". ITE Journal (Institute of Transportation Engineers), Volume 72(2), (Hlm 28–
33).
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.


Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Huda, K. (2020). Satpol PP Tuban Tertibkan Parkir Liar di Trotoar. http://bloktuban.com, Diambil 18 Oktober 2020.
Isbandono, Prasetyo, Dhiah Ayu Pawestri. (2019). "Analisis Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan Di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya". Journal of Public Sector Innovations, 4(1), 48–54.
Kaho, Josef. Riwu. (2010). Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Khoirul, H. (2020). Parkir Berlangganan, Dishub Tuban Tempeli Stiker Peringatan, http://bloktuban.com, Diambil 12 Desember 2020.
Lusia, R. (2019). "Analysis Of The Quality Of Public Service In The Regional Secretariat Of Southeast Maluku Regency, Indonesia". Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences (RJOAS), Volume 10(94), (Hlm 27–33).
https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-10.04
Meirinawati, Indah Prabawati. (2015). "Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Citizen’S Charter". Jurnal Administrasi Publik, Volume 12(1),(Hlm 45–54).
Muazansyah, I., & Sudirman, I. (2019). "Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Tanjung Palas Berdasarkan Metode Importance Performance Analysis". Journal of Public Sector Innovations, Volume 3(2), (Hlm 75–83). Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/vie w/4848
Mubarok, E. A. (2020). Tertinggi, PAD Parkir Berlangganan,https://radarbojonegoro.jawapos.com/ read/2020/01/05/173307/tertinggi-pad-parkir- berlangganan, Diambil 17 Oktober 2020.
Narasmita, N. D. (2019). "Efektivitas Sistem Informasi Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (Siladamas) di Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban untuk Peningkatan Pendapatan Retribusi Pasar". Jurnal Ilmu Administrasi Negara (PUBLIKA), Volume 7(3).
Narita, A., Warjio, & Suryadi, A. (2016). "Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara UPT Medan Selatan".
Jurnal Administrasi Publik, Volume 6(2), (Hlm 87– 96).
Nugroho. (2018). Pendapatan Parkir Tuban Diproyeksi Tembus Rp7,8 Miliar, https://suarabanyuurip.com/kabar/baca/pendapatan- parkir-tuban-diproyeksi-tembus-rp7-8-miliar, Diambil 25 November 2020.
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Oktariyanda, Trenda Aktiva, Meirinawati. (2018).
Pelayanan Publik. Surabaya: University Press.
Peraturan Bupati No. 63 Tahun 2016 Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinaas Perhubungan Kabupaten Tuban.
Peraturan Bupati No 63 Tahun 2016 Uraian Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban.
Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2017 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Pub. L. No. Seri C Nomor 10, 1
Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 2 Tahun 2017 Perubhan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Pub. L. No. Seri C Nomor 2, 1 (2017).
Pereda, Luis. de, dkk. (2017). "Dynamics Of Urban Transformation And Opportunities For Efficiency And Sustainability In The Mobility System Of Latin American Cities". Journal Building & Management. Volume 1(3), (Hlm 4–16). https://doi.org/10.20868/bma.2017.3.3657
Purmantoro, Aditya Dwi, Dyah Lituhayu. (2019). "Evaluasi Kebijakan Pemungutan Retribusi Parkir Berlangganan Kota Mojokerto". Journal of Public Policy and Management Review, Volume 8(2). https://doi.org/10.14710/jppmr.v8i2.23716
Redaksi Bmedia. (2017). UUD 1945 & Perubahannya : Reshuffle Kabinet Kerja (2014-2019). Jakarta: Redaksi Bmedia.
Rijali, Ahmad. (2018). "Analisis Data Kualitatif". Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, Volume 17(33), (Hlm 81–95).
https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rohmatin, A. (2019). Peran Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kesadaran Parkir Berlangganan Sebagai Upaya Peningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban. Universitas Negeri Semarang. Semarang.



Sarjiyati, dkk. (2018). "Parking Retribution On The Side Of The Road Towards The Improvement Of Locally- Generated Revenue Of Ngawi Regency". Jurnal Hukum Legal Standing, Volume 2(2), (Hlm 104– 112).
Suara Indonesia. (2020). Harhubnas, Jadi Motivasi Dishub Tuban Tingkat Pelayanan, https://suaraindonesia.co.id/news/pemerintahan/5f62 c7fa6aaf1/harhubnas-jadi-motivasi-dishub-tuban- tingkat-pelayanan, Diambil 3 Desember 2020.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Dyah Ratna. (2010). Implementasi Perda Kabupaten Jember Nomor 12 Tahun 2008 tentang Retribusi Parkir (Studi Pelaksanaan Retribusi Parkir Berlangganan di Wilayah Kampus Universitas Jember). Universitas Jember.
Susanto, G. (2020). Meski Pandemi Covid-19, Parkir Berlangganan Dishub Tuban 2020 Lampaui Target PAD, https://www.dutajatim.com/2020/12/meski- pandemi-covid-19-parkir.html, Diambil 3 Desember 2020
Syaifudin, N. (2020). Inovasi Parkir Berlangganan Pemkab Tuban Jadi Rujukan Nasional, https://harianbangsa.net/inovais-parkir- berlangganan-pemkab-tuban-jadi-rujukan-nasional, Diambil 3 Desember 2020,
Tribun Jatim. (2019). Di Tahun 2019, Dishub Tuban Targetkan Pendapatan Parkir Berlangganan Lebih dari Rp 8 Miliar Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Di Tahun 2019, Dishub Tuban Targetkan Pendapatan Parkir Berlangganan Lebih dari Rp 8 Miliar, http://jatim.tribunnews.com, Diambil 3 Desember 2020.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Jalan.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Perlindungan Konsumen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Wihandono, G. (2017). Kebijakan Parkir Berlangganan di Tuban Efektif Tingkatkan PAD, https://bangsaonline.com/berita/39562/kebijakan- parkir-berlangganan-di-tuban-efektif-tingkatkan-pad
Wihandono, G. (2018). Kinerja Jukir di Depan Kantor Pengadilan Agama Tuban Dikeluhkan Masyarakat,
https://bangsaonline.com/berita/40609/kinerja-jukir- di-depan-kantor-pengadilan-agama-tuban- dikeluhkan-masyarakat, Diambil 10 Desember 2020.
Yolency. (2017). Parkir Berlangganan Tak Sekeder Demi Ketertiban, https://tubankab.go.id, Diambil 17 Oktober 2020.
Zhang, Fangi, dkk. (2020). "Parking Sharing Problem with Spatially Distributed Parking Supplies". Journal Transportation Research Part C: Emerging Technologies, Volume 117(April), 102676. https://doi.org/10.1016/j.trc.2020.102676
Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 970
PDF Downloads: 883