MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM PENDIDIKAN DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

  • Mihmidati Sayyidatul Ummah Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Zaman modern ditandai dengan adanya kemajuan dibidang teknologi dan informasi sehingga menciptakan banyaknya media sosial. Akan tetapi banyaknya media sosial menyebabkan masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dan kebudayaan di Indonesia sehingga dapat menyebabkan ketimpangan dan degradasi moral pada remaja. Mengatasi permasalahan tersebut pemerintah membuat program pendidikan keagamaan salah satunya pendidikan diniyah di SMPN 2 Jombang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen strategi pendidikan diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 2 Jombang. Dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan SMPN 2 Jombang. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teori proses manajemen strategi menurut Hunger dan Wheelen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan program pendidikan diniyah adalah adanya kompetensi pembimbing yang sesuai dibidangnya, dan kelemahannya pembimbing belum memenuhi standar sebagai guru pengajar. Sedangkan peluangnya apabila program ini berhasil dalam mengatasi degradasi moral dapat dijadikan referensi bagi kabupaten lain, dan ancamannya perkembangan arus teknologi yang semakin deras dapat berpengaruh terhadap siswa. Dalam perencanaan strategi program diniyah diadakan BIMTEK untuk meningkatkan kualitas yang sesuai dengan standar pembimbing, serta dibentuknya kurikulum khusus selama pembelajaran di masa pandemi. Dalam pelaksanaannya dinilai berjalan cukup baik, akan tetapi evaluasi dari program ini belum berjalan secara maksimal karena keterbatasan pengawasan oleh pembimbing secara menyeluruh kepada peserta didik selama pandemi Covid-19. Sehingga pembimbing diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti memanfaatkan media sosial instagram atau membuat video inspirasi islami dalam pemberian tugas kepada siswa.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pendidikan diniyah, Pembentukan Karakter

 

The modern era is marked by advances in technology and information to create a lot of social media. However, the large number of social media causes the entry of outside cultures that are not following the values of Pancasila and culture in Indonesia so that it can cause inequality and moral degradation in adolescents. Overcoming these problems, the government created a religious education program, one of which is diniyah education at SMPN 2 Jombang. This research aims to describe the management strategy of Diniyah education in building the character of students at SMPN 2 Jombang. With descriptive research methods and qualitative approaches. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation at the Office of Education and Culture of Jombang Regency and SMPN 2 Jombang. Data analysis was performed by collecting data, simplifying data, presenting data, and drawing conclusions. Researchers used the theory of strategic management processes according to Hunger and Wheelen. The results showed that the strengths of the Diniyah education program were the competence of supervisors who were appropriate in their fields, and the weaknesses of the supervisors had not met the standards as teaching teachers. Meanwhile, the chances are that if this program is successful in overcoming moral degradation, it can be used as a reference for other districts, and the threat of the increasingly rapid development of technological flows can affect students. In the strategic planning of the Diniyah program, technical guidance was held to improve the quality according to the supervisory standards, as well as the formation of a special curriculum during learning during the pandemic. In its implementation, it is considered to be running quite well, but the evaluation of this program has not been running optimally due to limited supervision by the supervisor as a whole for students during the Covid-19 pandemic. So that the supervisor is expected to use fun learning methods such as using social media Instagram or making inspirational videos in giving assignments to students.

Keywords : Strategic Management, Diniyah Education, Character Building

Published
2021-02-26
Section
Articles