MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM PENDIDIKAN DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 JOMBANG KABUPATEN JOMBANG

  • Mihmidati Sayyidatul Ummah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategic Management, Diniyah Education, Character Building

Abstract

Zaman modern ditandai dengan adanya kemajuan dibidang teknologi dan informasi sehingga menciptakan banyaknya media sosial. Akan tetapi banyaknya media sosial menyebabkan masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dan kebudayaan di Indonesia sehingga dapat menyebabkan ketimpangan dan degradasi moral pada remaja. Mengatasi permasalahan tersebut pemerintah membuat program pendidikan keagamaan salah satunya pendidikan diniyah di SMPN 2 Jombang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen strategi pendidikan diniyah dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 2 Jombang. Dengan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan SMPN 2 Jombang. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teori proses manajemen strategi menurut Hunger dan Wheelen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan program pendidikan diniyah adalah adanya kompetensi pembimbing yang sesuai dibidangnya, dan kelemahannya pembimbing belum memenuhi standar sebagai guru pengajar. Sedangkan peluangnya apabila program ini berhasil dalam mengatasi degradasi moral dapat dijadikan referensi bagi kabupaten lain, dan ancamannya perkembangan arus teknologi yang semakin deras dapat berpengaruh terhadap siswa. Dalam perencanaan strategi program diniyah diadakan BIMTEK untuk meningkatkan kualitas yang sesuai dengan standar pembimbing, serta dibentuknya kurikulum khusus selama pembelajaran di masa pandemi. Dalam pelaksanaannya dinilai berjalan cukup baik, akan tetapi evaluasi dari program ini belum berjalan secara maksimal karena keterbatasan pengawasan oleh pembimbing secara menyeluruh kepada peserta didik selama pandemi Covid-19. Sehingga pembimbing diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti memanfaatkan media sosial instagram atau membuat video inspirasi islami dalam pemberian tugas kepada siswa.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Pendidikan diniyah, Pembentukan Karakter

 

The modern era is marked by advances in technology and information to create a lot of social media. However, the large number of social media causes the entry of outside cultures that are not following the values of Pancasila and culture in Indonesia so that it can cause inequality and moral degradation in adolescents. Overcoming these problems, the government created a religious education program, one of which is diniyah education at SMPN 2 Jombang. This research aims to describe the management strategy of Diniyah education in building the character of students at SMPN 2 Jombang. With descriptive research methods and qualitative approaches. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation at the Office of Education and Culture of Jombang Regency and SMPN 2 Jombang. Data analysis was performed by collecting data, simplifying data, presenting data, and drawing conclusions. Researchers used the theory of strategic management processes according to Hunger and Wheelen. The results showed that the strengths of the Diniyah education program were the competence of supervisors who were appropriate in their fields, and the weaknesses of the supervisors had not met the standards as teaching teachers. Meanwhile, the chances are that if this program is successful in overcoming moral degradation, it can be used as a reference for other districts, and the threat of the increasingly rapid development of technological flows can affect students. In the strategic planning of the Diniyah program, technical guidance was held to improve the quality according to the supervisory standards, as well as the formation of a special curriculum during learning during the pandemic. In its implementation, it is considered to be running quite well, but the evaluation of this program has not been running optimally due to limited supervision by the supervisor as a whole for students during the Covid-19 pandemic. So that the supervisor is expected to use fun learning methods such as using social media Instagram or making inspirational videos in giving assignments to students.

Keywords : Strategic Management, Diniyah Education, Character Building

References

Abas.2017.“Urgensi Etika Dalam Tata-Kelola Pemerintahan (Governance).” JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 1(2):79–89. doi:10.26740/jpsi.v1n2.p79-89.

Adiyanti, M. G. dkk. 2020. “Emotion Regulation andEmpathyasMediatorsofSelf-EsteemandFriendship Quality in Predicting CyberbullyingTendency inJavanese-IndonesianAdolescents.”International Journal of Adolescence and Youth25(1):251–63.doi:10.1080/02673843.2019.1614079.

Agung, Priharmojo. 2020. “Pendidikan Karakter DiSekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral DiEra4.0.”Jurnal Riset Pedagogik4(1):142–52.

Alia, Siti. dkk. 2020. “Budaya Lembaga Pendidikan Sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral.” Khazanah Pendidikan Islam 2(2):84–89. doi:10.15575/kp.v2i2.9283.

Asyiah,S. dkk. 2017. “Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. ”JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 2(1):1–9. doi:10.26740/jpsi.v2n1.p1-9.

Bajovic., Kelly,R.2020.“Meta-Moral Cognition: Bridging the Gap among Adolescents’ MoralThinking, Moral Emotions and Moral Actions.”International Journal of Adolescence and Youth26(1):1–11.doi:10.1080/02673843.2020.1867206.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. 5 September 2019. Surat Edaran Nomor: 800/4169/415.16/2019 Tentang “Seleksi Penerimaan Pembimbing Muatan Lokal Keagamaan Dan Pendidikan Diniyah Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah PertamaDinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. 2018. Surat Keputusan Nomor 2989/D3/KP/201. TentangPenetapanSekolahMenengahPertama Rujukan.

Indriani, E. 2019. “Modernisasi Dan Degradasi MoralRemaja (Studi Di Desa Jati MulyoKec. JatiAgung, Kab. Lampung Selatan).” UniversitasIslamNegeriRadenIntanLampung.

Kools,M., Bert,G. 2020.“Debate: The Learning Organization a Key Construct Linking Strategic Planning and Strategic Management.”Public Money and Management 40(4):262–64. doi:10.1080/09540962.2020.1727112.

Laksono, B.A. dkk. 2020.“Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Ngawi.” IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement) 01(01):7–12.

Malwa,R.U.2017.“Dukungan Sosial Orang tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an.”Psikis: Jurnal Psikologi Islami 3(2):137–44. doi:10.19109/psikis.v3i2.1758.

Majalah Suara Pendidikan. 2019. Merancang Diniah SD dan SMP. Diaksestanggal26 Oktober 2020 melaluihttps://www.majalahsuarapendidikan.com/2019/02/merancang-diniah-di-sd-dan-smp.html

Mansir,F.,Halim,P.2020.“Islamic Education Learning Strategies Based On Multiple Intelligences In Islamic School.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami6(1):48–57.

Nata, A. 2018. “Pendidikan Islam Di Era Milenial.”Conciencia: Jurnal Pendidikan Islam 18(1):10–28.doi:10.19109/conciencia.v18i1.2436.

Niswah, Fitrotun dan Meirinawati. 2015. Manajemen Strategi Sektor Publik. Surabaya: Unesa UniversityPress.

Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2019 Tentang kurikulum muatan local keagamaan dan Pendidikan diniyah pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jombang.

Saiful.2020.“Urgensitas Pendidikan Diniyah (Upaya Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia).”Pedagogik:Jurnal Ilmiiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh 7(1):21–32.

Sarinastitin, E. 2019. “Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Early Childhood Education Journal of Indonesia 2(1):11–17.

Setiawati, Fenty. 2020. “Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Strategy Management to Improve the Quality of Education.”Jurnal At-Tadbir:Media Hukum Dan Pendidikan 30(1):57–66.

Suroso. 2017. “Manajemen Pembelajaran PendidikanDiniyah Formal (PDF) Tingkat Wustho Pondok Pesantren Assalafi Al Fitrah Surabaya.”Adabiyah Jurnal Penddikan Islam 2(1):73–106.doi:10.21070/ja.v2i1.1237.

Tanjung, F. dkk. 2017. “Al-Qur’an Itu Menjaga Diri:Peranan Regulas iDiri Penghafal Al-Qur’an.”Psikis:Jurnal Psikologi Islami3(2):94–105.doi:10.19109/psikis.v3i3.1754.

Taofik,Ahmad.2020.“LembagaPendidikanIslamDiIndonesia.”Indonesian Journal of Adult and Community Education 2(2):1–9.doi:10.36835/falasifa.v9i1.97.

Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof.Dr.Moestopo Beragama.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-02-26
Section
Articles
Abstract Views: 504
PDF Downloads: 500