INOVASI LAYANAN SURAT PEMBERITAHUAN DAN PERKEMBANGAN HASIL PENYIDIKAN ONLINE DI SATRESKRIM POLRESTA SIDOARJO

  • Rochmatul Ulum S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: public services, service innovation, SP2HP Online

Abstract

Dalam rangka terciptanya layanan kepolisian yang cepat, mudah dan transparan, Polisi Resor Kota Sidoarjo mengembangkan beberapa inovasi. Inovasi Layanan Surat Pemberitahuan dan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online di Satreskrim Polresta adalah salah satu inovasi yang dikembangkan untuk mempercepat koordinasi penyidik dengan pihak pelapor. Inovasi SP2HP online ini merupakan layanan informasi berbasis internet yang memuat tentang sejauh mana perkembangan perkara yang ditangani oleh penyidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan inovasi layanan SP2HP online di Satreskrim Polresta Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Novelty, Effectiveness, Significance, Transferbility, Sustanbility. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi SP2HP online sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Pada kriteria Novelty, inovasi ini memiliki kebaruan dalam hal menyampaikan informasi perkembangan perkara secara online. Pada kriteria Effectiveness, inovasi ini terbilang cukup efektif karena masyarakat tidak perlu mengunjungi kantor Satreskrim. Pada kriteria Significance, inovasi ini memiliki manfaat bagi masyarakat maupun pihak kepolisian karena dapat mempercepat kordinasi antara penyidik dan pelapor. Pada kiteria Transferbility, inovasi ini mampu untuk ditiru atau dicontoh oleh instansi lainnya. Pada kriteria Sustanbility, inovasi ini berpotensi untuk tetap dilaksanakan dan dikembangkan melihat dari manfaat yang didapatkan.

Kata Kunci: Pelayanan publik, Inovasi Layanan, SP2HP Online

 

In order to create a police servce that is fast, easy and transparent, the Sidoarjo City Police has developed several innovations. Notification Service Innovation and the Development of Investigation Results (SP2HP) online the Criminal Investigatio Unit of the Police is n of the innovations developed to accelerate the coordination of nvestigators with reporting parties. This olie SP2HP innovation is an internet-based information service that contains the progress of cases handled by investigators. This study aims to identify and describe the implementation of the online SP2HP service innovation at the Satreskrim Polresta Sidoarjo. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The focus of this research is Novelty, Effectiveness, Significance, Trasferbility, and Sustanbility. The qualitative data collection techniques used in this study werw observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used was data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of study indicate that the online SP2HP innovation has run quite well, but there are still some obstacles in its implementation. In the novelty criteria, this innovation is novel in terms of conveying information on case develpoments online. In terms of effectiveness criteria, this innovation is quite effective because people do not need to visit the Satrekrim Office. In terms of significance, this innovation has benefits for both the community and the police because it can speed up coordination betweeb invetigators and reporters. In the transferability criteria, this innovation can be imitated or emulated by other agencies. In the sustanbility criteria, this innovation has the potential to continue to be implemented and developed based on the benefits it gets.

Keywords: public services, service innovation, SP2HP Online

References

Akil, M. A. (2012). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Sektor Publik (Studi Electronic Government di Indonesia). Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 31–46.

Al Khouri, A. M. (2011). An Innovative Approach for E- Government Transformation. International Journal of Managing Value and Supply Chains, 2(1), 22– 43. https://doi.org/10.5121/ijmvsc.2011.2102

Arikunto, suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. rineka cipta.

Astuti, S. Y. W. (2005). Peluang dan Tantangan Penerapan E-Governance Dalam Konteks Otonomi Daerah. Jurnal Universitas Airlangga, 1(1), 93–110.

Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37

Isbandono, P., & Pawastri, D. A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan pada Perpustakaan di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 48. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p48-54

Isguntoro, T. (2018). Inovasi Layanan Matadelta (Mobile Aspirasi Anggota Dprd Kota Delta) Di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo. Publika, 6(3).

Kettani, D., & Moulin, B. (2014). E-government for Good Governance in Developing Countries (Issue June). https://idl-bnc-idrc.dspacedirect.org/bitstream/handle/10625/5267 1/IDL-52671.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Matei, A., & Camelia, G. (2015). Public Service in Romania and its Role in the Development of the Administrative Capacity. Procedia Economics and Finance, 23(October 2014), 982–985. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00440-2

Mulyadi, D. (2016). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Alfabeta.

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. (2018). E-government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012161

Oktariyanda, T. O., & Meirinawati. (2018). Pelayanan Publik. Unesa University Press.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah

Ratnasari, W. (2017). Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Program Layanan Go Sigap Di Kepolisian Resort (Polres) Gresik. 1–11. http://repository.unair.ac.id/74656/

Rosyid, M. F. (2019). Inovasi Layanan Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan Pada Polrestabes Suroboyo. 1–7.

Saudi, F. (2009). E-Governance sebagai sarana mengubah budaya dan reformasi, dalam buku Isu- Isu Kontemporer Administrasi Publik. Airlangga University Press.

Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia. Seminar Nasional Informatika, 2008(semnasIF), 99–108.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 2 Pasal 13 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf
Published
2021-04-05
Section
Articles
Abstract Views: 357
PDF Downloads: 302