EFEKTIVITAS PROGRAM PUSAT EKONOMI JAMBANGAN HEBAT (PEJABAT) MELALUI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) UMKM PT. PERTAMINA DI KELURAHAN JAMBANGAN KOTA SURABAYA

  • Nur Zalliza Gaus S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Effectiveness, Corporate Social Responsibility, Partnership, UMKM

Abstract

Pemerintah menetapkan peraturan corporate social responsibility dalam UU RI No. 40 Tahun 2007 bagi perseroan terbatas yang kegiatannya berkaitan dengan sumber daya alam, seperti PT. Pertamina Tbk. Sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, PT. Pertamina melalui Marketing Operasional Regional (MOR) V melakukan PKBL program kemitraan untuk UMKM binaan di Kota Surabaya. Salah satu UMKM binaan Pertamina yakni, Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (Pejabat) di Jambangan. Untuk mencapai tujuan CSR, Pertamina memberikan pelatihan dasar, bantuan alat-alat usaha, dan pemasaran produk. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan efektivitas program Pejabat melalui CSR Pertamina program UMKM. Fokus penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan menurut Sutrisno, ada lima indikator yang mempengaruhi efektivitas suatu program yaitu Pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata. Jenis data yang diambil menggunakan data primer dan data sekunder. Efektivitas program Pejabat dalam indikator pemahaman program, semua anggota Pejabat sudah mengetahui program tersebut melalui sosialisasi dengan baik. Program Pejabat sudah tepat waktu, bagi warga Jambangan dan tim CSR Pertamina, sesuai  keadaan lingkungan kampung Pejabat dan kebutuhan mereka. Program Pejabat sudah tepat sasaran, kampung RT 02 RW 01 sebagai sasaran program CSR memiliki potensi yang perlu dikembangkan untuk membantu peningkatan ekonomi kreatif warga meskipun masih ada kekurangan bantuan memasarkan produk UMKM. Tercapainya tujuan, berhasil sebesar 70% dan sisanya, Pertamina bekerjasaama dengan warga Pejabat untuk mengembangkan produktifitas melalui pembinaan lanjutan. Perubahan nyata, dilihat dari peningkatan laba pelaku UMKM Pejabat, setelah adanya bantuan CSR Pertamina. Meskipun belum maksimal, Pertamina sudah  menjadikan warga kampung Pejabat sedikit banyak mandiri.

Kata Kunci: Efektivitas, Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Kemitraan, UMKM

The government sets regulations on corporate social responsibility in the Republic of Indonesia Law No. 40 of 2007 for limited liability companies whose activities are related to natural resources, such as PT. Pertamina Tbk. As a form of corporate responsibility towards the surrounding environment, PT. Pertamina through Regional Operational Marketing (MOR) V conducted a PKBL partnership program for assisted MSMEs in the city of Surabaya. One of the MSMEs assisted by Pertamina is the Great Jambangan Economic Center (Official) in Jambangan. To achieve CSR goals, Pertamina provides basic training, assistance with business tools, and product marketing. The research objective was to describe the effectiveness of the official program through Pertamina's CSR UMKM program. The research focus used a descriptive qualitative approach. The theory used, according to Sutrisno, is that there are five indicators that affect the effectiveness of a program, namely Program Understanding, Right on Target, On Time, Achievement of Goals, and Real Change. Types of data taken using primary data and secondary data. The effectiveness of the official program in the indicators of program understanding, all members of the Official are familiar with the program through good socialization. The Official Program is on time, for the residents of Jambangan and the Pertamina CSR team, according to the conditions of the official village and their needs. The official program has been right on target, the village of RT 02 RW 01 as the target of the CSR program has the potential that needs to be developed to help increase the creative economy of the community even though there is still a lack of assistance in marketing MSME products. Achievement of objectives, succeeded by 70% and the rest, Pertamina collaborated with residents of officials to develop productivity through further coaching. Real change, seen from the increase in profits of MSME officials, after Pertamina's CSR assistance. Even though it has not been maximized, Pertamina has made the residents of Pejabat village more or less independent.

Keywords: Effectiveness, Corporate Social Responsibility, Partnership, UMKM

References

Anisa, Nurul Suci; Isharijadi; Astuti, E. 2019. Analisis Efektivitas PKBL Sebagai Wujud CSR: Studi Kasus Perkembangan UMKM Mitra Binaan PT. Inka Madiun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fajar, M., & Setyaningrum, R. B. 2017. Pelaporan Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Serta Corporate Social Responsibility Badan Usaha Milik Negara. Jurnal Media Hukum, 24(2), 193– 206.

Harian Terbit. 2019. Kucurkan 500 Juta, Pertamina Kembangkan UMKM di Bantaran Sungai Surabaya. https://m.harianterbit.com/read/110854/Kucurkan- 500-Juta-Pertamina-Kembangkan-UMKM-di- Bantaran-Sungai-Surabaya. (diakses tanggal 17 Januari 2021).

Indrayani, E. Z. 2017. Efektivitas Program Pengolahan Administrasi Desa Secara Elektronik (Pade) Di Desa Mantup Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Publika, 5(1).

Kilas Jatim. 2019. Direksi Pertamina Tinjau Langsung UMKM Kampung Pejabat di Jambangan. http://kilasjatim.com/direksi-pertamina-tinjau- langsung-umkm-kampung-pejabat-di-jambangan/. (diakses tanggal 17 Januari 2021).

Mayangsari, D., Salim, M., Kahar, V. J., Aprilliya, S., & Ilmiawan, R. 2020. Evaluasi Proses Manajemen Program CSR Kemitraan: Studi Kasus Program Kemitraan dan Kebinaan Lingkungan PT . Madubaru ) Evaluation of the CSR Partnership Program Management Process ( Case Study of PT Madubaru ’ s Partnership and Environmental Sustainability Program ). 2(2), 106–116.

Nawangsari, Ertien Rining. 2016. Analisis Program Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Menengah Kecil Dan Mikro (UMKM): Studi di UMKM Pengrajin Batik Kampoeng Jetis dan Pengrajin Koperasi Intako Tanggulangin Sidoarjo). Journal of Public Sector Innovation, 12-16.

Nuringwahyu, S., Hardati, R. N., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, F. I., Islam, U., Jl, M., Haryono, M. T., Malang, K., Universitas, L., Malang, I., Haryono, J. M. T., & Malang, K. 2020. Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Terhadap Pengembangan Umkm: Studi Kasus Pada CSR PT . Amman Mineral Nusa Tenggara. 9(2), 454–465.

Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Nurul, L., & Sanjaya, V. F. 2018. Pengaruh Penerapan Strategi Csr (Corporate Social Responsibility) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada Pt . Pertamina ( Persero ). 184–202.

Pratiwi, M. I. 2020. Dampak Covid-19 terhadap perlambatan ekonomi sektor umkm. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(6), 19–24.

Putri, Arum Sutrisni. 2019. Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/ skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm- dalam-perekonomian-indonesia. (diakses tanggal 19 Januari 2021).

Rahayu, Amy S. 2009. Corporate Social Responsibility (CSR) Antara Ethics-Perilaku Organisasi- Responsibility Dan Penerapannya Di Organisasi Pemerintah. Legislasi Indonesia, 6 (2), 65–78.

Rahmaningrum, N. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bina Lingkungan Csr Pt. Astra International Tbk: Studi Perubahan Lingkungan Kumuh Menjadi Lingkungan Hijau Di Surabaya.

Rahmatullah. 2012. Model Kemitraan Pemerintah Dengan Perusahaan Dalam Mengelola Csr: Studi Kasus Di Kota Cilegon (Model with Government Partnerships in Managing Its CSR: A Case Study in the City Cilegon), 17(01), 36–47.

Ristiawan, M. I. 2019. Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina di Tambakrejo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 634.

Soegiastuti, J. 2012. Penerapan Strategi Corporate Social Responsibility (Csr) Untuk Memperkuat Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Media Ekonomi Dan Manajemen, 25(1), 96–106.

Suharto, Edi. 2008. Corporate Social Responsibility: What Is and Benefits for Corporate. Seminar Dua Hari CSR (Corporate Social Responsibility): Strategy, Management and Leadership, Intipesan, Hotel Aryaduta Jakarta, 1–11.

Sulhan, M. 2019. Bonding , Bridging And Linking Relationships Of The CSR Target Communities Of PT Pertamina Refinery Unit II Sungai Pakning. 35(4), 470–483.

Tim Pertamina. 2020. Kembangkan UMKM, Pertamina Proyeksikan 1 Juta Orang Dapat Manfaat Ekonomi Secara Langsung. https://pertamina.com/id/news-room/news- release/kembangkan-umkm-pertamina- proyeksikan-1-juta-orang-dapat-manfaat-ekonomi-secara-langsung. (diakses tanggal 19 Januari 2021).

Tim Pertamina. 2020. Permudah Akses Pemasaran ke Mitra Binaan, Pertamina Ikutkan 24 Mitra di Jatim Fair 2020. https://www.pertamina.com/id/news- room/news-release/permudah-akses-pemasaran- ke-mitra-binaan-pertamina-ikutkan-24-mitra-di- jatim-fair-2020. (diakses tanggal 19 Januari 2021).

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 2007. Pemerintah Republik Indonesia.

Wildan, Muhammad. 2019. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2019 Terjaga Pada Level 5 Persen. https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20191010/9/1157640/bank-dunia- pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2019-terjaga- pada-level-5-persen. (diakses tanggal 19 Januari 2021).

Wuryandani, D. 2020. Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 dan Solusinya. Info Singkat Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 12(15), 19–24.

Yulianti, D. 2018. Implementasi Program Kemitraan Dalam Corporate Social Responsibility ( Csr ) Melalui Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Pembangunan Kesejahteraan.

Yuliasari, P. 2020. The Duality of Community Development and Community Relations Functions of Corporate Social Responsibility (CSR) Program: A Case Study of Oil and Gas Company in Subang, West Java. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 25(1), 51–80.

Zamtia, W. 2018. Analisis Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility Bagi Mitra Binaan PT. Semen Padang di Kota Padang, Vol. 2.
Published
2021-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 687
PDF Downloads: 718