EVALUASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SURABAYA

  • Meyga Hidayah Wiranti Mulya S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Tjitjik Rahaju S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Evaluation, Management, School Operational Assitance

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pembangunan dalam suatu negara, tidak terkecuali Indonesia. Komitmen pendidikan bangsa Indonesia, ditegaskan dalam konstitusi UUD’45 Pasal 31, untuk menjamin hak mendapatkan pendidikan tiap warganya. Landasan konstitusional tersebut kemudian diterjemahkan kedalam kebijakan pemerintah, salah satunya Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diluncurkan tahun 2005. Program BOS bertujuan untuk memberikan akses pendidikan seluas-luasnya bagi tiap lapisan masyarakat Indonesia, guna mewujudkan pendidikan yang berkeadilan dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah pada sekolah dasar di Kota Surabaya, dimana Kota Surabaya merupakan kota terbesar di provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk yang besar serta angka putus sekolah yang tinggi pula. Dengan menggunakan teknik model Kaelan, data diperoleh melalui studi kepustakaan dari literatur-literatur terkait. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengelolaan program dana BOS pada sekolah dasar di Kota Surabaya belum sepenuhnya memenuhi asas anggaran diantaranya adalah asas kecermatan, asas terperinci, asas keseluruhan, asas keterbukaan, asasperiodik, dan asas pembebanan.

Kata Kunci: Evaluasi, Pengelolaan, Bantuan Operasional Sekolah.

 

Education is one of the factors that influence development in a country, including Indonesia. The commitment to the Indonesian nation's education is affirmed in the constitution of the UUD'45 Article 31 to guarantee the right to education for every citizen. This constitutional foundation can help develop government policies, one of which is the School Operational Assistance Program (BOS) launched in 2005. The BOS program aims to provide the broadest possible access to education for every Indonesian society level to realize a just and quality education. This study aims to manage school operational assistance funds in elementary schools in the city of Surabaya, where the city of Surabaya is the largest in East Java province with a large population and a high dropout rate. Using Kaelan technical model, the data were obtained through literature study from related literature. The research results show that the management of the BOS program at elementary schools in the city of Surabaya has not met budgetary principles, including the principle of accuracy, the principle of detail, the principle of transparency, the principle of periodic, and the principle of imposition.

Keyword: Evaluation, Management, School Operational Assitance.

References

Abott, C., Kogan, V., Peskowitz, Z., Abott, C., Kogan, V., & Peskowitz, Z. (2020). EdWorkingPaper No . 19-25 School District Operational Spending and Student Outcomes : Evidence from Tax Elections in Seven States School District Operational Spending and Student Outcomes : Evidence from Tax Elections in Seven States ∗. 19, 20– 25.

Akbar, M. F. (2016). Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara). Jurnal Analisis Kebijakan Publik, 2, 18. https://doi.org/10.24269/ars.v7i1.1287.

Anggraini, R. D. (2013). Transparansi , Partisipasi , dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(2), 201–208.

Arief Januwarso. (2018). Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Smp Negeri Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Administrasi Negara Implementasi, 6, 254–261.

Astri, H. (2011). Dampak Sosial Komersialisasi Pendidikan Tingi Di Indonesia. Jurnal Sosiologi, 16(3), 599–626.

Asyiah, S., M.Fachri, A., & Adil, M. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 1. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p1-9.

Bhawa, G. A. S. (2014). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada Gede Andreyan Semara Bhawa1, Iyus Akhmad Haris2, Made Artana3. Tahun, 4(1).

Dinas, P. kota, & Surabaya. (2019). Laporan Kinerja ( LKJ ) Tahun 2018 Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Ferdi. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4),565. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310.

Gelisli, Y., & Beisenbayeva, L. (2015). Comparison of 12-Year Comsulsory Education in Turkey and Kazakhsan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1827– 1834. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.242.

Ghofar, M. (2013). Implementasi Pengelolaan BOS- BOPDA Untuk Meningkatkan Akses dan Mutu Pendidikan di SMP Khadijah A. YaniI Surabaya.

Kaelan, (2010). Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Karding, A. K. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos). Jurnal Pasca Sarjana Undip, 1–151.

Kusno, Masluyah Suib, W. (2009). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Seklah Dasar Negeri. April, 1–17.

Megawati, S., Asang, S., Hasniati, & Syahribulan. (2017). The Local Government Innovation Of Education Sector. International Journal of Academic Research and Reflection, 5(6), 69–74.

Menteri, P., & 8, N. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8. 2013–2015.

Menteri, P., & 8, N. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8. 2013–2015.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 36, 233–245.

Perwali, & 47, N. (2013). Peraturan Walikota Surabaya Nomor 47 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan di Kota Surabaya. 84, 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/39 33

PP RI, N. 4. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan. 1, 11.

Sanjaya, J. A. (2018). Efektivitas Strategi Kebijakan Penanganan Anak Putus Sekolah di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. 1–8.

Sasmito, C., & Nawangsari, E. R. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan Di Kota Batu. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 68. https://doi.org/10.26740/jpsi.v3n2.p68-74.

Stolinská, D. P., Rašková, M., & Šmelová, E. (2016). Communication Competencies of the Child before Starting Compulsory Education as a Factor Affecting the Readiness for. Procedia Social and Behavioral Sciences, 233(May), 240–246. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.211.

Sukmawati, D., & Rahaju, T. (2016). Evaluasi Program Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) Di SDN Tembok Dukuh Surabaya. Publika: UNESA Press.

Sulfiati F, A. S. A., & Irwan, A. L. (2010). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ). Jurnal Ilmu Pemerintahan Volume 3, Nomor 2, Juli 2010 (113-122), 3, 113–122.

Tahalea, S. N., Suwitri, S., & Rostyaningsih, D. (2015). Evaluasi Dampak Kebijakan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 4(3), 1–12.

Ulumudin, I., & Martono, S. F. (2018). Kajian Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 16(2),119–136. https://doi.org/10.21009/jimd.v16i2.8758.

UU RI, N. 2., & Pasal.3. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 60(1),

Wibawa, Samodra Dkk. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wibawa, Samodra Dkk. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Website Kemdikbud.go.id, 25 Desember 2020.

Website Kemenkeu.go.id, diakses pada 24 Desember 2020.

Website Surabaya.go.id, diakses pada 5 Agustus 2020.
Published
2021-05-18
Section
Articles
Abstract Views: 609
PDF Downloads: 689