Array

Penulis

  • Reni Purnama Yulianita S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wahyu Pradana S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p227-242

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Smart Desa, Administrasi Kependudukan

Abstrak

Berkembangnya teknologi informasi di Indonesia membuat jajaran pemerintah mulai mengembangkan pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan yaitu pada bidang administrasi kependudukan. Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat sebuah inovasi yaitu aplikasi Smart Desa. Inovasi aplikasi smart desa ini merupakan aplikasi berbasis android yang digagas oleh Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Jombang yang berfokus pada administrasi kependudukan guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi Aplikasi Smart Desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori faktor kunci yang dipengaruhi proses inovasi di sektor publik meliputi: tata kelola inovasi, sumber ide-ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat-alat, tujuan, hasil, driver, dan hambatan, mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal (Pradina, 2019).Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Humberman dalam Sugiyono 2014 meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Governance and innovation (tata kelola inovasi) dalam pelaksanaan pelayanan dengan menggunakan aplikasi Smart Desa terdapat SOP (Standart Operational Procedur) yang berlaku. Innovation culture (budaya inovasi) masyarakat sudah banyak yang melakukan pelayanan dengan menggunakan aplikasi Smart Desa, namun juga masih ada yang melakukan dengan cara manual.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Smart Desa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-05-21

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 1594 , PDF Downloads: 1324