INOVASI APLIKASI “SMART DESA” DALAM BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

  • Reni Purnama Yulianita S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wahyu Pradana S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, Public Service Innovation, Smart Desa Application, Population Administration

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi di Indonesia membuat jajaran pemerintah mulai mengembangkan pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan yaitu pada bidang administrasi kependudukan. Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat sebuah inovasi yaitu aplikasi Smart Desa. Inovasi aplikasi smart desa ini merupakan aplikasi berbasis android yang digagas oleh Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Jombang yang berfokus pada administrasi kependudukan guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi Aplikasi Smart Desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan teori faktor kunci yang dipengaruhi proses inovasi di sektor publik meliputi: tata kelola inovasi, sumber ide-ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat-alat, tujuan, hasil, driver, dan hambatan, mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal (Pradina, 2019).Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Humberman dalam Sugiyono 2014 meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Governance and innovation (tata kelola inovasi) dalam pelaksanaan pelayanan dengan menggunakan aplikasi Smart Desa terdapat SOP (Standart Operational Procedur) yang berlaku. Innovation culture (budaya inovasi) masyarakat sudah banyak yang melakukan pelayanan dengan menggunakan aplikasi Smart Desa, namun juga masih ada yang melakukan dengan cara manual.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Smart Desa

 

The development of information technology in Indonesia has prompted government officials to develop public services. One of the form of ppublic service provided is in the field of population administration. Sidomulyo village government, Megaluh district, Jombang district is one of the agencies that provides population administration services by utilizing information technology by making an innovation namely Smart Desa application. This Smart Desa application innovation is an android based application initiated by the village government of Sidomulyo, Megaluh district, Jombang district which focuses on population administration in order to provide easy service to the community by utilizing currently developing technology. As for the purpose of this study is to describe the Smart Desa application innovation Sidomulyo, Megaluh district,  Jombang district. The type of research used in this study uses the theory of the key factors inflluenced by the innovation process in the public sector which include: governance and innovation, sources of the ideas for innovation, innovation culture, capabilities and tools, objectives, outcome, drivers and obstacles, collecting innovation data for single innovation. Data collection techniques are carried out through interviews, documentation, observation, and literature study. Technique of data analysis, researchers used analysis techniques according to Mes and Humberman in Sugiyono 2014, including data collection, data reduction, data presentation, and inference. The result of the study show that the Governance and innovation inthe impelementation of services using the village smart application with SOP (Standart Operational Procedur) is applicable. Innovation culture, many people have provided services using Smart Village application, but there are still sme who do it manually.

Keywords: Public Service, Public Service Innovation, Smart Desa Application

References

Al-Mutairi, A., Naser, K., & Fayez, F. (2018). Obstacles toward adopting electronic government in an emerging economy: Evidence from Kuwait. Asian Economic and Financial Review, 8(6), 832–842. https://doi.org/10.18488/journal.aefr.2018.86.832.842

Anggara, S. (2016). Ilmu Administrasi Negara Kajian Konsep, Teori dan Fakta dalam Upaya Menciptakan Good Governance. Bandung: CV Pustaka Setia.

Badan Pusat Statistik. (2015). Profil Penduduk Indonesia Hasil SUPAS 2015.

Bekkers, V., & Tummers, L. (2018). Innovation in the public sector: Towards an open and collaborative approach. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 209–213. https://doi.org/10.1177/0020852318761797

Djani, W., & Therikh, P. (2018). Study of Electronic Government in Supporting Public Services in Kupang City. 141(ICOPOSDev 2017), 142–146. https://doi.org/10.2991/icoposdev-17.2018.30

Farida, I., Setiawan, R., Maryatmi, A. S., & Juwita, M. N. (2020). The Implementation of E-Government in the Industrial Revolution Era 4 . 0 in Indonesia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 3, 340–346.

Haqie, Z.A., Rifda, E.N., Oktavira, P.A. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23-30. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpsi/article/view/8845/4770

Inovasi Pelayanan Program 3 in 1 Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Pada Dinas

Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu ). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 48–54.

Peraturan Desa Sidomulyo Nomor 10 Tahun 2018 tentang Aplikasi Smart Desa Tahun Anggaran 2018. (2018).

Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. (2017). In Pemerintah Pusat. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/51722

Persada, A. G. (2019). Inovasi Aplikasi Rekonsiliasi Data Kepegawaian ( AREK ) Di Bidang Pensiun Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Kota Surabaya. Jurnal Mahasiswa Unesa. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/31871

Pradana, G. W., Fanida, E. H., & Niswah, F. (2018). Intranet and Village Community: Optimization of Public Service Based on Electronic Government at The Local Level. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012160

Pradina, I. C. (2019). Inovasi Aplikasi Santri Rs (Sms Antrian Rumah Sakit) di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Unesa. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/31990

Putra, R. M. D. (2018). Inovasi Pelayanan Publik di Era Disrupsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sulismadi, D. (2017). Review Article The Implementation Of Electronic Government -Based Village Governance In Village Autonomy Era. 2012.

Twizeyimana, J. D., & Andersson, A. (2019). The Public Value of E-Government – A Literature Review. Government Information Quarterly, 36(2), 167–178. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.01.001
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. (2006). Chest, 25(1), 1–14. http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2006_23.pdf
Published
2021-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 1399
PDF Downloads: 1137