ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 3 JOMBANG

  • Farhan Naufal Alhamda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementation, Adiwiyata, Environmental Care

Abstract

Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah menurut peraturan mentri.Implementasi kebijakan publik merupakan proses kegiatan administratif yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan/disetujui. Implementasi kebijakan mengandung logika yang top-down dari jajaran pemerintah hingga masnyarakat harus tersampaikan dengan seksama dan jelas, Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan kebijakan pemerintah yang di sematkan di program adiwiyata yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, karena dalam dunia pendidikan lebih mudah mempelajari dan menerapkan segala ilmu pengetahuan serta etika untuk mencapai cita-cita pembangunan berkelanjutan maka dari itu peneliti memilih lokus SMAN 3 Jombang, karena jenjang SMA itu merupakan tahap akhir untuk pembentukan karakter. Peneliti bertujuan mengetahui bagaimana edukasi tentang pentingnya lingkungan hidup, untuk keberlangsungan hidup mahluk hidup melalui implementasi kebijakan adiwiyata yang menangani masalah kerusakan lingkungan, pelestarian lingkungan hidup yang merujuk pada peningkatan kesadaran dan pembangunan sumber daya manusia berwawasan lingkungan serta memiliki kecerdasan ekologis di SMAN 3 Jombang, dengan menggunakan penelitihan kualitatif dengan informan yang ada di lokus yaitu SMAN 3 jombang, dengan menggunakan metode AGIL(adaptation,Goal,Inegration,Latency). Hasil penelitihan menunjukan bahwa dari sisi adaptasi program adiwiyata menunjukan sisi positif dari awal sampai sekarang, dari sisi pencapaian tujuan program adiwiyata tercapai hingga menunjukan hasil yang memuaskan, sedangkan integrasi konsep yang sudah orisinil dari pihak sekolah menciptakan kekhasan bagi sekolah dan pola pola pemeliharaan (Latency) yang berkelanjutan untuk menjaga agar adiwiyata tetap terjaga, demi terciptanya lingkungan yang baik bagi sesama.

Kata Kunci: Implementasi, Adiwiyata, Peduli lingkungan

 

 

Adiwiyata is an award given by the government to schools that have succeeded in implementing environmental care and culture movements in schools. Public policy implementation is a process of administrative activity that is carried out after the policy is set/approved. The implementation of policies contains top-down logic from the government to the community must be delivered carefully and clearly, Environmental education is a government policy pinned in the Adiwiyata program which aims to increase the capacity of schools in realizing a caring and environmentally cultured school. because in the education world is easier to learn and apply all science and ethics to achieve the goals of sustainable development, therefore the researchers chose the locus of SMAN 3 Jombang. because high school level is the final stage for character building, Researchers aim to find out how to educate about the importance of the environment. for continous of living things through the implementation of Adiwiyata policies that address environmental damage issues, environmental preservation which refers to increasing awareness and development of human resources with environmental insight and ecological intelligence at SMAN 3 Jombang, by using qualitative research with informants at the locus, namely SMAN 3 Jombang, using the AGIL method (adaptation,Goal,Inegration,Latency). The results of the research show that from the side of adaptation the Adiwiyata program shows a positive side from the beginning until now In terms of achieving the goals of the Adiwiyata program, it has been achieved so that it shows satisfactory results while the integration of original concepts from the school creates distinctiveness for the school and a sustainable pattern of maintenance (latency) to keep Adiwiyata awake, to creating a good environment for others

Keywords: Implementation, Adiwiyata, Environmental Care

References

Asyiah, Siti, M. Fachri Adnan, and Adil Mubarak. 2018. “Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Kabupaten Pasaman.” JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 2(1): 1.

Bosacco, S. J. 1986. “Lumbar Discography: Redefining Its Role with Intradiscal Therapy.” Orthopedics 9(3): 399–401.

Isnaeni, Yeni. 2013. “Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Di SMP Negeri 3 Gresik.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.

Juliari, Ratna Dwi Utami, Mohamad Amin, and Bagyo Yanuwiyadi. 2015. “Strategi Pembinaan Sekolah Adiwiyata Di Kota Batu.” Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora.

MenKLHK. 2019. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata.

Rahmah, Yanti Dwi. 2014. “IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Setiawan, Samhis. 2017. “Studi Kepustakaan.” Gurupendidikan.co.id.

Setiawati, Tati. 2017. “PENINGKATAN KECERDASAN EKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM BERTRANSPORTASI HEMAT BBM MELALUI PEMBELAJARAN IPS KONTEKSTUAL (PTK Di Kelas VII A SMP Negeri 2 Tomo Kabupaten Sumedang Pada Materi Kelangkaan Sumber Daya Alam).” International Journal Pedagogy of Social Studies.

“SMAN 3 Jombang Raih Predikat Sekolah Bastyasaka Berwawasan Lingkungan.”

Susilowati, Susilowati, Insih Wilujeng, and Purwanti Widhy Hastuti. 2018. “Growing Environmental Literacy Towards Adiwiyata Schools Through Natural Science Learning Based on Pedagogy for Sustainability.” Journal of Science Education Research 2(2): 97–100.

Tompodung, Tirza Carol Gracia, Siti Badriyah Rushayati, and M. Nur Aidi. 2018. “EFEKTIVITAS PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN WARGA SEKOLAH DI KOTA DEPOK.” Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management).

Utina, Ramli. 2010. “Kecerdasan Ekologis: Startegi Membangun Lingkungan Hidup Berkualitas.” Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Universitas Gorontalo.
Published
2021-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 675
PDF Downloads: 618