MANAJEMEN STRATEGI LAYANAN PERIZINAN USAHA MELALUI APLIKASI I-MOBIL (IJIN MUDAH, BISA PAKET, INTERAKTIF DAN LANGSUNG JADI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p345-354Kata Kunci:
Manajemen Strategi, Pelayanan, I-MOBILAbstrak
I-MOBIL (Ijin Mudah, Bisa Paket, Interaktif dan Langsung Jadi) merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Blitar dalam upaya peningkatan pelayanan kemudahan pengurusan izin usaha, namun dibalik kemudahan yang digagas oleh pemerintah masih banyak masyarakat yang mengeluh perihal kesulitan akses I-MOBIL. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai manajemen strategis layanan perizinan usaha melalui aplikasi I-MOBIL Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis menurut J. David Hunger and Thomas Wheelen. Fokus penelitian diantaranya yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategis, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, studi literature dari jurnal dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya meggunakan Model Interaktif menurut Miles dan Huberman (Dalam Sugioyono) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan lingkungan dengan analisis swot yakni kekuatan berasal dari sumber daya pegawai sendiri yang setiap bulan adanya monitoring, selanjutnya kelemahannya sendiri berasal dari kurangnya dana untuk peluncuran aplikasi I-MOBIL Versi II, peluang dan acaman sendiri yakni aplikasi I-MOBIL Versi II di harapkan dapat meringankan masyarakat dalam mengakses I-MOBIL untuk membuat perizinan usaha dan acaman sendiri masih banyaknya masyarakat yang gaptek akan internet. Dengan adanya ancaman tersebut maka muncul perumusan strategi untuk peluncuran aplikasi I-MOBIL Versi II ini yaitu diadakan sosialisasi dengan dinas terkait selanjutnya masuk ke pengimplementasian aplikasi I-MOBIL Versi II ini yakni fitur fiturnya di perbarui untuk memudahkan masyarakat mengakses I-MOBIL Versi II ini. Tahap terakhir yaitu Evaluasi yang dilakukan setiap bulan oleh internal pegawai DPMPTSP Kabupaten Blitar. Salah satu saran yang dapat diajukan adalah dengan memonitoring ke setiap desa yang ada di Kabupaten Blitar guna menunjang penggunaan aplikasi I-MOBIL Versi II ini.
Kata Kunci : Manajemen Strategi , Pelayanan, I-MOBIL
Unduhan

