MANAJEMEN STRATEGI LAYANAN PERIZINAN USAHA MELALUI APLIKASI I-MOBIL (IJIN MUDAH, BISA PAKET, INTERAKTIF DAN LANGSUNG JADI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BLITAR

  • Erza Rizki Hidayana Putri S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategic Management, Service, I-MOBIL

Abstract

I-MOBIL (Easy Permit, Can Package, Interactive and Direct So) is an innovation of the Blitar Regency Government in an effort to improve services for the ease of obtaining business permits, but behind the convenience initiated by the government, there are still many people who complain about the difficulty of accessing I-MOBIL. This study describes the strategic management of business licensing services through the I-MOBIL application at the Investment Service and One Stop Services, Blitar Regency. The method used is descriptive qualitative. This study uses strategic management theory according to J. David Hunger and Thomas Wheelen. The research focus includes environmental observation, strategic formulation, strategy implementation, and evaluation and control using purposive sampling technique. Data collection techniques are interviews, observation, literature study from journals and documentation studies. The data analysis technique uses the Interactive Model according to Miles and Huberman (In Sugioyono) which consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion / verification. The results showed that environmental observation with SWOT analysis, namely the strength comes from the employees' own resources who are monitoring every month, then the weakness itself comes from the lack of funds for the launch of the I-MOBIL Version II application, the opportunities and threats themselves, namely the I-MOBIL Version II application. It is hoped that it can make it easier for people to access I-MOBIL to make business licenses and the threat itself is that there are still many people who are clueless about the internet. With this threat, a strategy formulation for the launch of the I-MOBIL Version II application has emerged, namely socialization with related agencies, then entering into the implementation of the I-MOBIL Version II application, namely its features are updated to make it easier for the public to access this I-MOBIL Version II. The last stage is evaluation which is carried out every month by internal employees of DPMPTSP Blitar Regency. One suggestion that can be put forward is to monitor each village in Blitar Regency to support the use of the I-MOBIL Version II application.

Keywords: Strategic Management, Service, I-MOBIL

 

I-MOBIL (Ijin Mudah, Bisa Paket, Interaktif dan Langsung Jadi) merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Blitar dalam upaya peningkatan pelayanan kemudahan pengurusan izin usaha, namun dibalik kemudahan yang digagas oleh pemerintah masih banyak masyarakat yang mengeluh perihal kesulitan akses I-MOBIL. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai manajemen strategis layanan perizinan usaha melalui aplikasi I-MOBIL Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis menurut J. David Hunger and Thomas Wheelen. Fokus penelitian diantaranya yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategis, implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, studi literature dari jurnal dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya meggunakan Model Interaktif menurut Miles dan Huberman (Dalam Sugioyono) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan lingkungan dengan analisis swot yakni kekuatan berasal dari sumber daya pegawai sendiri yang setiap bulan adanya monitoring, selanjutnya kelemahannya sendiri berasal dari kurangnya dana untuk peluncuran aplikasi I-MOBIL Versi II, peluang dan acaman sendiri yakni aplikasi I-MOBIL Versi II di harapkan dapat meringankan masyarakat dalam mengakses I-MOBIL untuk membuat perizinan usaha dan acaman sendiri masih banyaknya masyarakat yang gaptek akan internet. Dengan adanya ancaman tersebut maka muncul perumusan strategi untuk peluncuran aplikasi I-MOBIL Versi II ini yaitu diadakan sosialisasi dengan dinas terkait selanjutnya masuk ke pengimplementasian aplikasi I-MOBIL Versi II ini yakni fitur fiturnya di perbarui untuk memudahkan masyarakat mengakses I-MOBIL Versi II ini. Tahap terakhir yaitu Evaluasi yang dilakukan setiap bulan oleh internal pegawai DPMPTSP Kabupaten Blitar. Salah satu saran yang dapat diajukan adalah dengan memonitoring ke setiap desa yang ada di Kabupaten Blitar guna menunjang penggunaan aplikasi I-MOBIL Versi II ini.

Kata Kunci : Manajemen Strategi , Pelayanan, I-MOBIL

References

Agus Dwiyanto. (2008). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Asna, dkk. 2020. The Effectiveness of Online-Based Licensing Services at The Capital Investment and Integrated One-Stop Services (DPM-PTSP) in The Fourth Industrial Revolution. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik Volume 10 Number 1

Blitar, B. K. (2016). BPS Kabupaten Blitar Gelar “Sosialisasi SENSUS EKONOMI 2016.” Blitar.

Blitar, D. K. (2017). Launching Aplikasi “I MOBIL.”

Debby. 2019. Application of Licensing Services Electronic Based Construction Services Business. Advances in Social Sciences Research Journal – Vol.6, No.11 Publication Date: Nov. 25,

Harika, dkk. 2017. Strategi dinas dinas penanaman modal dan Pelayanan terpadu satu pintu dalam meningkatkan iklim investasi di kota samarinda.eJournal Ilmu Pemerintahan, 6 (1): 501-514

Kumba, dkk. 2020. Business Licensing And The Indonesia‘s Master Plan 2011 -2025 . International journal of scientific & technology research volume 9, issue 01

Lukman, dkk.2019. Licensing Services Innovation Establishing Buildings in One Stop Integrated Services in North Jakarta. International Journal for Educational and Vocational Studies Vol. 1, No. 7

Meirinawati, & Niswah, F. (2015). Manajemen Strategi Sektor Publik. Surabaya: UNESA University Press.

Napitupulu, & Paimin. (2007). Pelayanan Publik & Costumer Satisfaction. Bandung: PT Alumni.

Priyani, dkk. 2014. The Implementation of Integrated One-Stop Service at Licensing Service Agency in Order to Improve Licensing Service to Society (Case Study On Business License Service At Investment And Integrated Licensing Service Agency (IILSA) Of Pasuruan City). Wacana. Vol. 17, No. 3

Puspitosari, H. (2007). Wajah Buram Pelayanan Publik. Malang: Yappika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumaryadi, I. N. (2016). Reformasi Birokrasi Pemerintah “Menuju Tata Kelola yang Baik.” Bogor: Ghalia Indonesia.

Tati S, J. (2005). Manajemen Strategik Koperas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://desasemen.blogspot.com/p/desa-semen-dalam-angka.html

http://dpmptsp.blitarkab.go.id/?page_id=2630

http://i-mobil.blitarkab.go.id/web/home

http://i-mobilv2.blitarkab.go.id/user/login
Published
2021-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 382
PDF Downloads: 442