MANAJEMEN STRATEGIS iMADIUN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KOTA MADIUN DI PERPUSTAKAAN KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p87-100Kata Kunci:
manajemen strategis, iMadiun, analisis SWOTAbstrak
Penerapan perpustakaan digital merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang sekarang lebih akrab dengan digitalisasi. Menawarkan akses yang lebih cepat dan mudah, perpustakaan digital dipilih menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca. iMadiun merupakan salah satu perpustakaan digital yang ada di Karesidenan Madiun. Merupakan salah satu pelopor perpustakaan digital pertama di Karesidenan Madiun, iMadiun masih memiliki beberapa masalah seperti lamanya verifikasi email pendaftaran oleh admin, aplikasi hanya tersedia versi android saja hingga masih adanya error aplikasi. Masalah tersebut perlu untuk diperbaiki agar layanan aplikasi iMadiun dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui serta menganalisis strategi yang tepat dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui iMadiun berdasarkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara secara mendalam, observasi dan studi dokumen terkait. Kemudian dengan menggunakan indikator serta pengambilan strategi yang tepat dari analisis SWOT, diharapkan dapat memberikan gambaran rencana yang lebih baik untuk memaksimalkan potensi iMadiun dalam meningkatkan minat baca masyarakat.
Kata kunci : manajemen strategis, iMadiun, analisis SWOT
Unduhan
Abstract views: 513
,
PDF Downloads: 592



