INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI POEDAK (PELAYANAN ONLINE PENDAFTARAN ADMINISITRASI KEPENDUDUKAN) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Dwi Febi Kartika S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p245-260

Kata Kunci:

Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan)

Abstrak

Pemerintah sebagai abdi negara sekaligus abdi masyarakat memiliki kewajiban dalam menghadirkan
pelayanan publik yang prima. Instansi pemerintah yang telah memulai penyelenggaraan pelayanan prima
berbasis e-government adalah Disdukcapil Kabupaten Gresik melalui inovasi aplikasi berbasis website
Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan). Hadirnya aplikasi Poedak
dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat mengenai sulitnya mendapatkan layanan administrasi
kependudukan terutama di era pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait
pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Gresik melalui inovasi aplikasi Poedak.
Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik
wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis fokus penelitian mengacu pada faktor
kesuksesan sebuah inovasi di sektor publik yang terdiri dari 6 (enam) indikator diantaranya adalah tata
kelola dan inovasi; sumber ide untuk inovasi; budaya inovasi; kemampuan dan alat; tujuan, hasil,
pendorong, hambatan; dan mengumpulkan data informasi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan, dari
indikator tata kelola dan inovasi bahwa sistem regulasi atau kebijakan yang digunakan telah sesuai dengan
prosedur yang telah ditetapkan. Sumber ide-ide inovasi diperoleh dari internal organisasi dan eksternal
organisasi. Budaya inovasi adalah kemudahan prosedur pelayanan kepengurusan adminduk melalui sistem
pelayanan satu pintu (one get service). Kemampuan dan alat inovasi memiliki performa dan fungsional
yang baik dengan didukung adanya bimtek kepada para aparatur pelaksana. Indikator tujuan dan hasil
adalah memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan
kepengurusan dokumen adminduk, sedangkan hambatan yang dialami yaitu masih banyak masyarakat
yang belum mengetahui adanya aplikasi Poedak sebagai sarana dalam memproses pelayanan adminduk
secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-01-21

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 3000 , PDF Downloads: 4446