MANAJEMEN STRATEGI DIVISI KEWIRAUSAHAAN UNESA CAREER CENTER (UCC) DALAM MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p681-693Kata Kunci:
Kewirausahaan, Manajemen Strategis, Unesa Career CenterAbstrak
Kemendikbud mengeluarkan keputusan Nomor 3/M /2021 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU), keputusan dikeluarkan dengan alasan melihat kondisi ketenagakerjaan di Indonesia yang semakin sulit. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan peran mahasiswa di bidang kewirausahaan sehingga menciptakan lapangan kerja yang baru. Universitas Negeri Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia menjawab tantangan ini dengan mendirikan Unesa Career Center (UCC) sebagai lembaga khusus dalam menyiapkan mahasiswa dan alumni agar dapat berkompetisi di dunia kerja termasuk kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi divisi kewirausahaan UCC dalam meningkatkan minat kewirausahaan mahasiswanya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitiannya ditinjau dari 7 langkah teori manajemen strategis Suyanto, 2007. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawacara, dan studi literatur. Analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan menyimpulkan. Hasil penelitiannya menunjukkan manajemen strategi yang digunakan oleh divisi kewirausahaan UCC sudah berjalan cukup baik. Namun, peneliti memiliki beberapa saran untuk peningkatan kedepannya seperti: membuat tujuan yang lebih terperinci, pemerataan kompetensi SDM, pengelolaan anggaran hingga pengoptimalan kembali proses evaluasi ekternal dari masukan mahasiswa.
Kata Kunci: Kewirausahaan, Manajemen Strategis, Unesa Career Center
Unduhan

