INOVASI PELAYANAN PAJAK DAERAH MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI DAN PELAYANAN PAJAK DAERAH TERPADU BERBASIS NIK (SIPANDAUNIK) DI KABUPATEN PONOROGO

  • Sintya Dea Febrianti S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Service Innovation, Public Service, Local Tax, Sipandaunik Application

Abstract

Permasalahan pelayanan pajak daerah membuat Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ponorogo meluncurkan inovasi e-government, yaitu aplikasi Sipandaunik dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan pajak daerah menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan pajak daerah melalui aplikasi Sipandaunik dalam meningkatkan pelayanan pajak daerah di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian didasarkan pada faktor sukses inovasi e-government oleh Kalvet (2012) yang meliputi leadership and public sector competencies, adequate funding, legislative and regulatory support, development of (strategic) information technology infrastructure, public-private partnerships, dan private sector competencies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pajak daerah melalui aplikasi Sipandaunik sukses meningkatkan pelayanan pajak daerah menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun detail dari suksesi inovasi layanan tersebut adalah sebagai berikut: 1) Leadership and Public Sector Competencies, pemimpin melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dalam penerapan aplikasi Sipandaunik serta para pegawai yang kompeten dalam mengelola aplikasi. 2) Adequate Funding, penerapan aplikasi Sipandaunik menggunakan dana APBD dan selama penerapan belum pernah mengalami kendala pada dana. 3) Legislative and Regulatory Support, peraturan yang mengatur aplikasi Sipandaunik, yaitu Perbup Ponorogo Nomor 106 Tahun 2019 dan sudah ada SOP secara tertulis. 4) Development of (strategic) Information Technology Infrastructure, dalam pengembangannya aplikasi menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak serta menjamin keamanan data dari wajib pajak. 5) Public-Private Partnerships, tidak terdapat kemitraan dengan sektor publik maupun swasta. 6) Private Sector Competencies, PT Javayoga berkompeten dalam membuat aplikasi Sipandaunik.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Pajak Daerah, Aplikasi Sipandaunik

 

Problems regarding local tax services has made the Ponorogo Regency Regional Financial and Asset Management Revenue Agency launch e-government innovation, namely the Sipandaunik application with the aim of improving local tax services to be more effective and efficient. The purpose of this study is to describe the innovation of local tax services through the Sipandaunik application in improving local tax services in Ponorogo Regency. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation. Data analysis techniques according to Miles and Huberman which include data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The focus of this research is based on the success factors of e-government innovation by Kalvet (2012) which include leadership and public sector competencies, adequate funding, legislative and regulatory support, development of (strategic) information technology infrastructure, public-private partnerships, dan private sector competencies. The results of the study indicate that the innovation of local tax services through the Sipandaunik application has succeeded in increasing local tax services to be more effective and efficient. The details of the succession of service innovations are as follows: 1) Leadership and Public Sector Competencies, leaders carry out their duties and responsibilities well in implementing the Sipandaunik application and employees who are competent in managing applications. 2) Adequate Funding, the implementation of the Sipandaunik application uses APBD funds and during its application there has never been a problem with funds. 3) Legislative and Regulatory Support, regulations governing the Sipandaunik application, namely Perbup Ponorogo Number 106 of 2019 and there is already a written SOP. 4) Development of (strategic) Information Technology Infrastructure, in developing applications using hardware and software and ensuring data security from taxpayers. 5) Public-Private Partnerships, there are no partnerships with the public or private sectors. 6) Private Sector Competencies, PT Javayoga is competent in making Sipandaunik applications.

Keywords: Service Innovation, Public Service, Local Tax, Sipandaunik Application

References

Eprilianto, D. F., Niswah, F., & Meirinawati. (2018). Innovation in the Public Sector in the Digital Era (A Study of the Process Diffusion of SIMPUS in Yogyakarta). 226, 156–162.

Gil-García, J. R., & Pardo, T. A. (2005). E-government Success Factors: Mapping Practical Tools to Theoretical Foundations. Government Information Quarterly, 22(2), 187–216.

Ilham, & Tua, H. (2016). Inovasi Pelayanan dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor pada Uptd Samsat Kota Bukittinggi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3(2), 1–15.

Kalvet, T. (2012). Innovation: A factor explaining e-government success in Estonia. Electronic Government, An International Journal, 9, 142–157.

Kifle, H., & Cheng, K. L. P. (2009). E-Government Implementation and Leadership – The Brunei Case Study. Electronic Journal of E-Government, 7(3), 271–282.

Krishno Hadi, Listiano Asworo, I. T. S. (2020). Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government Civil Society, 4, 115–129.

Neneng Siti Maryam. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6, 1–18.

Nnorom, S. U., & Okonkwo, E. C. (2020). Adequate Funding of Educational Institutions Proselytizes Effective Planning: View Point of An Educational Administration. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS), 25 (6), 34–38.

Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 106 Tahun 2019 tentang sistem online pajak daerah

Roumboutsos, A., & Saussier, S. (2014). Public-Private Partnerships and Investments in Innovation: The Influence of The Contractual Arrangement. Construction Management and Economics, 32, 349–361.

Salsabilla, N., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Pelayanan Go- Ploong (Go-Pelayanan Limbah Cair Domestik Online Gresik) di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Gresik. Publika, 9, 185–198.

Siti Yulianah M. Yusuf. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Kantor Pelayanan Bersama Samsat Mataram. Media Bina Ilmiah, 13(8), 1433–1444.

Styareni, A. A. P., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Pelayanan “Joss Banget Mas” (Jemput Online Single Submission Bersama Instansi Terkait Dan Malam Hari Bisa) di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blitar. Publika, 9, 63–76.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Warsono, H., Qurniawati, D. R., Sitorus, H., & Fajar S., S. M. (2018). Inovasi Layanan Mpospay Dan Free Pick Up Pos Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Pos Semarang 50000). JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(2), 44–50.

Wood, L., Bernt, P., & Ting, C. (2009). Implementing Public Utility Commission Web Sites: Targeting Audiences, Missing Opportunities. Public Administration Review, 69(4), 753–763.

UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Published
2022-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 734
PDF Downloads: 854