PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT MELALUI APLIKASI GIRI TIRTA CEPAT, EMPATI, RAMAH DAN INOVATIF (GITA CERIA) OLEH PERUSAHAAN UMUM DAERAH GIRI TIRTA KABUPATEN GRESIK

  • Khoiru Ummah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, Electronic Government, Application Gita Ceria

Abstract

Kebutuhan akan air bersih masih menjadi tantangan sendiri setiap harinya bagi masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan masih banyak masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih. Masih banyaknya masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih merupakan salah satu permasalahan tersendiri bagi pemerintah. Perusahaan Umum Daerah (Perumda) merupakan perusahaan daerah mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan serta mengelola sistem penyediaan air bersih di masyarakat.  Aplikasi Gita ceria merupakan merupakan pelayanan berbasis digital yang didalamnya terdapat berbagai bentuk pelayanan seperti tagihan, pasang baru, pengaduan, pengecekan meter mendiri dan berita seputar Perumda kabupaten gresik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan aplikasi Gita Ceria oleh Perumda Giri Tirta Kabupaten Gresik. Jenis penelitain yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kajian dan riset dari Harvard JKF School of Government (Indrajit, 2016) ada tiga elemen sukses penentu penerapan electronic government yang harus diperhatikan meliputi : support, capacity dan value. Hasil dan pembahasan berdasarkan terori tersebut aplikasi Gita Ceria mampu memberikan pelayanan yang mudah bagi masyrakat gresik. Akan tetapi, pada elemen support  terdapat kendala seperti masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan Perumda terkait apliaksi Gita Ceria. Pada elemen capacity telah dilaksanakan dengan baik, tercermin dari telah terpenuhinya sumberdaya manusia, finansial serta infrastruktur yang menunjang penerapan apliaksi Gita Ceria. Sedangkan untuk elemen value masih ditemukan kendala terkait dengan kecepatan respon terhadap permasalahan pengaduan. Saran untuk penelitian ini yaitu perlunya keberlanjutan sosialisasi dan responsibilitas terhadap pengaduan.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Electonic Government, Aplikasi Gita Ceria

 

The need for clean water is still a challenge for the community every day. This can happen because there are still many people who experience a lack of clean water. There are still many people who experience a lack of clean water is a separate problem for the government. Regional Public Company (Perumda) is a regional company that has the responsibility to develop and manage clean water supply systems in the community. The Gita Ceria application is a digital-based service in which there are various forms of services such as bills, new installations, complaints, checking meter stands and news about Perumda Gresik Regency. The purpose of this study was to determine the application of the Gita Ceria application by Perumda Giri Tirta, Gresik Regency. The type of research used is qualitative research using a descriptive approach. The theory used in this study is a theory of study and research from the Harvard JKF School of Government (Indrajit, 2016). The results and discussions based on this theory, the Gita Ceria application, are able to provide easy services for the Gresik community. However, in the support element there are obstacles such as the lack of socialization carried out by Perumda regarding the Gita Ceria application. The capacity element has been implemented well, as reflected in the fulfillment of human, financial and infrastructure resources that support the application of the Gita Ceria application. As for the value element, there are still obstacles related to the speed of response to complaint problems. Suggestions for this research are the need for continued socialization and responsibility for complaints.

Keywords: Public Service, Electronic Government, Application Gita Ceria

 

References

Angguna, Yordan Putra, A. Y. G. dan S. 2015. Upaya pengembangan Mutu.pdf. Administrasi Publik, volume 3(1), 80–88.

Arif, M Syaiful, D. 2015. Analisis Pengembangan Electronic Government Melalui Penyelenggaraan Website Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik Air Bersih 2007-2011.

Brown, D. 2005. Electronic government and public administration. International Review of Administrative Sciences, 71(2), 241–254. https://doi.org/10.1177/0020852305053883

Detik.com. (2021). Pelanggan PERUMDA di Gresik Keluhkan Distribusi Air Tak Lancar. (Online) https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5388290/pelanggan-PERUMDA-di-gresik-keluhkan-distribusi-air-tak-lancar Diakses pada 20 September 2021

Fauzy. 2015. Political Will Pemerintah Kabupaten Pelalawan Terhadap Pelestarian Satwa Di Taman Nasional Tesso Nilo Tahun 2011-2012. file:///D:/proposal/Jurnal/-political-willpemerintah-kabupaten-pelalawan-terhadap-pelestarian-satwa-di-tama.pdf

Gresikkab.go.id. (n.d.). Letak Geografi Kabupaten Gresik. Gresikkab.Go.Id. (Online) melalui https://gresikkab.go.id/info/geografi Diakses pada 20 September 2021

Holle, E. S. 2011. Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public. Service. Sasi, 17(3), 21. https://doi.org/10.47268/sasi.v17i3.362

Kusumawardani, Y. dan W. A. 2018. Evaluasi Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Bersih Di Pdam Kota Madiun. Neo Teknika, 4(1). https://doi.org/10.37760/neoteknika.v4i1.1061

Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Roskakarya.

Nawangsari, L. S. dan E. R. 2021. Efektifitas Pelayanan Pengaduan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Volume 6(2), 928–948.

Nugraha, J. T. 2018. E-Government dan pelayanan publik e-government di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/758/547

Oktariyanda, T. dan T. R. 2018. E-government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012161

Oktavya, A. A. 2015. Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, volume 3(3), hlm. 1437.
Omnimbusman.go.id. 2020. Masyarakat Keluhkan Kualitas Air, PERUMDA Diundang Ombudsman Untuk Klarifikasi. Omnimbusman.Go.Id. (Online) https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--masyarakat-keluhkan-kualitas-air-PERUMDA-diundang-ombudsman-untuk-klarifikasi Diakses pada 20 September 2021

Presiden, I., Indonesia, R., Dan, K., Nasional, S., E-government, P., & Indonesia, P. R. (2003). Instruksi Presiden Republik Indonesia.

Purwanti, N. P. N., Kirya, K., & Bagia, W. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PERUMDA) Kota Denpasar. Volume 4(1).https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/2022

Sekertaris Daerah. 2018. Peraturan Bupati Gresik Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penyelengaraan e-government di Kabupaten Gresik. Indonesia
Sodani, M. P. (2020). Inovasi Pelayanan Elektronik Sistem Kesehatan Lamongan (E-SIKLA) dalam Meningkatkan Layanan Kesehatan di Puskesmas Kedungpring Kabupaten Lamongan. Publika, 8(4), 1–11.
Syarifani, Ida dan Yuli Putri Zaituna. 2018. Penerapan E-government Dalama Pelayanan Administrasi Kepegawaian:Studi di BKPSDM Kabupaten Sumenep. JPSI (Journal of Public Sector Innovation) Vol. 3, No. 1 (28 – 34).

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tambunan, Ridho Adiputra. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac. 27–46.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2019. Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Jdih Bpk Ri Database Peraturan, 011594, 50.

Widianingsih, I., Riswanda, R., & Paskarina, C. 2020. Governing Water, Engaging Community: Indonesian Water Security Roadmap. Journal of Governance, 5(2). https://doi.org/10.31506/jog.v5i2.9301

Yustika Kusumawardani, Y. K., & Astuti, W. 2018. Evaluasi Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Bersih Di PERUMDA Kota Madiun. Neo Teknika, 4(1). https://doi.org/10.37760/neoteknika.v4i1.1061
Published
2022-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 305
PDF Downloads: 283