IMPLEMENTASI PROGRAM BANPRES PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) UNTUK PENGEMBANGAN SEKTOR UMKM DI MASA PANDEMI STUDI DI KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK

  • Eva Roziah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Tjitjik Rahaju S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementation, Banpres Produktif Usaha Mikro, Development, MSMEs

Abstract

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 terhadap keberlangsungan UMKM melalui Kementerian Koperasi dan UKM yakni dengan mengeluarkan program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Program ini diatur dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 2 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Pelaksanaan Program BPUM di Kecamatan Dukun terkendala dengan kurangnya sosialisasi serta kurang tepatnya sasaran program yang disebabkan singkatnya waktu pendaftaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, faktor pendorong serta penghambat dalam pelaksanaan BPUM di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori implementasi Edwards III yang terdiri dari komunikasi, sumberdaya, struktur birokrasi, dan disposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek komunikasi sudah berjalan dengan baik. Faktor sumberdaya mulai dari fasilitas, wewenang, informasi dan keahlian pegawai sudah terimplementasi dengan baik. Namun, kuantitas pegawai di Kecamatan Dukun masih kurang mencukupi. Faktor struktur birokrasi sudah tersusun dengan baik sehingga memudahkan untuk berkoordinasi antar pelaksana kebijakan, selain itu SOP yang digunakan sudah lengkap dan jelas. Faktor disposisi sudah terimplementasi dengan baik terlihat dari arahan dan respon pihak Kecamatan Dukun terhadap program BPUM sangat baik. Struktur organisasi dan komunikasi yang terjalin dengan baik merupakan faktor pendukung dalam pelaksanaan BPUM di Kecamatan Dukun. Faktor Penghambat dalam pelaksanaan BPUM adalah singkatnya waktu dalam proses pengajuan calon penerima BPUM dan waktu pencairannya, kurangnya sosialisasi, serta  kuantitas pegawai yang masih kurang menjadi penghambat dalam pengimplementasian BPUM.

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Akib, Haedar. 2010. Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik. Volume 1 No 1.

Aldania, Ayu & Fitrotun Niswah. 2021. Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pemerintah Surabaya). Publika. Volume 9 Nomor 2 Tahun 2021, 137-148.

Auliyah & Alif. 2021. Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik. Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. Volume 8 No 1 Maret 2021 pp 22-31.

Badan Pusat Statistik. 2020. Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Jilid II.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik. 2021. Kecamatan Dukun Dalam Angka 2021.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. 2021. Hergun : BPUM Banyak Salah Sasaran.

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia. 2021. Online Single Submission.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur. 2019. Kontribusi KUMKM dalam Perekonomian.

Fanida, Eva Hany & Niswah, Fitrotun dkk. 2020. Improving the Community Economy in the New Normal Era Through the Application of Rebahan. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020).

Gemina, Dwi & Ginanjar, Ahmad. 2019. Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Makanan Kabupaten Cianjur Berbasis Komitmen, Kompetensi dan Motivasi Usaha. Jurnal Visionida. Volume 5.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2021. Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2020. Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2021. 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro Bakal Terima BPUM 2021.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 2020. Penjelasan Pelaksanaan Penyaluran Banpres Produktif Usaha Mikro.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020 Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perinduatrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik. 2020.

Lestari, Yunita Eka Rizki & Indah Prabawati. 2018. Implementasi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Sarung Alat Tenun Bukan Mesin Desa Semampir Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.

Marginingsih, Ratnawaty. 2021. Program Pemulihan Ekonomi Nasionla Sebagai Kebijakan Penggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 8 No. 2.

Mubarok, Syahrul, dkk. 2020. Policy Implementation Analysis: Exploration of George Edward III, Marilee S Grindle, and Mazmanian and Sabatier Theories in the Policy Analysis Triangle Framework. Journal of Public Administration Studies. JPAS Vol.5, No. 1, pp 33-38.

Muafa, Ghina Ridho & Fanida, Eva Hany. 2019. Penerapan Sistem Perizinan Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo. Vol 7, No 7.

Nasution, Winda Suci Lestari. 2021. Membangkitkan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal pengabdian masyarakat. Volume 8 Nomor 1.

Nawangsari, Ertien Rining. 2016. Analisis Program Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Menengah Kecil Dan Mikro (Studi di UMKM Pengerajin Batik Kampoeng Jetis dan Pengerajin Koperasi Intako Tanggulangin Sidoarjo). Journal of Public Sector Innovation. Vol 1 No 1.

Nurjanah, Adhianty & Sakir. 2021. Pemberdayaan UMKM Peyek Santoso Imogiri Bantul Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri. Volume 5 Nomor 2.

Pakpahan, Aknolt Kristian. 2020. COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah No 2 Tahun 2021 tentang pedoman umum penyaluran bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional serta penyelamatan ekonomi nasional pada masa pandemic corona virus disease (Covid-19).

Roring, Andreas Delpiero., Michael S & Marlien T. 2021. Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Virus Corona di Desa Ongkaw 1 Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Governnace. Vol.1, No. 2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.

Thaha, Abdurrahman Firdaus. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Volume 2 Nomor 1.

Wandi, Sustiyo, Tri Nurharsono & Agus Raharjo. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakulikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Jurnal of Physical Education, Sport, Health and Recreation. Volume 2 Nomor 8.
Wirartha, I Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Yahya, Mahendra Purnama. 2018. Implementasi Program Bantuan Pemerintah dalam Upaya Pengembangan Wirausaha Pemula di Kementerian Koperasi dan UKM (Studi Pada Kabupaten Lombok Tengah). Volume 12 No 2.
Published
2022-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 444