STRATEGI PENINGKATAN LAYANAN SURAT IZIN MENGEMUDI MELALUI LAYANAN SINAR (SIM PRESISI NASIONAL) DI KANTOR SATUAN LALU LINTAS POLRES KABUPATEN GRESIK

  • Fitriatul Ishlahah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, strategic service, SINAR service

Abstract

Pemerintah memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan publik kepada seluruh masyarakat sesuai dengan ketentuan hukum. Terdapat banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakatnya. Disamping itu, pemerintah juga harus menghadapi banyak tuntutan publik yang terus meningkat dengan cara meningkatkan kualitas dari kinerja pelayanan publik. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) merupakan sebuah instansi yang juga menyediakan layanan pendaftaran dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pelayanan terkait SIM ini identik dengan pelayanan yang berbelit-belit dan prosedurnya yang rumit. Maka dari itu Polres Gresik berupaya untuk memberikan layanan yang lebih optimal melalui layanan SINAR dalam aplikasi Digital Korlantas Polri. Dengan adanya layanan tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir akan perpanjangan SIM karena dapat dilakukan secara online dan juga dapat mengurangi kerumunan warga pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah proses strategi peningkatan pelayanan melalui layanan SINAR di Kantor Satlantas Polres Gresik. Dalam melakukan analisis di penelitian ini menggunakan teori strategi meningkatkan kualitas pelayanan menurut Tjiptono yang terdiri dari 8 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan pelayanan melalui layanan SINAR di Kantor Satlantas Polres Gresik cukup baik. Mulai dari pemberian pelayanan yang berkualitas, pelatihan khusus oleh Staff bidang pelayanan, hingga otomatisasi layanan SINAR yang cukup baik bahwa tetap mempertahankan tenaga manusia untuk proses pemberkasan. Saran yang dapat peneliti berikan kepada Satlantas Polres Gresik adalah lebih meningkatkan sosialisasi secara menyeluruh dan berkala, serta meningkatkan fitrur-fitur yang belum dapat digunakan seperti pada fiitur pendaftaran SIM baru.

Kata kunci : Pelayanan publik, strategi pelayanan, layanan SINAR

 

The government has an important role in providing public services to the entire community in accordance with legal provisions. There are many efforts made by the government in order to increase public trust. In addition, the government also has to face many public problems that continue to increase by improving the quality of public service performance. The Traffic Unit (Satlantas) is an agency that also provides registration and renewal services for a driving license (SIM). SIM-related services are synonymous with convoluted services and complicated procedures. Therefore, the Gresik Police seeks to provide more optimal services through the SINAR service in the National Police Korlantas Digital application. With this, people don't need to worry about adding SIM services because it can be done online and can also reduce residents in the current state of the Covid-19 pandemic. This type of research is descriptive using a qualitative approach. The focus of this research is the strategic process of service improvement through SINAR services at the Gresik Police Satlantas Office. In conducting the analysis in this study using the theory of strategies to improve service quality according to Tjiptono which consists of 8 indicators. The results showed that the service improvement strategy through SINAR services at the Gresik Police Satlantas Office was quite good. Starting from providing quality services, special training by service staff, to good SINAR automation services to retain human labor for the filing process. Suggestions that researchers can give to the Gresik Police Traffic Unit are to further increase the socialization thoroughly and periodically, and to increase the features that cannot be used, such as the new SIM registration feature.

Keywords: Public Service, strategic service, SINAR service

References

Anugrah Utami, Rendita. (2020, 02 27) PeningkatanKualitas Pelayanan Publik Melalui Optimalisasi Media SosialDipetik 11 14, 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--peningkatan-kualitas-pelayanan-publik-melalui-optimalisasi-media-sosial

Artitantia, W., Putera, R.E., Yoserizal. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Nagari Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2).

B Putra, Muslimin (2020, 11 29) Mengenal Pelayanan Publik Dipetik 14 11, 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik

Bryson, J., & George, B. (2020). Strategic Management in Public Administration. InOxford Research Encyclopedia of Politics.

Cahyani, L. I., Nurrohman, M. F., Setiowati, M. I., Taufiq, R. I., & Mukti, A. (2021). Transformasi Manajemen Kepolisian Melalui Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR). JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara,5(2), 34-41.

Fandy,Tjiptono. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Ibnu, Aziz. (2020, 04 16) Aplikasi SIM Nasional Presisi APK Download Hanya di Play StoreDipetik 11 22, 2021, dari https://amp.tirto.id/aplikasi-sim-nasional-presisi-apk-download-hanya-di-play-store-gcAL

Ikilhojatim.com. (2019, 12 28) Semakin Ribet, Masyarakat Gresik Keluhkan Pelayanan SIM Dipetik 6 23, 2022, dari https://ikilhojatim.com/semakin-ribet-masyarakat-gresik-keluhkan-pelayanan-sim/#

Isnaini, Mahfundoh. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Layanan Traffic Accident Claim System (TACS) Di Polres Bojonegoro. Publika, 9(2).

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Moti, U. G. (2019). Talents and competency management strategy for public sector performance: Instruments and methods.

Niswah, Fitrotun dan Meirinawati. 2015. Manajemen Strategi Sektor Publik.Surabaya: Unesa University Press

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Partisipasi Masyarakat.

Prasetiya, Achmad Yoga. (2020). Strategi Peningkatan Pelayanan Pembayaran Surat Izin Mengemudi Melalui Program Cashless Payment System (CPS) Di Kantor Satlantas Polres Gresik. Publika, 8(4).

Rahayu, Rochmah, dan Ribawanto. 2015. Strategi Pemerintah Daerah dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Jombang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(1), 122-127. Universitas Brawijaya.

Riskika, Analdo Yoga Dwi. (2020). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Layanan Simpatik Di Kabupaten Kediri: Studi Kasus Izin Mendirikan Bangunan. Publika 8(4).

Sabda News. (2021, 04 13) Polres Gresik Launching Aplikasi Perpanjangan SIM Sinar Dipetik 11 22, 2021, dari https://sabdanews.com/2021/04/14/polres-gresik-launching-aplikasi-perpanjangan-sim-sinar/

Saputro, H. E. (2015). Kualitas Pelayanan Publik.Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik,2(1).

Sari Dewi, Ratna. (2020, 01 24) Proyeksi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 2020 Dipetik 11 14, 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--proyeksi-peningkatan-kualitas-pelayanan-publik-2020

Sari, Ayu Wandan. (2021). Manajemen Strategi Program Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. Publika, 9(1).

Septiani, Maya. (2020, 04 23) Urgensitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Dinamis dalam Menghadapi Wabah Covid-19 Dipetik 10 09, 2021, dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--urgensitas-penyelenggaraan-pelayanan-publik-yang-dinamis--dalam-menghadapi-wabah-covid-19

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik dan Warsono, Hadi. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Peruahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik di Era Covid-19”. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 2, No. 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002Tentang Kepolisian Negar Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Published
2022-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 727
PDF Downloads: 884