Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Secara Online Paket Lengkap (SIMINAKSOPAL) di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek)

  • Shela Aprilia Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Badrudin Kurniawan

Abstract

Adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, mengakibatkan terhambatnya pelayanan publik karena penyelenggara pelayanan publik tidak dapat melayani masyarakat secara langsung sehingga perlu adanya inovasi-inovasi agar pelayanan tidak terhambat seperti memberikan pelayanan melalui sistem online atau e-Government. Salah satu instansi publik yang melakukan pelayanan melalui sistem online yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek melalui aplikasi Siminaksopal. Inovasi Siminaksopal ini bertujuan untuk meminimalisasi pelayanan tatap muka karena pelayanan adminduk dapat diakses melalui website dan aplikasi siminaksopal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan komponen aspek-aspek dalam implementasi e-Government untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik menurut Rianto dan Lestari (2012:43) antara lain Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), Human Resources (SDM), Data dan Informasi, Struktur Organisasi, Komunikasi, dan Sikap Pelaksana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Siminaksopal berjalan dengan baik. Dari komponen hardware dan software yang sudah memadai dan mudah diakses oleh masyarakat. SDM sudah sangat terlatih dan memberikan pelayanan dengan baik, meskipun tidak semua pegawai berlatar belakang pendidikan IT namun terdapat pelatihan khusus untuk petugas verifikator. Data dan informasi, dokumen-dokumen berbentuk dokumen elektronik yang disimpan dalam server komputer yang hanya dapat diakses yang mempunyai hak akses. Dalam struktur organisasi petugas yang telah disusun sudah bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing dengan baik. Komunikasi dalam penerapan inovasi ini sudah cukup baik namun diharapkan kedepannya agar lebih menyeluruh dan merata kepada masyarakat. Dalam penerapannya inovasi ini mendapatkan respon yang positif baik oleh pelaksana maupun pengguna.

References

Arfan, Surya. Dkk. 2021. Responsivity of Public Services in Indonesia during the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Vol 4 No 1 Hal 552-562.
B, Asri. 2020. Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi pada Era Covid-19 di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia. Vol 12 No 4 Hal 695-712.
Oktariyanda, T dan Pradana, G. 2015. Penerapan “Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten)” Dalam Rangka Standarisasi 1,2 Manajemen Pelayanan Di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/26534/18900
Purboyo, Darma P. 2018. Implementasi Pelayanan Publik Berkas Mlaku Dewe (BMW) Di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Publika. Vol 6 No 3.
Putra, Arjuna Dwi Amarta. 2018. Implementasi Elektronik Pemilihan Kepala Desa (E-PILKADES) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Studi di Desa Panjunan, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik). Publika. Vol 6 No 8.
Qomaruddin. 2021. Implementasi Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik Pada Pemerintah Kota Surabaya. Publika. Vol 9 No 3 Hal 257-266.
Rizqi, Mohammad Bahrur. 2020. Implementasi aplikasi Jogo Suroboyo 2407 sebagai Upaya Peningkatan Keamanan oleh Kepolisian Resort Kota Besar (POLRESTABES) Kota Surabaya. Publika. Vol 8 No 3
Vitasari, Vivi Nur. 2020. Implementasi Layanan Sistem Informasi Usulan Lelang (SIUL) di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPJB) Kota Surabaya. Publika. Vol 7 No 1
Wiryanto, Wisber. 2020. Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Ilmu 4.0. Hal 142-149
Yalia, Mulyono. 2014. Implementasi Kebijakan Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Sosial Media Tradisional di Jawa Barat. Jurnal Patanjala. Vol 6 No 1 Hal 149-160.
Published
2022-07-10
Section
Articles
Abstract View: 169
PDF Download: 283