Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Secara Online Paket Lengkap (SIMINAKSOPAL) di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek)
Abstract
Adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, mengakibatkan terhambatnya pelayanan publik karena penyelenggara pelayanan publik tidak dapat melayani masyarakat secara langsung sehingga perlu adanya inovasi-inovasi agar pelayanan tidak terhambat seperti memberikan pelayanan melalui sistem online atau e-Government. Salah satu instansi publik yang melakukan pelayanan melalui sistem online yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek melalui aplikasi Siminaksopal. Inovasi Siminaksopal ini bertujuan untuk meminimalisasi pelayanan tatap muka karena pelayanan adminduk dapat diakses melalui website dan aplikasi siminaksopal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini menggunakan komponen aspek-aspek dalam implementasi e-Government untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik menurut Rianto dan Lestari (2012:43) antara lain Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), Human Resources (SDM), Data dan Informasi, Struktur Organisasi, Komunikasi, dan Sikap Pelaksana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Siminaksopal berjalan dengan baik. Dari komponen hardware dan software yang sudah memadai dan mudah diakses oleh masyarakat. SDM sudah sangat terlatih dan memberikan pelayanan dengan baik, meskipun tidak semua pegawai berlatar belakang pendidikan IT namun terdapat pelatihan khusus untuk petugas verifikator. Data dan informasi, dokumen-dokumen berbentuk dokumen elektronik yang disimpan dalam server komputer yang hanya dapat diakses yang mempunyai hak akses. Dalam struktur organisasi petugas yang telah disusun sudah bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing dengan baik. Komunikasi dalam penerapan inovasi ini sudah cukup baik namun diharapkan kedepannya agar lebih menyeluruh dan merata kepada masyarakat. Dalam penerapannya inovasi ini mendapatkan respon yang positif baik oleh pelaksana maupun pengguna.
Kata Kunci : Implementasi, E-Government, SiminaksopalThe outbreak of the corona virus 19 in Indonesia has resulted in less than optimal public services because service agencies cannot serve directly, so there needs to be innovations so that online or e-government services are not hampered. One of the public agencies that provide services through an online system is the Trenggalek Regency Population and Civil Registration Service through the Siminaksopal application. This Siminaksopal innovation aims to minimize face-to-face services because adminduk services can be accessed through the siminaksopal website and application. The research method used is descriptive qualitative. In this study, the components of the implementation aspects of e-government according to Rianto and Lestari include Hardware, Software, Human Resources, Data and Information, Organizational Structure, Communication, and Implementing Attitudes. The results of the study indicate that the application of the Siminaksopal application is running well. From the components of hardware and software that are adequate and easily accessible to the public. Human resources are highly trained and provide good service, although not all employees have an IT education background, there is special training for verifier officers. Data and information, documents in the form of electronic documents stored on computer servers that can only be accessed by those who have access rights. In the organizational structure, the officers who have been prepared have worked well in their respective fields of work. The communication applied to these innovations is quite good, but it is hoped that in the future it will be more comprehensive and evenly distributed to the community. In its application, this innovation has received positive responses from usersand implementers.
Keywoard : Implementation, E-Government, Siminaksopal
References
B, Asri. 2020. Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi pada Era Covid-19 di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia. Vol 12 No 4 Hal 695-712.
Oktariyanda, T dan Pradana, G. 2015. Penerapan “Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten)” Dalam Rangka Standarisasi 1,2 Manajemen Pelayanan Di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/26534/18900
Purboyo, Darma P. 2018. Implementasi Pelayanan Publik Berkas Mlaku Dewe (BMW) Di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Publika. Vol 6 No 3.
Putra, Arjuna Dwi Amarta. 2018. Implementasi Elektronik Pemilihan Kepala Desa (E-PILKADES) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik (Studi di Desa Panjunan, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik). Publika. Vol 6 No 8.
Qomaruddin. 2021. Implementasi Kebijakan Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik Pada Pemerintah Kota Surabaya. Publika. Vol 9 No 3 Hal 257-266.
Rizqi, Mohammad Bahrur. 2020. Implementasi aplikasi Jogo Suroboyo 2407 sebagai Upaya Peningkatan Keamanan oleh Kepolisian Resort Kota Besar (POLRESTABES) Kota Surabaya. Publika. Vol 8 No 3
Vitasari, Vivi Nur. 2020. Implementasi Layanan Sistem Informasi Usulan Lelang (SIUL) di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPJB) Kota Surabaya. Publika. Vol 7 No 1
Wiryanto, Wisber. 2020. Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Ilmu 4.0. Hal 142-149
Yalia, Mulyono. 2014. Implementasi Kebijakan Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Sosial Media Tradisional di Jawa Barat. Jurnal Patanjala. Vol 6 No 1 Hal 149-160.
PDF Downloads: 601