IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HYBRID PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 13 SURABAYA

  • Atika Dwi Meilisa S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementation, Hybrid Learning, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan dalam dunia pendidikan. Sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran virus, pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa pembelajaran berbasis daring. Pembelajaran daring dilakukan secara inovatif pada masa pandemik Covid-19 yaitu menggunakan program berimprovisasi dengan teknologi baru yaitu zoom ataupun aplikasi smartphone yaitu whatsapp. Berdasarkan Peraturan pemerintah yang mengacu pada kebijakan PPKM dan SKB 4 mentri, daerah yang berstatus Level 1 dan 2 dapat memulai pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas atau hybrid learning, yang menggabungkan pembelajarn daring dan juga luring. Konsep pembelajaran hybrid kemudian diterapkan oleh SMAN 13 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran hybrid di SMAN 13 Surabaya dilakukan dengan tolak ukur keberhasilan implementasi menggunakan teori Merilee S. Grindle. Jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi model pembelajaran hybrid di SMA Negeri 13 Surabaya sudah berjalan dengan baik selama pandemi covid-19. Hal ini ditunjukkan dengan penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung seperti protokol kesehatan dalam variabel yang sudah sesuai dengan standar serta memenuhi pedoman atau aturan dari pemerintah.beberapa variabel yang menjadi tolak ukur keberhasilan implementasi juga menunjukan hasil positif, diantaranya variabel manfaat, derajat perubahan yang diinginkan dan variabel lingkungan implementasi. Namun, masih perlu adanya evaluasi pada sistem pembelajaran hybrid karena beberapa kendala, yaitu penyediaan kuota jaringan internet dan juga swab antigen berkala yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kekhawatiran pada orang tua.

 

The COVID-19 pandemic has had a significant impact on various sectors of life, including the education sector. As an effort to prevent the spread of the virus, the government decided a policy in the form of distance learning or online-based learning from home. Over time, there are various problems that arise when implementing online learning, such as impaired internet access, lack of ability to master technology, teachers have difficulty designing subject matter, limited internet quotas, decreased student understanding of the material being taught, and so on. To overcome this, the government provides an alternative in the form of limited face-to-face learning. SMAN 13 Surabaya is one of the schools that implements this learning system. Therefore, this research was conducted with the aim of knowing the general description of the implementation of teaching and learning activities in the limited face-to-face learning period at SMAN 13 Surabaya. This research is a descriptive qualitative research. Sources of data obtained from observations in the field and in-depth interviews conducted between researchers and informants. So that it can be obtained the results that teaching and learning activities carried out during the face-to-face learning period are limited running well and have met health protocol standards.

References

Aristoteles. (1997). Teori Keadilan dalam Persektif Hukum, cet 2.Jakarta: Sinar Grafika.

Evy Hany.F dan Meirinawati .M (2022) Strategic Management of The Faculty of Social Sciences and Law, State University of Surabaya, in Improving The Quality of Education during The Covid-19 Pandemic Surabaya, JPSI

Niswah, F dan Meirinawati. (2015). Manajemen StrategiSektor Publ (Niswah, 2015)(L, 2003)(Glueck, 2000)ik.Surabaya, Unesa University Press

Ridho Imam.R dan Tjitjik.R (2022). IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING PROGRAM DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN CLASS XI MIPA 1 SMAN 1 DAGANGAN, MADIUN.Surabaya, Unesa University Press

Asrul, d. (2015). Evaluasi Pembelajaran.Medan: Citapustaka Media.

Bruner, J. S. (1960). The Prosess of Education Theory.USA: Harvard Publisher University.

Endaswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra.Yogyakarta: Tim Redaksi CAPS.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia.

Novriansyah, R. (2022).Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan(Doctoral Dissertation, Kementerian Dalam Negeri).

Prastowo, A. (2014). Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretisdan Praktis .Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta.

Surakhmad, W. (2004). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Tehnik.Bandung: Transito.

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Kajian Literatur. Welless and Healthy Magazine, 187-192.WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-2019) situation reports. World Health Organisation.

Aristika, A. (2021). The Effectiveness of Hybrid Learning in Improving of Teacher-Student Relationship in Terms of Learning Motivation. Emerging Science Journal, 5(4), 443-456.

Firmansyah, Y. (2020). PENGARUH NEW NORMAL DITENGAH PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENGELOLAHAN SEKOLAH DAN Implementasi Model Pembelajaran Hybrid....1641PESERTA DIDIK. Jurnal Buana Ilmu, 4(2).

Han, J. (2021). A hybrid learning pedagogy for surmounting the challenges of the COVID-19 pandemic in the performing arts education. Education and Information Technologies, 26(6), 7635-7655.

Handayani, T. (2020). The effectiveness of Hybrid Learning in Character Building of Integrated Islamic Elementary School Students during the COVID -19 Pandemic. Journal of Education Science and Technology, 6(3), 276-282.

Kassim, S. (2020). Effectiveness of WhatsAppas a Part of a Hybrid Learning Environment: An Opportunity for Post-COVID-19 Pandemic Pedagogy. The Journal of Contemporary Dental Practice, 21(12), 1332-1336.

Rahmadi, T. N. (2021). PENERAPAN MODEL DIGITALDAN MODEL HYBRID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(1), 1800-1811.

Sherly, P. G. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478-1481.

Sujanem, R. (2018). The Effectiveness of problem-based hybrid learning model in physics teaching to enhance critical thinking of the students of SMAN. : Journal of Physics, 1-7.

Wahyuni, A. S. (2021). PENERAPAN MODEL HYBRID LEARNING DALAM PTMTERBATAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASILBELAJAR SISWA. Indonesia Journal of Educational Development, 2(3), 472-481.

Yunitasari, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : Jurnal IlmuPendidikan, 2(3).

Nugroho, S. D. (2022, Februari 2). Kelebihan dan Kemudahan Menggunakan belajar.id. Retrieved from Disdikpora: https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/20_kelebihan-dan-kemudahan-menggunakan-akun-belajari

Wahyuni, A.S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning Dalam PTM Terbatas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472-481.

Putra, I. A. (2015). Hybrid learning orientation through a hybrid learning model with the help of multimedia in learning activities. EDUSCOPE, 1(1), 36–42.

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Development of hybrid learning website media based on digital literacy skills in physics learning. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 7(1), 131–142

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2013). Implementation of the hybrid learning model in the learning process for the statistics course II at the Management StudyProgram, FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan , 13(2), 181–184

Sutisna, E., &Vonti, L. H. (2020). Innovation Development Strategy for Hybrid Learning based English Teaching and Learning. English Review: Journal of English Education, 9(1), 103–114.
Published
2023-01-04
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 469