INOVASI APLIKASI PELAYANAN VIA ONLINE (PLAVON) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO

  • Dwiky Juprihantoro S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Galih Wahyu Pradana S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: : Innovation, Public Service, Online Service Application (PLAVON).

Abstract

Kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Sidoarjo kurang baik. Hal ini didukung dengan adanya data Ombudsman Republik Indonesia, Kabupaten Sidoarjo memperoleh 35 laporan masyarakat pada tahun 2020. Selain itu, kepemilikan dokumen kependudukan pada tahun 2020 bagi masyarakat belum mencapai target yang telah ditentukan. Sebanyak 33.687 jiwa penduduk yang belum memiliki KTP-el dan 6.120 jiwa penduduk yang belum memiliki akta kelahiran. Permasalahan ini disebabkan karena kinerja pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil melalui sistem hotline whatsapp belum memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini dikarenakan sistem ini memiliki beberapa kekurangan yaitu keterbatasan kuota antrean pelayanan, berkas pemohon terkadang hilang dan ruang penyimpanan data masih terbatas. Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo merancang inovasi aplikasi pelayanan via online (PLAVON) berbasis website guna mempermudah dan mempercepat kepengurusan dokumen kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi aplikasi pelayanan via online (PLAVON) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Inovasi aplikasi PLAVON sudah berjalan cukup baik. Indikator ease of use sudah cukup baik. Indikator content and appearance of information sudah cukup baik. Indikator reliability sudah baik. Indikator citizen support sudah cukup baik. Indikator trust/security sudah baik. Indikator supporting in completing form sudah baik. Saran yang diberikan meliputi menambahkan opsi bahasa lain yang dapat digunakan, menambahkan animasi intuitif, menambahkan fitur halaman bantuan dan melakukan rekrutmen pegawai baru dan sosialisasi aplikasi PLAVON kepada masyarakat.

The quality of population administration and civil registration services in Sidoarjo Regency is not good. This is
supported by data from the Ombudsman of the Republic of Indonesia, Sidoarjo Regency obtained 43 community reports in 2021. Apart from that, ownership of population documents in 2020 for the community has not yet reached the predetermined target. A total of 33,687 residents do not have e-KTP and 6,120 residents do not have birth certificates. This problem is caused by the performance of population administration and civil registration services through the WhatsApp hotline system which has not provided satisfactory results. This is because this system has several drawbacks, namely limited service queue quota, requester files are sometimes lost and data storage space is still limited. Based on the background of the problems that occurred, the Sidoarjo Regency Population and Civil Registry Service designed an innovative website-based online service application (PLAVON) to simplify and speed up the management of population documents. The purpose of this research is to describe an innovative online service application (PLAVON) at the Population and Civil Registration Office in Sidoarjo Regency. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. PLAVON application innovation has been going quite well. Ease of use indicator is good enough. Indicators of content and appearance of information are good enough. The reliability indicator is good. The citizen support indicator is good enough. Trust/security indicators are good. This supporting in completing form indicator is good. The suggestions provided include adding other language options that can be used, adding intuitive animations, adding a help page feature and recruiting new employees and socializing the PLAVON application to the community.

References

Abdullah, M. T., Supriyono, B., Muluk, M. R. K., & Tjahjanulin. (2016). Innovation Typology of the Local Government in Educational Affairs. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 23(2), 70–76.

Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 73–82.

Adhi Purwaningrum, F., Purwanto, A., & Agus Darmadi,
E. (2018). Optimalisasi Jaringan Menggunakan Firewall. IKRA-ITH Informatika, 2(3), 17–23.

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 6(1), 94–99.

Amrozi, Y., Devi, E. C., & Rosida, L. A. (2022). IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI E-kios IMPLEMENTATION E-GOVERNMENT OF PUBLIC SERVICES ON E-kios APPLICATION.
Kebijakan Publik, 13(3), 310–316.

Ardelia, L., & Pradana, G. W. (2022). Inovasi Pelayanan E-SIAP (Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KabupatenBlitar. Publika, 9(5), 309–322.

Ardiansa, G. F. E., Primananda, R., & Hanafi, M. H. (2017). Manajemen Bandwidth dan Manajemen Pengguna pada Jaringan Wireless Mesh Network dengan Mikrotik. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(11), 1226–1235.

Arifin, H., Cikusin, Y., & Abidin, A. Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Terhadap Masyarakat Pembuat Akta Kelahiran (Studi Kasus Pada Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Respon Publik, 13(3), 62–68.

Asri, N. W. S., Lailia, I., & Ismiartha, G. R. (2020). Surabaya Single Window Sebagai Bentuk Inovasi Pelayan Perizinan Di Kota Urabaya. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 2(2), 68–74.

Damanik, M. P., & Purwaningsih, E. H. (2017). E- Government Dan Aplikasinya Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kualitas Informasi Website Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 151– 164.

Dwiyanto, A. (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.

Hakim, L., Basuki, J., Soemartono, T., & Kusworo. (2019). Licensing Services Innovation Establishing Buildings in One Stop Integrated Services in North Jakarta. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 667–675.

Hardianto, W. T., Firdausi, F., & Lestari, A. W. (2021). FUNGSI e-KTP UNTUK MENDUKUNG PEMERINTAH DAERAH DALAM PENDATAAN DAN PELAYANAN PUBLIK. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 212–222.

Isbandono, P., & Pawestri, D. A. (2019). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PERPUSTAKAAN DI BADAN PUSAT STATISTIK KOTA SURABAYA. Journal of
Public Sector Innovations, 4(1), 48–54.

Kinasih, B. S., & Albari. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1), 25–38.

Kozák, D. (2018). Innovation in National E-Governments. Estonia as a Role Model in the Citizen-Centric Approach. Lund University.

Kurniawan, E. (2010). Cepat Mahir ASP.NET 3.5 untuk Aplikasi Web Interaktif. CV Andi Offset.

Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24–29.

Leviyanto, H. (2018). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO.
DIA: Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 26–38.

Maysara, & Hasim, A. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI POTENSI INVESTASI (SIAPI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA DUMAI. Jurnal
Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 3(3), 215–226.

Mubarok. (2020). The Impact of the Quality of Public Policies by Improving Morals and Ethics in Public Services for Bureaucratic Reform. International Journal of Science and Society, 2(3), 331–339.

Musaddad, A. A., Ahzani, W. . F., Susilowati, M., & Arif,
L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (Sipraja) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206– 213.

Napitupulu, D. (2016). Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan E-Govqual Dan Ipa). Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 6(2), 153–168.

Nova Hulu, F., & Putri, M. (2022). Metode Analitis Enkripsi Dan Dekripsi Dengan Penerapan Algoritma Kriptografi Klasik Ke Dalam Cipher. Jurnal Elektro Dan Telkomunikasi, 8(1), 26–34.

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi : Jurnal Seni, 9(2), 127–136.

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.
Ombudsman Republik Indonesia. (2020). Laporan Tahunan: Mengawal Pelayanan Publik di masa
Pandemi Covid-19. 15-31.

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.

Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.

Purba, I. P. M. H., Suwanda, I. M., Adi, A. S., & Wijaya, R. (2021). Policy Synergy between The Provincial Government of East Java and The Central Government on Health Quarantine in The Treatment of Covid-19. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(2), 43–51.

Rahmadanik, D. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 11–18.

Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 43–52.

Samudra, D. F. D., Salahudin, & Taufikurahman, I. (2022). Inovasi Pelayanan Informasi Publik Melalui Aplikasi Portal Informasi Pemkab Nganjuk (PING). Jurnal Academia Praja, 5(1), 73–78.

Sani, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangka Tengah. Jurnal Bestari, 1(2), 38–52.

Sari, N. R. D., & Meirinawati. (2022). Inovasi Pelayanan “Si Jaran Ijo” (Jemput Bola Rentan Adminduk Iso Jujuk Omah) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Blitar. Publika, 10(3), 909– 922.

Setyowati, S., & Meirinawati. (2021). Inovasi Progam Sahaja (Satu Hari Jadi) Keliling Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. Publika, 9(3), 267–282.

Sugihartono, T., & Rian Chrisna Putra, R. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 97– 105.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Sukesi. (2011). Analisis Konsekuensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Kajian pada Pengguna Pelayanan Publik Dinas Perhubungan & LLAJ Provinsi Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1), 61–75.

Sukmana, E. (2022). Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik dalam Pemenuhan Kebutuhan dan Kepuasan Masyarakat Berbasis Website di Era Pandemi di Kabupaten Sumedang. Jisipol, 6(2), 66–98.
Suyanto. (2012). Keamanan Database Menggunakan Metode Enkripsi. Jurnal Ilmiah Matrik, 14(2), 137– 150.

Taufiq, N., Widodo, J., & Hartono, S. (2019). KEBIJAKAN PELAYANAN E-KTP (Studi tentang Kualitas Pelayanan e-KTP di Kecamatan Rungkut). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 5(1), 1115–1123.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Utama, A. A. G. S. (2020). The implementation of e- government in Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science, 9(7), 190– 196.

Wahyudi, R., Malek, J. A., & Aziz, A. (2015). Perilaku Maladministrasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau : Faktor Penyebab Dan Soluinya. Jurnal Administrasi Publik, 12(1), 55–70.

Wijanarko, A. (2020). Implementasi Prinsip Animasi Straight Ahead Action pada Karakter Hewan Berbasis Animasi 2D. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 73–84.

Yanti, Y., & Effendi, R. (2020). Analisa Sistem Keamanan Jaringan Komputer Firewall Menggunakan Shorewall Pada PT. Indofarma Global Medika. Jurnal TEKSAGRO, 1(2), 14–21.

Yulianita, R. P., & Pradana, G. W. (2021). Inovasi Aplikasi “Smart Desa” Dalam Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Publika, 9(3), 227–242.

Zica, T. D., & Fanida, E. H. (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Melalui Aplikasi Aplikasi Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (Pandu Cakti) di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung. Publika, 10(2), 487–498.
Published
2023-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 247
PDF Downloads: 659