STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA, SERTA PARIWISATA KOTA SURABAYA DALAM OPTIMALISASI WISATA TUNJUNGAN ROMANSA

  • Marisa Tifany S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategic Management, Tourism, Tunjungan Romansa

Abstract

Manajemen strategis merupakan suatu keputusan dan tindakan dalam menghasilkan formulasi dan implementasi rencana-rencana guna mencapai tujuan. Konsep manajemen strategi ini mendorong partisipasi dari para stakeholder dalam setiap proses implementasi kebijakan, terutama dalam memajukan pembangunan nasional dan pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata. Pemerintah melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya meresmikan Tunjungan Romansa sebagai destinasi wisata kota heritage untuk dapat menarik kunjungan wisatawan yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata Kota Surabaya dalam optimalisasi Wisata Tunjungan Romansa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Adapun fokus penelitian ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 yang terdiri dari aksesibilitas, amenitas, atraksi, dan promosi. Hasilnya, aksesibilitas Wisata Tunjungan Romansa yang terletak di pusat Kota Surabaya sangat mudah ditempuh dan menjangkau wisatawan dari berbagai arah dengan berbagai jenis moda transportasi. Dari segi amenitas, fasilitas serta layanan di Wisata Tunjungan Romansa dirasa telah memenuhi kebutuhan wisatawan, namun hanya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut. Dari segi atraksi, objek atau daya tarik Wisata Tunjungan Romansa sudah sesuai dengan konsep wisata kota modern dengan tema lifestyle-heritage yang menyuguhkan keindahan bangunan-bangunan kuno dan keunikannya seni lainnya. Serta untuk strategi promosi yang dilakukan sudah cukup efektif dan berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung melalui berbagai media promosi dan sosialisasi secara luas.

 

Strategic management is a decision and action in producing the formulation and implementation of plans to achieve goals. This strategic management concept encourages the participation of stakeholders in every policy implementation process, especially in advancing national development and economic development through the tourism sector. The government through the Department of Culture, Youth and Sports, and Tourism of the City of Surabaya inaugurated Tunjungan Romansa as a heritage city tourist destination to be able to attract more tourist visits. This research aims to identify and describe the strategy of the Department of Culture, Youth and Sports, and Tourism for the City of Surabaya in optimizing Tunjungan Romansa Tourism. This research uses a descriptive qualitative research type with data collection methods carried out through observation, interviews, literature studies and documentation. The focus of this research is based on the Regulation of the Minister of Tourism and Creative Economy/Head of the Tourism and Creative Economy Agency of the Republic of Indonesia Number 12 of 2020 which consists of accessibility, amenities, attractions and promotions. As a result, the accessibility of Tunjungan Romansa Tourism which is located in the center of Surabaya City is very easy to reach and reach tourists from various directions with various modes of transportation. In terms of amenities, facilities and services at Tunjungan Romansa Tourism are deemed to have met the needs of tourists, but it just needs further evaluation. In terms of attractions, the object or attraction of Tunjungan Romansa Tourism is in accordance with the concept of modern city tourism with a lifestyle-heritage theme that presents the beauty of ancient buildings and other unique arts. As well as for the promotion strategy that has been carried out is quite effective and succeeded in attracting tourists to visit through various promotional media and widespread socialization.

 

References

Surabaya, Pemerintah Kota. n.d. “Pemerintah Kota Surabaya.” Pemerintah Kota Surabaya. Diakses 20 Agustus 2022 (https://surabaya.go.id/).

Mubyarsah, Latu Ratri. 2021. “Ingin Seperti Malioboro atau Braga, Pemkot Bikin Tunjungan Romansa.” JawaPos.Com 1–4. Diakses 31 Agustus 2022 (https://www.jawapos.com/surabaya/23/12/2021/ingin-seperti-malioboro-atau-braga-pemkot-bikin-tunjungan-romansa/).

Handinoto. n.d. “Heritage Jalan Tunjungan - Wisata Surabaya.” Sparkling Surabaya. Diakses 1 Oktober 2022 (https://sparkling.surabaya.go.id/heritage-tunjungan/).

Kemenparekraf/Baparekraf. 2021. “Panduan Potensi Pembangunan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Diakses 1 Oktober 2022 (https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Panduan-Potensi-Pembangunan-Sektor-Pariwisata-dan-Ekonomi-Kreatif).

Surabaya, Pemerintah Kota. 2022. “Wisata Surabaya.” Diakses 26 November 2022 (https://tourism.surabaya.go.id/).

Nur, Masyithoh, and Jodi Daniel Siringoringo. 2019. “Kampung ‘Segudang Prestasi’ Genteng Candirejo Surabaya.” Diakses 26 Desember 2022 (https://tunashijau.id/2019/07/kampung-segudang-prestasi-genteng-candirejo-surabaya/).

Surabaya, Pemerintah Kota. 2016. “Kampung Ketandan Dan Kebangsren, Destinasi Wisata Baru Tunjungan.” Diakses 26 Desember 2022 (https://surabaya.go.id/id/berita/10393/kampung-ketandan-dan-kebangsren).

Ahmadi, Erwin. 2019. “Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Semarang.” 104.

Amanda, Tri Amriani. 2020. “Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kota Parepare Oleh Dinas Olahraga Pemuda Dan Pariwisata Kota Parepare.”

Azis, Moh. Abdul. 2020. “Mananjemen Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.” Publika 8(4):1–10.

Cahyani, Septi Dwi dan Rendra Suprobo Aji. 2017. “Strategi Pembangunan Berwawasan Lingkungan Kawasan Permukiman Segi Empat Emas Tunjungan Surabaya.” Mintakat: Jurnal Arsitektur 1(2):115–28. doi: 10.26905/mintakat.v18i2.1692.

Çınar, Orhan dan Fatih Karcıoğlu. 2013. “The Relationship Between Strategic Management, Institutionalization and Human Resource Management: A Survey Study with Family Businesses Located in the Northeast Anatolia Sub Economic Region of Turkey.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 99:835–42. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.555.

Deki, Januardi. 2019. “Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Potensi Pariwisata Air Terjun Berawan Di Kabupaten Bengkayang.” GOVERNANCE, Jurnal S1 Ilmu Pemerintahan 1–17.

Dyah, Ratih Wahyu, Eddi Basuki Kurniawan, dan Fadly Usman. 2010. “Penataan Permukiman Di Kawasan Segiempat Tunjungan Kota Surabaya.” 2(2):1–8.

Fadhillah, dkk. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Tunjungan Romansa Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan.”

Fanida, Eva Hany dan Meirinawati. 2022. “Strategic Management of The Faculty of Social Sciences and Law, State University of Surabaya, in Improving The Quality of Education during The Covid-19 Pandemic.” JPSI (Journal of Public Sector Innovations) 6(2):75–83. doi: 10.26740/jpsi.v6n2.p75-83.

Fanida, Eva Hany, Indah Prabawati, Fitrotun Niswah, dan Trenda Aktiva Oktariyanda. 2018. “Membangun City Branding Sparkling Surabaya Melalui Layanan Bus Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT).” Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi 21(2):1–10. doi: 10.30649/aamama.v21i2.90.

Haryanti, Christina Rita. 2020. “Pengaruh Aksesibilitas, Kualitas Pelayanan, Daya Tarik Wisata, Dan Harga Tiket Masuk Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Ke Objek Wisata Alam Kalibiru Di Kabupaten Kulon Progo.” Skripsi 1–40.

Karlina, Ayu. 2019. “Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya.” 1–86.
Kartika, Titing, Khoirul Fajri, dan Robi’al Kharimah. 2017. “Pengembangan Wisata Heritage Sebagai Daya Tarik Kota Cimahi.” Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure 14(2):35–46.

Lio, Maria Nelsy Reda. 2014. “Perencanaan Strategi Pengembangan Pariwisata (Studi Tentang Rencana Strategis Pengembangan Obyek Wisata Pantai Balekambang Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang).” 1–194.

Listianingrum, Ayu. 2019. “Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal.” Skripsi.

Mulyadi, Agus. 2017. “Analisis Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Bissappu Di Kabupaten Bantaeng.” Universitas Sumatera Utara 135.

Nisvi, Noni Ahvalun. 2021. “Analisis Konsep 3A (Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas) Dalam Pengembangan Wisata Religi Makam Ki Ageng Tarub Desa Tarub Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.” Eprints.Walisongo.Ac.Id (Md):1–107.

Oktarina, Chentia Aisya. 2015. “Peran Cak Dan Ning Surabaya Dalam Strategi Promosi.” Commonline Departemen Komunikasi 4(2):385–96.

Siwu, Hanly Fendy Djohar. 2019. “Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Daerah.” Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah 18(6):1–11. doi: 10.35794/jpekd.16464.19.3.2017.

Susiyati. 2018. “Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Muarareja Indah Di Kota Tegal.”

Ursache, Mara. 2015. “Tourism - Significant Driver Shaping a Destinations Heritage.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 188:130–37. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.03.348.

Widiantara, G. A. B. 2020. “Identifikasi Denpasar Sebagai Kota Wisata Budaya Ditinjau Dari Delapan Elemen Perancangan Kota.” Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel 4(2):55–66.

Wilopo. 2006. “Perencanaan Strategis Pembangunan Daerah.” 1–29.

Yolanda. 2019. “Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Berbasis Syariah Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Sabang.” 1–111.

Digdowiseiso, Kumba. 2019. Teori Pembangunan. 1st ed. edited by E. Sugiyanto. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Prasojo, Lantip Diat. 2018. Manajemen Strategi. 1st ed. edited by Y. Riyanto. Yogyakarta: UNY Press.

Rahim, Abd. Rahman dan Enny Radjab. 2017. Manajemen Strategi. 1st ed. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar Cet.

Sedarmayanti, Gumelar S. Sastrayuda, dan Lia Afriza. 2022. Pembangunan Dan Pengembangan Pariwisata. 2nd ed. edited by N. F. Atif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Yunus, Edy. 2016. Manajamen Strategis. edited by A. A. Christian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zaenuri, Muchamad. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah (Konsep Dan ApliKasi). Vol. 1. 1st ed. edited by M. A. Mahmudi. Yogyakarta: e-Gov Publishing.

Wijaya, Andy Fefta, dan Oscar Radyan Danar. 2014. Manajemen Publik: Teori Dan Praktik. 1st ed. Malang: Tim UB Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020-2024
Published
2023-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 460
PDF Downloads: 425