IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI PADA PROGRAM BINA LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DELTA TIRTA KABUPATEN SIDOARJO)

  • Jumiase Jumiase S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Program Impelementation, Corporate Social Responsibility, Environmental Development Program, PDAM

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bentuk kepedulian perusahaan terhadap kondisi sosial dan lingkungan sekitar. Namun dalam implementasinya, mayoritas CSR di Indonesia hanya dijadikan sebagai ajang untuk membentuk citra positif perusahaan saja dan bukan merupakan kesadaran dari internal perusahaan untuk membangun sebuah perekonomian yang berkelanjutan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo adalah salah satu perusahaan yang memiliki kewajiban melaksanakan CSR. CSR yang dilakukan oleh PDAM Delta Tirta Sidoarjo ialah CSR pada program bina lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dan gambaran mengenai implementasi corporate social responsibility pada program bina lingkungan di PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Delta Tirta Sidoarjo telah melaksanakan program CSR bina lingkungan dalam program pemberian bantuan sosial berupa sembako. Berdasarkan prinsip keberhasilan implementasi CSR menurut Crowther dan Aras, ada 3 (tiga) aspek implementasi program CSR bina lingkungan di PDAM Delta Tirta Sidoarjo, yakni: a) Accountability (pertanggung jawaban), b) Transparency (keterbukaan), dan c) Sustainability (keberlanjutan). Pada aspek accountability sudah memenuhi tiga poin capaian keberhasilan. Pada aspek transparency hanya satu poin saja yang terpenuhi. Sedangkan pada aspek sustainability ada dua poin yang terpenuhi. Saran untuk penelitian ini adalah dalam meningkatkan aspek transparency sebaiknya laporan kegiatan dan pendanaan program CSR dapat diunggah di website resmi PDAM Delta Tirta Sidoarjo sebagai bagian dari laporan tahunan perusahaan.

 

Corporate social responsibility (CSR) is a form of company concern for social conditions and the surrounding environment. However, in its implementation, the majority of CSR in Indonesia is only used as a platform to form a positive image of the company and is not an internal awareness of the company to build a sustainable economy. Regional Drinking Water Company (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo is one of the companies that has an obligation to implement CSR. The CSR carried out by PDAM Delta Tirta Sidoarjo is CSR in the environmental development program. This study aims to provide a description and description of the implementation of corporate social responsibility in the environmental development program at PDAM Delta Tirta Sidoarjo. The research method used is descriptive method with a qualitative approach. The data collection technique was carried out using the literature study method. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results of the study show that PDAM Delta Tirta Sidoarjo has carried out the CSR program for environmental development in a program of providing social assistance in the form of groceries. Based on the principle of successful CSR implementation according to Crowther and Aras, there are 3 (three) aspects of implementing the CSR program for environmental development in PDAM Delta Tirta Sidoarjo, namely: a) Accountability, b) Transparency (openness), and c) Sustainability. In the aspect of accountability, three points of success have been met. In the aspect of transparency, only one point is met. While in the aspect of sustainability there are two points that are fulfilled. The suggestion for this research is to increase the transparency aspect, it is better if the CSR program activities and financing reports can be uploaded on the official website of PDAM Delta Tirta Sidoarjo as part of the company's annual report.

References

Achmad, W. (2022). Corporate Social Responsibility and Zakat: A Model of Philanthropy in the Society Era 5.0. Jurnal Scientia, 11.

Achmad, W., & Yulianah. (2022). Corporate Social Responsibility of the Hospitality Industry in Realizing Sustainable Tourism Development. Enrichment: Journal of Management, 12, 1610– 1616.

Alifah, N. N. (2020). Implementasi CSR: Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PT Pindaad Bandung.

Aulya, R., Suryono, A., & Prasetyo, W. Y. (2014). Implementasi Program Corporate Social Responsibility dalam Rangka Mewujudkan Sustainable Development di Bidang Lingkungan (Studi tentang CSR Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2, 608–612.

Azizah, A. N., & Prabawati, I. (2021). Implementasi Kebijakan Dana Desa Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 di Desa Sukowidodo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Jurnal Publika, 9.

Crowther, D., & Aras, G. (2008). Corporate Social Responsibility. Faradin, S., & Fanida, E. H. (2021). “Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirto Abadi Melalui Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Belimbing Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Publika, 9 Nomor 3, 81–96.

Gaus, N. Z., & Meirinawati. (2021). Efektivitas Program Pusat Ekonomi Jambangan Hebat (PEJABAT) Melalui CSR (Corporate Social Responsibility) UMKM PT. Pertamina di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Publika, 9 Nomor 3, 125– 138.

Ghoni, K. A. A.-D., Wike, W., & Novita, A. A. (2020). Implementasi Program Corporate Social Responsibility di Bidang Pendidikan (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur dan PT. Kaltim Prima Coal di Kecamatan Bengalon). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.9

Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 2 Tahun 2013 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Wilayah Kabupaten Sidoarjo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, Pub. L. No. PER 09/MBU/07/2015 (2015).

Kotaku. Bappeda Kab. Sidoarjo Gandeng FK-BKM Sosialisasikan CSR. Retrieved April 12, 2022, from http://kotaku.pu.go.id:8081/wartaarsipdetil.asp?mid =6247&catid=1&

Limberg, G., Iwan, R., Moeliono, M., Indriatmoko, Y., Mulyana, A., & Utomo, N. A. (2009). Bukan Hanya Laba Prinsip Prinsip Bagi Perusahaan Untuk Melaksanakan Tanggungjawab Sosial. In Center for International Forestry Research.

M., M. G., & Thaher, S. (2018). Analisa Keselarasan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan yang Beroperasi di Kabupaten Indragiri Hilir dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Selodang Mayang, 4 Nomor 2, 118– 122.

Mardiansyah, R., & Safaruddin. (2022). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Semen Baturaja di RT 09 RW 04 Kelurahan Sekajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Oku. JUPITER Jurnal Pengetahuan & Ilmu Terapan, 3.

Pambayun, D. P. L., & Oktariyanda, T. A. (2021). Kualitas Layanan Go Online Sebagai Bentuk Corporate Social Responsibility Pembinaan Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Di Rumah BUMN Bank Mandiri Surabaya. Jurnal Publika, 9 Nomor3, 97– 108

Pandemik Corona, Amir Aslichin Minta PDAM DeltaTirta Sidoarjo Gratiskan MBR. (n.d.). Retrieved March 1, 2022, from Pandemik Corona, Amir Aslichin Minta PDAM Delta Tirta Sidoarjo Gratiskan MBR

Pranoto, A. R., & Yusuf, D. (2014). Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18.

Prayoga, F. M., & Yuhertiana, I. (2021). Studi Literatur Faktor yang Mempengaruhi Implementasi E-Budgeting dalam Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations). https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n2.p68-79

Prorakyat. CSR di Sidoarjo Belum Dikelola Optimal, Masyarakat Perlu Tahu Data Realisasinya. Retrieved February 28, 2022, from https://m.prorakyat.co/baca-918-csr-di-sidoarjo-belum-dikelola-optimal-masyarakat-perlu-tahu-data-realisasinya

Purnamawati, I. G. A., Yuniarta, G. A., & Diatmika, I. P. G. (2018). Green Accounting: A Management Strategy and Corporate Social Responsibility Implementation. International Journal of Community Service Learning, 2, 149–156.

Rahayu, A. S. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR) Antara Ethics-Perilaku Organisasi-Responsibility dan Penerapannya di Organisasi Pemerintah. Jurnal Legislasi Indonesia, 6.

Sari, A. W., & Meirinawati. (2021). Manajemen Strategi Program Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya. Jurnal Publika, 9 Nomor 1, 105–118.

Siham, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Pajak Online E-Billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Barat. Publika.

Suharto. (2006). No Title.

W, R. W. A., Kunyanti, S. A., & Mujiono. (2021). Community Empowerment-based Corporate Social Responsibility Program in Panglima Raja Village. International Journal on Social Science, Economics and Art, 11, 12–19.

Wijonarko, G., & Astuti, S. J. W. (2022). Implementation of corporate social responsibility based on the triple bottom line concept in the era of Covid 19 pandemic. JPPI (Jurnal Penelitian PendidikanIndonesia), 8, 405–414.

Yuniarti,, & Prakoso, C. T. (2018). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Samarinda. Jurnal Administrative Reform. https://doi.org/10.52239/jar.v6i4.1936

Published
2023-02-27
Section
Articles
Abstract Views: 243
PDF Downloads: 170