ANALISIS PERAN STAKEHOLDERS DAERAH DALAM PENGEMBANGAN CITY BRANDING "LAMONGAN MEGILAN"

  • Eni Febrianti S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Deby Eprilianto S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Stakeholders, City Branding, Lamongan Megilan

Abstract

Program yang dijalankan oleh stakeholders dalam penelitian ini yaitu pengembangan city branding Kabupaten Lamongan. Upaya pengembangan city branding harus didasarkan pada pengembangan potensi daerah yang merata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran stakeholders dalam pengembangan city branding “Lamongan Megilan”. Peran yang dijalankan oleh stakeholders apakah menjalankan peran sebagai policy creator; koordinator; fasilitator; implementor dan akselerator. Metode penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul lalu dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat stakeholders yang berperan sebagai policy creator adalah Diskominfo Kabupaten Lamongan. Stakeholders yang memiliki peran sebagai koordinator adalah Diskominfo Kabupaten Lamongan. Stakeholders yang berperan sebagai fasilitator adalah Diskominfo dan Disparbud Kabupaten Lamongan, dan stakeholders yang berperan sebagai implementor dalam pengembangan city branding “Lamongan Megilan” yaitu Diskominfo, Disparbud, Unisla, masyarakat (komunitas pokdarwis), media dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lamongan. Serta stakeholders yang berperan sebagai akselerator adalah Diskominfo dan Disparbud.

 

The program carried out by stakeholders in this research is the development of city branding in Lamongan Regency. Efforts to promote city branding must be based on a balanced development of regional potential. The goal of this research is to determine the stakeholder involvement in the development of the "Lamongan Megilan" city brand. Stakeholders play the following roles: policy developer; coordinator; facilitator; implementor; and accelerator. The research approach used in this study is descriptive-qualitative. Data was gathered using observation techniques, interviews, and documentation. The collected data is then analyzed by condensing the data, presenting it, and drawing conclusions. Depending on the results of this study, there are stakeholders who function as policy creators, namely the Lamongan Regency Diskominfo. The Lamongan Regency Diskominfo is the coordinator of stakeholders. Diskominfo and Disparbud Lamongan Regency are facilitators, and stakeholders who serve as implementers in the creation of city branding "Lamongan Megilan" include Diskominfo, Disparbud, Unisla, community (Pokdarwis community), media, and all Regional Apparatus Organizations (OPD). Diskominfo and Disparbud are two stakeholders who act as accelerators.

 

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); ISBN 978-6). Syakir Media Press.

Al Fajri, D. N. A. (2019). Peran Stakeholder Dalam Upgrading Industri Pariwisata Melalui Desa Wisata (Studi Kasus: Pengembangan Desa Wisata Kembangarum Dan Desa Wisata Kasongan. Jurnal Studi Diplomasi, 11(1), 60–70.

Ariyanto, E. D., & Marom, A. (2021). Analisis Peran Stakeholder Dalam Program Pilah Sampah Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatanan Tugu, Kota Semarang [Universitas Diponegoro]. In Journal Public Policy and Management Review (Vol. 10, Issue 2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/30659/25284.

Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67.

Auliya, A. N., & Arif, L. (2021). Peran Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk …, 8(1), 22–31. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/article/view/1416.

Bawole, A. J., Lumanaw, B., & Wenas, R. S. (2021). The Influence of City Branding and City Image on Tourist Visiting Decisions to Menado City. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 184.

Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies, 2(1), 072–086. https://doi.org/10.47153/sss21.3152022.

Crowston, K. (1997). A Coordination Theory Approach to Organizational Process Design. Organization Science, 8(2), 157–175. https://doi.org/10.1287/orsc.8.2.157.

Destiana, R., Kismartini, K., & Yuningsih, T. (2020). Analisis Peran Stakeholders Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Halal Di Pulau Penyengat Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 132–153. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i2.18.

Dolly, F. I. (2020). Efektivitas Implementasi Program Gerakan Desa Membangun (Gdm) Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupaten Bungo, Jambi. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i1.864.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 702–714. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/571/248.

El Chidtian, A. S. C. R., Saputro, K., Nabilah, B. E., Sakti, F. R., Bukamo, M., & Muhammad, S. E. (2021). Perancangan Branding Kabupaten Lamongan Sebagai Strategi Promosi Untuk Khalayak Umum. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(2), 96–105.

Hidayat, N. C., Setijaningrum, E., & Asmorowati, S. (2020). Analisis Pemangku Kepentingan Pengelolaan Sumber Daya Hutan di Kabupaten Jember. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 188–201. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.118.

Isro’ Lailia, K. (2021). Peran Stakeholders dalam Implementasi Kebijakan Intervensi Gizi Sensitif di Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, Vol 10, No(July), 1–23. https://doi.org/10.14710/jppmr.v10i3.31228.

Jannah, P. &. (2010). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Jayadi, K., & Cahyadi, D. (2021). Identifikasi Persepsi Visual Etnik Lokal Sebagai Bahan Rujukan Identitas Visaul City Branding Kabupaten / Kota di Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 7, 1451–1472.

Lamongan, D. (2022). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan. Https://Lamongankab.Go.Id/Disparbud/.

Lamongan, P. K. (2021). Filosofi Logo Lamongan Megilan. https://lamongankab.go.id/.

Lamongan, P. K. (2022). Pemerintah Kabupaten Lamongan Raih 3 Penghargaan. Https://Lamongankab.Go.Id/Diskominfo/Post/2643

Lamongankab. (2022). Kabupaten Lamongan. Https://Lamongankab.Go.Id/Sambeng/Post/1476.

Liputan6.com. (2022). Keren, Lamongan Kini Punya Sirkuit Motocross Skala Nasional. Https://Jatim.Liputan6.Com/.

Mamonto, F., Langkai, J., & Mowilos, R. (2021). Implementasi Kebijakan Pakta Integritas di KPU Kabupaten Minahasa. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 1(2), 1–4. https://doi.org/10.53682/administro.v1i2.1662.

Masyhurah, Yuningsih, T., & Hayu Dwimawanti, I. (2021). Peran Stakeholder Dalam Upaya Reintegrasi Sosial Kasus Kekerasan Pada Anak di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 9(1), 249–260. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v9i1.56.

Maturbongs, E. E. (2020). Kolaborasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Merauke. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i1.866.

Pusparani, P., & Rianto, R. (2021). Implementasi Konsep Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Cibuntu. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.5389.

Pustaka, K., Berpikir, K., & Hipotesis, D. A. N. (2011). Bab 2 kajian pustaka, kerangka berpikir, dan hipotesis 2.1. 2004, 11–22.

Putra, P. P. A. (2021). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Heritage Di Kota Denpasar. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 51. https://doi.org/10.31314/tulip.4.2.51-64.2021.

Rahayu, R., Nurmandi, A., Salahudin, S., & Dewi, D. S. K. (2020). “Pemalang pusere Jawa“: A City Branding Model in Promoting Tourism Destination of Pemalang Regency, Central Java, Indonesia. Society, 8(2), 325–342. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.164.

Rahmat, H. (2021). 100 Pemda Kabupaten dan Kota Lolos Penilaian TOP City Brnading Award 2022. Https://Suarapemerintah.Id/.

Reijniers, J. (1995). The management of projects. International Journal of Project Management, 13(1), 63–64. https://doi.org/10.1016/0263-7863(95)90017-9

Rohiyatun, B. (2018). Analisis Keterlibatan Guru dalam Pengambilan Keputusan (Kajian Teoritis Organisasi Sekolah). Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 1(1), 53–59.

Romli, R., & Romli, N. A. (2020). Implementasi strategi komunikasi “Bandung Juara” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 263. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23547.

Setiawan, B., & Nurcahyanto, H. (2018). Analisis Peran Stakeholders dalam Implementasi Kebijakan Penanggulangan Angka Kematian Ibu Studi Kasus Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Ilmu Sosial Fan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 9(2), 127–144. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/27351.

Shutterstock. (n.d.). Stakeholder. Https://Www.Shutterstock.Com.

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395.

Susan, N., Sos, S., Ph, D., Angraini, K., Sos, S., Dewilarasati, N., Sosio, S., Ginanjar, A., Kom, S., & Belakang, A. L. (2018). Volume I, Nomer I, Juni 2018. I, 55–63.

Susetyawati, F. H., & Sekarsari, R. W. (2021). Tuban Dalam Pengembangan Objek Wisata Akar Langit Trinil ( Studi Kasus di Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan ) Jurusan Administrasi Negara , Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Islam Malang Jl . MT Haryono No . 193 , Malang , 651. 15(7), 39–47.

Thomas, G. (2008). Facilitate First Thyself: The Person-Centered Dimension of Facilitator Education. Journal of Experiential Education, 31(2), 168–188. https://doi.org/10.5193/jee.31.2.168.

Wang, L., Li, W., & Qi, L. (2020). Stakeholder pressures and corporate environmental strategies: A meta-analysis. Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/su12031172.

Weigand, H., van der Pool, F., & de Moor, A. (2003). Tilburg University Coordination through communication Weigand, H.; van der Poll, F.; de Moor, A. Proceedings of the 8th International Working Conference on the Language-Action Perspective on Communication Modeling (LAP 2003).

Yu, S., & Setiyaningrum, A. (2019). Studi Mengenai City Branding Kota Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar Di Indonesia. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 31. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2019.v13.i01.p04

Zainal, R. I. (2020). Analisis Stakeholder di Wilayah Operasional Perusahaan Pertambangan Migas. Mbia, 19(3), 283–292. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1164.

Published
2023-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 384
PDF Downloads: 292