PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM PETE JAWA RASA TIMUN DI PUSKESMAS GEDONGAN KOTA MOJOKERTO

  • Jihan Sintania S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Quality of Services, Level Community Satisfaction, Program Pete Jawa Rasa Timun

Abstract

Program Pete Jawa Rasa Timun hadir karena melihat adanya masalah kesehatan pada pekerja wanita. Wanita memiliki peran ganda sebagai seorang istri dan ibu yang memiliki risiko gangguan kesehatan seperti rendahnya pemberian ASI eksklusif pada anak, permasalahan gizi yang berakibat anemia, obesitas, dan lain-lain. Tujuan  penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada Program Pete Jawa Rasa Timun di Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto. Metode penelitian adalah asosiatif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dengan jumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinan, dan regresi linear sederhana.  Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,862 yang tergolong dalam kategori hubungan sangat kuat antara kualitas pelayanan dengan  tingkat kepuasan masyarakat. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada Program Pete Jawa Rasa Timun di Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto adalah sebesar 74,3% dan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Program Pete Jawa Rasa Timun was created because it saw health problems among women workers. Women have a dual role as a wife and mother who have a risk of health problems such as low exclusive breastfeeding for children, nutritional problems that result in anemia, obesity, and others. The purpose of this research was to analyze the effect of the quality of public services on the level of community satisfaction in Program Pete Jawa Rasa Timun at the Gedongan Health Center, Mojokerto City. The research method is quantitative associative. Sampling using incidental sampling technique with a total of 67 respondents. Data collection techniques are observation, questionnaires, interviews, and documentation. Data anylisis technique use correlation coefficients, determinant coefficients, and simple linear regression. The results showed that there was a positive and significant relationship of 0.862 which was classified as a very strong relationship between the quality service and level of community satisfaction. The magnitude of the influence of service quality on the level of community satisfaction in the Program Pete Jawa Rasa Timun at Gedongan Health Center, Mojokerto City was 74.3% and the remaining 25.7% was influenced by other factors.

 

References

Djani, William. 2020. Spirit Reformasi Birokrasi Publik (Menuju one stop services system). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media

Keban. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Jakarta: Gava Media

_____. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media

Oktariyanda, T. A., & Meirinawati. 2017. Pelayanan Publik. Surabaya: Unesa University Press

Pasolong Harbani. 2016. Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta

Rosenbloom David H. & Kravchuk, Robert S. 2005. Public Administration: Understanding Management, Politics, and Law in the Public Sector. New York: Mc Graw Hill

Surjadi. 2012. Pembangunan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT. Refika

Akinloye Akinboade, O., Chanceline Kinfack, E., & Putuma Mokwena, M. (2012). “An Analysis of Citizen Satisfaction with Public Service Delivery in the Sedibeng District Municipality of South Africa”. International Journal of Social Economics, 39(3), 182-199.

Firmansyah, C. A., & Rosy, B. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pembuatan E-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)”. Journal of Office Administration: Education and Practice. Vol 1(2): hal. 82–93.

Jalius, dkk. 2022. "Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Terakreditasi Dasar di Kabupaten Lima Puluh Kota". Vol. 16 (02): hal. 35–47

Mahsyar Abdul. 2011. “Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik”. Vol I (2): hal. 81–90

Mohi, Widya Kurniati, dan Irmanovika Mahmud. 2018. “Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Ilmu Administrasi. Vol 6 (2): hal. 102

Natalia Angga. 2022. “Paradigma Good Governance dalam Administrasi Publik Memfasilitasi Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Jurnal Tapis. Vol. 17 (1): hal. 25-39

Puspitasari, N. L. P., & Bendesa, I. K. G. 2016. "Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung". E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, hal 1–114.

Ristiani, I. Y. 2020. "Manajemen Pelayanan Publik pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat". Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 10 (2): hal. 165–178.

Rizq, S., Djamaludin, M. D., & Nurhadryani, Y. (2018). Analysis of Service Quality Satisfaction of E-Ktp Service At Public Administration and Civil Registration Office of Bogor District. Journal of Consumer Sciences, Vol. 3(2): hal. 55

Rondinelli, Denis A., 2007. “Governments Serving People: The Charging Roles of Publik Administration in Democratic Governance”. Paper presented in Public Administration and Democratic Governance:Government serving Citizens, 7th Global Forum on Reinventing Goverment: Building Trust in Government, 26-29 June 2007, Vienna. Austria.

Saifudin, Widagdo, S., & H, Agustin. (2021). "The Effect of Service Quality on Community Satisfaction at the Department of Population and Civil Registration (Dispendukcapil) Banyuwangi City". Journal of Administration, Business and Managemen. Vol 3: hal. 14–29.

Sattarudin, M. (2022). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasienpada Puskesmas Pembina Kecamatan Sebrang Ulu I Kota Palembang". Jurnal Saintifik. Vol 20 (2): hal. 71–78.

Simangunsong, R. E., & Rahayu, S. (2021). "Analysis of Community Satisfaction on Service Quality During the Covid 19 Pandemic at the Puskesmas Bintaro Village". United International Journal for Research & Technology, Vol 02(08): hal. 57–63.

Sugiyono. 2010. "Teknik Analisis Data Suatu Penelitian." Journal of Chemical Information and Modeling. Vol 01 (1): hal. 1689–1699

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Jakarta.kemenkumham.go.id. 4 Februari 2015. Mengukur Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan Publik. Diakses pada 2 Desember 2022, dari https://jakarta.kemenkumham.go.id/download/karya-ilmiah/pelayanan-publik/71-mengukur-kepuasan-masyarakat-dan-kualitas-pelayanan-publik/file

Sehatnegeriku.kemkes.go.id. 07 Februari 2018. Pekerja Perempuan Harus Sehat untuk Sehatkan Keluarga. Diakses pada 20 September 2022, dari https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180207/1924786/kemenkes-pekerja-perempuan-harus-sehat-sehatkan-keluarga/

Kesmas.kemkes.go.id. 15 Maret 2022. Masalah dan Tantangan Kesehatan Indonesia Saat Ini. Diakses pada 20 September 2022, dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/masalah-dan-tantangan-kesehatan-indonesia-saat-ini

Published
2023-02-18
Section
Articles
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 274