STRATEGI PELAYANAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA TELAGA SARANGAN KABUPATEN MAGETAN

  • Yustikasari Yustikasari S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Service Strategy, Tourism Services, Sarangan Lake

Abstract

Objek wisata Telaga Sarangan merupakan icon objek wisata yang ada di Kabupaten Magetan yang mampu menarik ratusan ribu wisatawan dalam setiap tahunnya. Namun sering waktu berjalan, terjadi penurunan atau ketidak stabilan jumlah wisatawan pada objek wisata Telaga Sarangan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan selaku pengelola objek wisata Telaga Sarangan, dinilai perlu menerapkan strategi pelayanan guna meningkatkan wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pelayanan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam meningkatkan wisatawan pada objek Wisata Telaga Sarangan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun fokus penelitian menggunakan lima rumusan strategi peningkatan pelayanan publik menurut Osborne dan Plastrik 1997. Berikut lima strategi dan hasil penelitian, 1) Core Strategy (Strategi Inti), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM) kepada pegawai yang berada pada objek wisata Telaga Sarangan, merawat fasilitas sarana dan prasarana pariwisata pada objek wisata Telaga Sarangan. 2) Consequences Strategy (Strategi Konsekuensi), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mempunyai aturan sesuai dalam memberikan pelayanan yaitu maklumat pelayanan. 3) Customer Strategy (Strategi Pelanggan) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan memberikan pelayanan bagi para wisatawan dengan menyediakan fasilitas pelayanan 4) Control Strategy (Strategi Pengawasan) Pengawasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan terhadap objek wisata Telaga Sarangan adalah dengan adanya arahan dan evaluasi dari pimpinan. 5) Culture Strategy (Strategi Budaya) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan memberikan pembinaan kepada anggota paguyuban dan pegawai agar sesuai dengan tupoksi.

 

The Sarangan Lake tourist attraction is an icon of a tourist attraction in Magetan Regency which is able to attract hundreds of thousands of tourists every year. But often as time goes by, there is a decrease or instability in the number of tourists at the Sarangan Lake tourist attraction. The Magetan Regency Tourism and Culture Office as the manager of the Sarangan Lake tourist attraction, is deemed necessary to implement a service strategy to increase tourists. The purpose of this study is to describe the service strategy of the Tourism and Culture Office in increasing tourists at the Sarangan Lake Tourism object. This research method is a qualitative descriptive method of collecting data using observation, interviews, and documentation techniques. The research focus uses five formulations of strategies to improve public services according to Osborne and Plastrik 1997. The following are the five strategies and the results of the research are 1) Core Strategy, the Tourism and Culture Office of Magetan Regency conducts human resource (HR) training for employees who located at the Sarangan Lake tourist attraction, maintains tourism facilities and infrastructure at the Sarangan Lake tourist attraction, and cooperates with the relevant stakeholders. 2) Consequences Strategy, the Tourism and Culture Office of Magetan Regency has appropriate rules in providing services, namely service announcements. 3) Customer Strategu, The Office of Tourism and Culture of Magetan Regency provides services for tourists by providing service facilities 4) Control Strategy, Supervision of the Tourism and Culture Office of Magetan Regency for the Telaga Sarangan tourist attraction is with directions and evaluations from leader. 5) Culture Strategy, Office of Tourism and Culture of Magetan Regency provides guidance to community members and employees so that they are in line with their main duties and functions.

References

Albasith, B. E. M., & Fanida, E. H. (2016). Strategi Peningkatan Pelayanan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Resor Kabupaten Sidoarjo. Kajian Manajemen Pelayanan, 01(01), 1–10.

Anggraeni, P. N., & Meirinawati. (2022). Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo Dalam Mengembangkan Wisata Budaya Candi Pari di Masa Pandemi Covid-19. Publika, 10(2), 653–644.

Dudin, A. L., Lee, M. H., & Dudin, S. E. (2016). OPTIMIZATION OF THE SERVICE STRATEGY IN A QUEUEING SYSTEM WITH ENERGY HARVESTING AND CUSTOMERS ’ IMPATIENCE. Int. J. Appl. Math. Comput. Sci, 26(2), 367–378. https://doi.org/10.1515/amcs-2016-0026

Fanida, E. H., & Meirinawati, M. (2022). Strategic Management of The Faculty of Social Sciences and Law, State University of Surabaya, in Improving The Quality of Education during The Covid-19 Pandemic. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2), 75–83. https://doi.org/10.26740/jpsi.v6n2.p75-83

Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue Maret). CV. Pustaka Ilmu.

Hasia, R. (2019). Strategi Pelayanan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dalam Meningkatkan Kunjunungan Wisatawan Di Objek Wisata Kota Batu (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Batu). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 136–143.

Kumala, M., Soelistyo, A., & Nuraini, I. (2017). Analisis Potensi Sektor Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Di Wilayah Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1, 474–481.

Makanyeza, C., Kwandayi, H., & Ikobe, B. (2013). STRATEGIES TO IMPROVE SERVICE DELIVERY. International Journal of Information Technology and Business Management, 15(1). https://www.researchgate.net/publication/253240244%0AStrategies

Miraldo, C., Paulo, S., & Monken, S. F. (2018). Innovation in health-care companies : a strategy to increase customer service productivity. Innovation & Management Review. https://doi.org/10.1108/INMR-04-2019-0041

Munusamy, J. (2011). An investigation of impact of service strategy on customers ’ satisfaction in the budget airline industry in Malaysia : a case study of air Asia AN INVESTIGATION OF IMPACT OF SERVICE STRATEGY ON CUSTOMER SATISFACTION IN THE BUDGET AIRLINE INDUSTRY IN MALA. Contemporary Marketing Review, 1(1), 1–13. https://www.researchgate.net/publication/281504909%0AAn

Oktariyanda, A. T., & Meirinawati. (2016). Pelayanan Publik. UNESA UNIVERSITY PRESS.

Osborne, D., & Plastrik, P. (1997). Banishing Bureaucracy: The Five Strategies For Reinventing Government. Addison.

Prasetya, A. Y., & Niswah, F. (2020). Strategi Peningkatan Pelayanan Pembayaran Surat Izin Mengemudi Melalui Program Cashless Payment System ( CPS ) di Kantor Satlantas Polres Gresik. Publika, 8(4), 1–10.

Prasodjo, T. (2017). Pengembangan Pariwisata Budaya dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Office, 3(1), 7. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3448

Renaldy Dhony, F., & Oktariyanda, A. T. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Administrasi Melalui Aplikasi Petung Dadi (Pelayanan Tunggal Dengan Sepenuh Hati) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek. Publika, 10(2), 499–514.

Riskika, A. Y. D., & Meirinawati. (2020). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Layanan Simpatik Di Kabupaten Kediri: Studi Kasus Izin Mendirikan Bangunan. Publika, 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/35607/31668

Themba, O. S., & Sjahruddin, H. (2019). Increasing customers ’ loyalty . The contribution of marketing strategy , service quality and customer satisfaction. Archives of Business Research, 7(2). https://doi.org/10.14738/abr.72.6114

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38685/uu-no-23-tahun-2014

Wulansari, N., & Meirinawati. (2016). Kualitas Pelayanan Pengiriman Pos Kilat Khusus di PT.Pos Indonesia Kebonrojo Surabaya. 10(2), 457–470.

Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2021). Pengaruh Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Bina Ekonomi, 23(2), 39–47. https://doi.org/10.26593/be.v23i2.3266.39-47

Published
2023-02-18
Section
Articles
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 266