INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH

  • Faiqoh Darojatul Ulya S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, Service Innovation, Public Service Mall

Abstract

Kualitas layanan yang diberikan oleh pemerintah masih dianggap buruk oleh sebagian besar masyarakat. Hal tersebut dikarenakan adanya pungutan liar dan prosedur yang berbelit-belit (Humas MenPAN-RB, 2020). Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas layanan yaitu dengan cara inovasi. Dan wujud inovasi Pemerintah Kabupaten Pati berupa Mal Pelayanan Publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Inovasi Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Pati Jawa Tengah serta untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Inovasi Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Pati Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk melihat hasil dan pembahasan. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  inovasi pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati memiliki kebaruan, efektif/memberikan kemudahan, inovasi yang dilakukan bermanfaat baik bagi masyarakat, swasta maupun pemerintah lainnya sehingga dapat direplikasi pada pemerintah lainnya dan inovasi yang dilakukan berkelanjutan terus menerus. Dengan faktor pendukung yaitu anggaran, fasilitas dan juga pemberian penghargaan. Sedangkan untuk faktor penghambat internet yang tidak stabil, website pusat yang terkadang down dan juga lokasi yang terbatas sehingga tidak banyak instansi yang bisa bergabung pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati.

 

The quality of services provided by the government is still considered poor by most people. This is due to illegal fees and complicated procedures (Humas MenPAN-RB, 2020). One effort that can be done to improve service quality is by way of innovation. And a form of innovation by the Pati Regency Government is the Public Service Mall. The purpose of this research is to describe Public Service Mall Innovation in Pati Regency, Central Java and to describe the supporting factors and inhibiting factors for Public Service Mall Innovation in Pati Regency, Central Java. The type of research used is descriptive qualitative using data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation to see the results and discussion. As for data analysis techniques using data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that public service innovations at the Pati District Public Service Mall have novelty, are effective/provide convenience, the innovations carried out are beneficial to both the community, the private sector and other governments so that they can be replicated in other governments and the innovations carried out are continuous. With supporting factors, namely budget, facilities and also awards. As for the inhibiting factors, the internet is unstable, the central website is sometimes down and the location is limited so that not many agencies can join the Pati Regency Public Service Mall.

References

Asmara, Anugerah Y. 2019. Inovasi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron Di Kabupaten Banyuwangi Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations). Vol. 3 (2): hal. 57-67.

Fikriansyah, Ilham. 2022. “Pengertian Inovasi: Ciri, Manfaat dan Cara Berinovasi”, https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6197336/pengertian-inovasi-ciri manfaat-dan-cara-berinovasi, diakses pada 3 Desember 2022.

Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI

KemenPAN-RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

KemenPAN-RB Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

MenPAN-RB, Humas. “Aceh Berbenah Perbaiki Informasi Pelayanan Publik”, https://www.menpan.go.id/site/berita- terkini/aceh-berbenah-perbaiki-informasi- pelayanan-publik, diakses pada 2 Februari 2023.

Moleong dan Lexy, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Oktariyanda, Trenda A dan Meirinawati. 2018. Pelayanan Publik. Surabaya: UNESA University Press

Oktariyanda, Trenda A dan Rahaju, T. 2018. Egovernment Strategy of Surabaya City Government Through e-rt / rw to Improve the Quality of Publik Service. Journal of Physics: Conference Series, 953 (1), 1–6.

PermenPAN-RB Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

PermenPAN-RB Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Republik Indonesia. 2009. Undang -Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Jakarta.

Riyanto, Andi. 2018. “Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi”. Jurnal Ecodemica. Vol. 2 (1)

Sanapiah, Azis. 2000. “Pelayanan yang Berorientasi Kepada Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Negara”. Vol . 6 (1)

Sangkala. 2013. Innovative Governance: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Capiya Publishing.

Sugiyono. 2013. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryadevi, Ramadhani Karina dan Fanida, Eva Hany. 2020. Inovasi Program Online Single Submission (OSS) dalam Layanan Izin Usaha di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Publika. Vol. 5 (1)

Published
2023-04-03
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 353