INOVASI LAYANAN DRIVE THRU DALAM PEMBAYARAN PAJAK DAERAH OLEH BADAN PELAYANAN PAJAK DAERAH KABUPATEN SIDOARJO (STUDI PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SIDOARJO)

  • Novi Rahma Sari S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Trenda Aktiva Oktariyanda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Public Service, Service Innovation, Tax Service, Drive Thru

Abstract

Praktik pelayanan publik dikatakan belum sepenuhnya berjalan sesuai yang diinginkan masyarakat, hal itu terlihat dari masih tingginya jumlah laporan pengaduan yang masuk. Untuk itu pemerintah perlu meningkatkan pelayanan publik dengan menciptakan sebuah inovasi. Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Layanan Drive Thru dalam pembayaran pajak daerah. Layanan Drive Thru bertujuan memudahkan wajib pajak dalam membayarkan pajaknya tanpa perlu turun dari kendaraan sehingga pelayanannya lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi layanan Drive Thru dalam pembayaran pajak daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan yaitu faktor keberhasilan inovasi menurut Bugge dkk. (2018) yang terdiri dari enam indikator yaitu tata kelola dan inovasi; sumber ide untuk inovasi; budaya inovasi; kemampuan dan alat; tujuan, hasil, pendorong, dan hambatan; mengumpulkan data inovasi untuk inovasi tunggal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, dari indikator tata kelola dan inovasi bahwa sistem regulasi yang digunakan sesuai dengan adanya layanan Drive Thru. Sumber ide inovasi diperoleh dari pimpinan internal organisasinya. Budaya inovasi selalu menunjukkan kemudahan dalam pembayaran pajak secara lebih efektif dan efisien. Kemampuan dan alat inovasi di dukung oleh petugas layanan yang profesional dan sarana yang memadai. Indikator tujuan dan hasil adalah memperluas tempat pembayaran dan memudahkan pembayaran pajak, jam layanan yang singkat dan kurang sosialisasi membuat Drive Thru kurang optimal. Sedangkan mengumpulkan data informasi tunggal dilakukan melalui sosialisasi dan kerjasama dengan Bank Jatim.

 

The practice of public services is said to have not fully run according to what the community wants, it can be seen from the high number of incoming complaint reports. For this reason, the government needs to improve public services by creating an innovation. The Local Tax Service Agency of Sidoarjo District launched its latest innovation, namely the Drive Thru Service in local tax payments. The Drive Thru Service aims to make it easier for taxpayers to pay their taxes without the need to get out of the vehicle so that service is more effective and efficient. This study aims to describe how the Drive Thru service innovation in local tax payments. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The theory used is the innovation success factors according to Bugge et al. (2018) which consists of six indicators, namely governance and innovation; sources of ideas for innovation; innovation culture; capabilities and tools; objective, outcome, drivers, and obstacles; collecting innovation data for a single innovation. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study show, from the governance and innovation indicators that the regulatory system used is in accordance with the existence of Drive Thru services. The source of innovation ideas is obtained from the internal leadership of the organization. The culture of innovation always shows convenience in paying taxes more effectively and efficiently. Innovation capabilities and tools are supported by professional service staff and adequate facilities. Indicators of goals and results are expanding payment points and making tax payments easier, short service hours and lack of socialization make Drive Thru less than optimal. While collecting single information data through socialization and collaboration with Bank Jatim.           

References

Anjani, W. Hanapiah, P. Rudiana. 2019. Inovasi Pelayanan Publik oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 189-203.

Atarwaman, R. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39-51.

Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo. https://pajakdaerah.sidoarjokab.go.id/web/#.

Febrianti & Fanida. 2019. Inovasi Pelayanan Pajak Daerah Melalui Aplikasi Sistem Informasi Dan Pelayanan Pajak Daerah Terpadu Berbasis Nik( Sipandaunik). Jurnal Publika, 10 (3), 739-752.

Hartomi, D., Padma, A., & Mutiarin, D. 2018. Analisis Best Practice Inovasi Pelayanan Publik (Studi pada Inovasi Pelayanan “Kumis MbahTejo ” di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta). 156–167.

Kominfo Kabupaten Sidoarjo. 2021. "Launching Pelayanan Drive Thru, BPPD Sidoarjo Permudah Pembayaran Pajak di Tengah Pandemi Covid-19". Sidoarjokab.go.id. https://www.sidoarjokab.go.id/launching-pelayanan-drive-thru-bppd-sidoarjo-permudah-pembayaran-pajak-di-tengah-pandemi-covid-19 (diakses 4 Agustus 2022).

Kurhayadi. 2022. Innovation and Development in Improving Public Service During the New Normal Era in Indonesia. Jounal of Governance, 7(2), 491-499.

Oktariyanda, T dan Meirinawati. 2018. Pelayanan Publik. Surabaya: Unesa University Press.

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. 2018. E-government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012161.

Putri & Zulkarnaini. 2022. Inovasi Pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Hukum Politik dan Ilmu Sosial, 1(4), 88-96.

Rostikawati, D. 2021. Kepemimpinan Di Era Revolusi Industri 5.0. Cipta Media Nusantara.

Scott, W. (2014). Institution and Organizations: Idea, Interest, and Identities. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Setiarini & Lutfi. 2020. Adopsi Inovasi Layanan Antar Jemput Ijin Bermotor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta Global Competitiveness Report di tahun Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Jurnal Ilmu Administrasi, 8(2), 136–144.

Sofi, Irfan. 2022. Analisis Efektivitas, Kontribusi dan Potensi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Defis, 11 (11).

Sonali & Wardani. 2021. Inovasi Pelayanan Perizinan Bangunan Gedung 3.0 di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 05(2), 52–60.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

United, N. (2015). Innovative Public Service Delivery: Learning from Best Practices. Report of the Ad Hoc Expert Group Meeting Innovating Public Sevice Delivery.

Wiguna, N. Ramdan, A. Norisanti, N. 2022. Analisis Inovasi Pelayanan Drive Thru dan Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1505-1509.

Published
2023-04-11
Section
Articles
Abstract Views: 233
PDF Downloads: 216