STANDAR PELAYANAN TANGGAP DARURAT BENCANA MELALUI COMMAND CENTER 112 DI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA SURABAYA

Penulis

  • Olymvya Prisca Ferynda S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Eva Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v11n2.p2035-2050

Kata Kunci:

Keywords: Public Service, Service Standards, Emergency Handling, 112 Command Center Services, Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Penanganan Darurat, Pelayanan Command Center 112

Abstrak

Adanya berbagai kejadian darurat yang dialami oleh masyarakat, sehingga dalam hal ini diperlukan penanganan darurat untuk meminimalisir adanya korban jiwa dan kerusakan fasilitas yang fatal. Untuk mendapatkan penanganan darurat, masyarakat akan menghubungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan jenis kejadian darurat yang ada. Oleh sebab itu, dibentuk Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 ialah layanan yang dapat digunakan jika terjadi kejadian darurat dengan menekan nomor 112. Kemudian, akan menghubungkan penelpon ke Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) di Kabupaten/Kota. Demikian juga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Surabaya membentuk pelayanan Command Center 112, yang telah diluncurkan pada 26 Juli 2016, sebagai akibat dari banyaknya kejadian darurat yang sebelumnya dihadapi dan petugas di OPD terkait, tidak dapat merespons dengan cepat. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan standar pelayanan tanggap darurat bencana yang disediakan oleh Command Center 112 di BPBD Kota Surabaya. Penelitian kualitatif deskriptif ialah metodologi yang digunakan. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data melalui berbagai metode, termasuk wawancara, observasi lapangan, dokumentasi dan studi literatur. Selanjutnya, reduksi data, tampilan data dan verifikasi data juga digunakan di dalam penelitian ini bersamaan dengan kesimpulannya. Di dalam penelitian ini triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu digabungkan sebagai metodologi validitas data. Penelitian ini memberikan hasil yakni, dari sisi kebutuhan pelayanan tanggap darurat, Command Center 112 di BPBD Kota Surabaya telah berjalan cukup baik.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan, Penanganan Darurat, Pelayanan Command Center 112

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-05-02

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 283 , PDF Downloads: 608