EFEKTIVITAS SISTEM ELEKTRONIK TERPADU DAERAH ONLINE (SEDUDO) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGANJUK

  • Binthi Nur A'ini S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Hany Fanida S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: effectiveness, public service, electronic system

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, pemerintah menerapkan e-government yang diharapkan mampu untuk menyediakan pelayanan publik yang lebih baik. Tentunya, pemerintah di berbagai daerah Indonesia turut serta dalam penyelenggaraannya, seperti Pemerintah Kabupaten Nganjuk dengan dibuatnya Sistem Elektronik Terpadu Daerah Online (Sedudo). Fungsi Sedudo untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen administrasi kependudukan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan efektivitas Sistem Elektronik Terpadu Daerah Online (Sedudo) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pengukuran efektivitas pelayanan online menurut Xuetao Guo dan Jie Lu, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas kesediaan web dan kepuasan pengguna. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 dari jumlah pengguna Sedudo yang berjumlah 150.669. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Sistem Elektronik Terpadu Daerah Online (Sedudo) di Kabupaten Nganjuk dapat dinyatakan efektif. Perhitungan akhir dari variabel efektivitas berdasarkan empat indikator yang digunakan adalah sebesar 75,7%. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain perlu memperbaiki sistem, meningkatkan kecepatan respon, memberikan kepastian mengenai informasi jangka waktu dan meningkatkan kelengkapan pelayanan.

Kata Kunci: efektivitas, pelayanan publik, sistem elektronik

 

Along with the development of technology, the government implements e-government which is expected to be able to provide better public services. Of course, governments in various regions of Indonesia participate in its implementation, such as the Nganjuk Regency Government with the creation of the Online Regional Integrated Electronic System (Sedudo). The function of Sedudo is to facilitate the community in making population administration documents. Thus, this study aims to measure and describe the effectiveness of the Online Regional Integrated Electronic System (Sedudo) at the Nganjuk Regency Population and Civil Registration Office. This study uses measurements of the effectiveness of online services according to Xuetao Guo and Jie Lu, namely system quality, information quality, web availability quality and user satisfaction. The method used is quantitative descriptive. The sampling technique used is the probability sampling technique. The sample was taken as many as 100 from the number of Sedudo users totaling 150,669. Data collection techniques in the form of questionnaires, documentation and literature studies. Data analysis techniques use quantitative data analysis and descriptive analysis. The results showed that the effectiveness of the Online Regional Integrated Electronic System (Sedudo) in Nganjuk Regency could be declared effective. The final calculation of the effectiveness variable based on the four indicators used is 75.7%. Suggestions that can be given by researchers include the need to improve the system, increase the speed of response, provide certainty about the information period and improve the completeness of services.

Kata kunci: efektivitas, pelayanan publik, sistem elektronik

References

Alfiansyah, Gamasiano, Andar Sifa’il Fajeri, Maya Weka Santi, and Selvia Juwita Swari. 2020. “Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.” Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”) 11(3):258. doi: 10.33846/sf11307.

Alhasanah, Jihan Ulya. 2014. “Pangaruh Ke Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap KeputusanPembelian Oonline ( Survei Pada Konsumen Www.Getscoop.Com).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 15(2):1–10.

Arya Bagus Saputro, Fachri Adnan dan Zikri Alhadi. 2017. “PELAKSANAAN LAYANAN E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS AMBACANG KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG.” Journal of Public Sector Innovations 2:33–38.

Faja Ripanti, Eva, and Jl H. Hadari Nawawi. 2020. “JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) Pengembangan Model Evaluasi Pada Integrated Information Systems Di Universitas: Systematic Literature Review.” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika 6(2):224–35.

Fanida, Eva Hany, and Galih Wahyu Pradana. 2018. Electronic Government. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

Kartika, R. 2020. “Efektivitas Pelayanan Administrasi 30 Detik Di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.” Publika (15).

LAPOR! - Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat, (Online), (https://www.lapor.go.id/, diakses tanggal 27 Juni 2022).

Mahardita, Hayuning Rizki. 2017. “Efektivitas Dan Efisiensi Kerja Aparatur Sipil Negara Di Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur.” EJournal Ilmu Pemerintahan 5(1):133–44.

Mahmudah, Siti Muslichatul, and Muthia Rahayu. 2020. “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan.” Jurnal Komunikasi Nusantara 2(1):1–9. doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.

Mingkid, Gary Jonathan, Daud Liando, and Johny Lengkong. 2017. “Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara).” Jurnal Eksekutif 2(2):2–11.

Nugraha, Joko Tri. 2018. “E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman).” Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media 2(1):32–42.

Nurlifa, Alfian, Sri Kusumadewi, and Kariyam. 2014. “Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter.” Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014 333–40.

Nurmuchtar, Hafiz. 2019. “Pengaruh Keamanan, Fitur Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab Bike (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Feb Umsu).” Jurnal Ilmiah Universitas Sumatera Utara 1–66.

Oktariyanda, Trenda Aktiva, and Meirinawati. 2018. Pelayanan Publik. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS.

Prawira, S. A., and D. Pranitasari. 2020. “Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta.” Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia 1–15.

Pusat Informasi Pemkab Nganjuk, Disdukcapil Nganjuk Siapkan Layanan Online Terintegritas, (Online), (https://www.nganjukkab.go.id/home/detail-kabar/disdukcapil-nganjuk-siapkan-layanan-online-terintegrasi, diakses tanggal 27 Juni 2022).

Sasmita Susanto, Eri, Yana Karisma, and Susi Isnaeni. 2019. “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Jilbab Rjs Kabupaten Sumbawa Berbasis Web.” Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains 1(2):97–103. doi: 10.51401/jinteks.v1i2.414.

Savinatunazah V. 2019. “Efektivitas Pelayanan Perizinan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis.” Jurnal IIlmiah Ilmu Adminisitrasi Negara 6(2):70–77.

Sinaga, Felix Ezekiel, Rd Ahmad Buchori, and Imanudin Kudus. 2021. “Efektivitas Pelayanan Bursa Kerja Online Melalui Aplikasi Bimma Di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung.” (JANE) Jurnal Administrasi Negara, 12(2):51.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi Ke-2. edited by Sutopo. Bandung: ALFABETA.

Surya.co.id, Ratusan Desa Di Nganjuk Sudah Online, Warga Bisa Mengurus Adminduk Dari Rumah, (Online),(https://surabaya.tribunnews.com/2021/08/08/ratusan-desa-di-nganjuk-sudah-online-warga-bisa-mengurus-adminduk-dari-rumah), diakses tanggal 25 Mei 2022.

Tribun Jatim, Dispendukcapil Nganjuk Terus Sempurnakan Aplikasi Sedudo, (Online),(https://jatim.tribunnews.com/2022/03/03/dispendukcapil-nganjuk-terus-sempurnakan-aplikasi-sedudo, diakses tanggal 27 Juni 2022).

Wan, Iwan Iwan. 2019. “Umpan Balik Sistem Pakar Sebagai Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk.” BMAJ: Business Management Analysis Journal 2(1):52–67. doi: 10.24176/bmaj.v2i1.3211.

Warsita, Bambang. 2011. “Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran.” Jurnal Teknodik 15(1):84–96.

Peraturan perundang-undangan:

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Nomor 7(2):44–68.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Nomor 65(879):2004–6.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Published
2023-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 184