PERAN DINAS PENDIDIKAN KOTA PROBOLINGGO DALAM PELAKSANAAN HYBRID LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Tarisa Novia Putri S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Farid Ma'ruf S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Education authorities, Hybrid Learning, Covid - 19

Abstract

The decline in the number of cases of the Covid-19 virus in Indonesia has had an impact on readjustment in various aspects that have affected not only the world of economy, the world of education has also had a very significant impact. The abolition of the Large-Scale Restriction Policy has resulted in the world of education changing online learning methods back to face-to-face learning. The purpose of this study is to describe and analyze the role of the Probolinggo city government, especially the Education Office in managing education with the hybrid learning method during the covid-19 pandemic, perceptions of education policies, problems faced, and strategies in overcoming problems to achieve the expected decentralization of education hoped that through five indicators of role the education office, namely services, facilitators, assistant, partners and funders. Using the theory of public administration related to the role of government. The method used in this study is descriptive with a qualitative approach. Collecting data by interview and documentation, the source of the information is related parties, especially Education Office Officials as policy makers. The results of this study show the role of the education office in making the hybrid learning policy run smoothly in every educational unit during the Covid 19 pandemic The Probolinggo city education office is experiencing several obstacles to the sustainability of the hybrid policy, namely that parents are still worried about this pandemic and the distribution of infrastructure related to online media that students use is limited.

Penurunan angka kasus virus covid – 19  di Indonesia berdampak pada adaptasi kembali dalam berbagai aspek yang terdampak tidak hanya pada dunia ekonomi,  dunia pendidikan pun berdampak dengan sangat signifikan. Penghapusan Kebijakan Pembatasan Skala Besar mengakibatkan dunia pendidikan melakukan perubahan metode pembelajaran daring kembali pada pembelajaran secara tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana peran  pemerintah kota Probolinggo khususnya Dinas Pendidikan dalam mengelola pendidikan dengan metode hybrid learning, persepsi terhadap kebijakan pendidikan, masalah yang dihadapi, serta strategi dalam mengatasi masalah untuk mencapai desentralisasi pendidikan yang diharapkan melalui lima indikator peran dinas pendidikan yaitu pelayanan, fasilitator, pendamping, mitra, dan penyandang dana. Menggunakan teori administrasi publik yang berkaitan dengan peran pemerintah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara dan dokumenstasi,sumber informasinya adalah pihak – pihak yang terkait, terutama Pejabat Dinas Pendidikan sebagai pencanang kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran dinas pendidikan dalam mengupayakan kebijakan hybrid learning berjalan lancar di setiap satuan pendidikan selama pandemi covid 19 masih berlangsung. Dinas pendidikan kota Probolinggo mengalami beberapa kendala terhadap keberlangsungan kebijakan hybrid yaitu masih ditemukan orang tua yang khawatir terkait pandemi ini serta pemerataan sarana prasarana terkait media online yang digunakan siswa terbatas.

References

Aldania, A., & Niswah, F. (2021). Strategi Kompetitif melalui Program Pahlawan Ekonomi dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi pada Pemerintah Kota Surabaya ). Publika, 19, 137–148.

Andini, I., Safitri, N. A. N., & Hendri, H. (2022). Analisis Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Indonesia. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 196–204. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/2866

BPS Kota Probolinggo. (2022). (Metode Baru) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Probolinggo 2020-2022. Retrieved January 10, 2023, from Probolinggokota.bps website:https://probolinggokota.bps.go.id/indicator/26/38/1/indeks-pembangunan-manusia-ipm-metode-baru-kota-probolinggo.html

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasi”(Pertama; C. Wijaya & Amiruddin, Eds.). Medan: LPPPI.

Hidayat, S. N. (2019). Hybird Model Nased Learning in Welcome Era Industrial Revolution 4.0. Innovation of Social of Social Studies Journal, 1, 1–9. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/iis/article/view/1262

Makmur, M. A. (2021). Persepsi Guru Man 2 Kota Probolinggo Terhadap Pembelajaran Daring Melalui Zoom Cloud Meeting. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 83–89.

Mufidayanti, S. F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Hybrid Learning dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah A-Ma’arif 02 Singosari Malang (Vol. 33).

Nengrum, T. A., Petta, N., Nur, M., Nengrum, T. A., Petta, N., & Nur, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo Achieving Basic Competencies of The Arabic Language Curriculum In Madrasah Ibtidaiyah 2 Gorontalo . 30(1), 1–12.

Nurmukhametov, N., Temirova, A., & Bekzhanova, T. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 182, 15–19. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.729

Pemerintah Daerah. (2019). Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 189 Tahun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas, dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/166963/perwali-kota-probolinggo-no-20-tahun-2020#:~:text=Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 189,Probolinggo Tahun 2019 Nomor 189).

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Pemerintah Indonesia. (2014). Undang Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Retrieved from https://greenpublisher.id/blog/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-undang-undang/

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan(25th ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Rahmadani, A., Kurjono, & Mulyadi, H. (2022). Penerapan Blended Learning terhadap Persepsi dan Kepuasan Siswa Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Konsep dan Kebijakan Perdagangan Internasional). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, V(ii), 200–213.

Ramafrizal, Y. (2021). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume V Nomor 2, Juli 2021. V(ii), 99–106.

Ridwan, I., & Sumirat, I. R. (2021). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah. Jawara Jurnal Pendidikan, 7 (1). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/indx.php/JAWARA/article/view/11611

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, (1), 12.

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.

Sulaiman, S. (2015). Faktor-faktor Determinan dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17.

Temon Astawa, I. N. (2017). Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200
Published
2023-07-14
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 84