IMPLEMENTASI PROGRAM INOVASI APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION (KNG) DI KELURAHAN WONOKROMO KOTA SURABAYA

Authors

  • Sopyan Manshuri S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Tjitjik Rahaju S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/publika.v11n4.p2491-2504

Keywords:

Implementasi, Klampid New Generation, Wonokromo, Kependudukan

Abstract

Innovative services are currently being discussed in various circles, especially in the field of government. With the rapid development of technology today, many application-based technological innovations have emerged. In the realm of governance, the government has launched numerous applications aimed at creating effective public services. This is due to societal progress and the increasing population, which necessitates public services that can accommodate everyone. Wonokromo Subdistrict is one of the subdistricts that has implemented the application-based innovation called Klampid New Generation in public service matters. Therefore, this study aims to analyze the implementation of the Klampid New Generation application-based innovation in Wonokromo Subdistrict. This research utilizes a descriptive method with a qualitative approach. The data collection techniques employed in this study include interviews, observations, and documentation. The data is then analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research focuses on four implementation indicators proposed by Edward III: communication, resources, disposition, and organizational structure. The results of the study indicate that the program implementation is progressing well according to the implementation indicators. This includes effective communication, adequate resources, and a wellstructured bureaucracy. However, in terms of the disposition indicator, specifically the intensive variable, it has not been implemented effectively by the government.

Pelayanan yang inovatif kini tengah menjadi bahan diskusi di berbagai kalangan, utamanya di bidang pemerintahan. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak muncul inovasi teknologi berbasis aplikasi. Dalam urusan pemerintahan, sudah banyak aplikasiaplikasi besutan pemerintah yang diluncurkan guna menciptakan pelayanan publik yang efektif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan masyarakat serta semakin bertambahnya jumlah penduduk sehingga diperlukan pelayanan publik yang dapat mewadahi keseluruhannya. Kelurahan Wonokromo adalah salah satu kelurahan yang menerapkan inovasi berbasis aplikasi Klampid New Generation dalam urusan pelayanan publik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi inovasi berbasis aplikasi Klampid New Generation di Kelurahan Wonokromo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada empat indikator implementasi oleh Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur organisasi. Hasil penilitian menunjukkan implementasi program berjalan dengan baik sesuai dengan indikator implementasi. Diantaranya komunikasi berjalan dengan baik, sumber daya yang memadai, dan struktur birokrasi yang bijaksana. Namun pada indikator disposisi yaitu variabel intensif, belum diterapkan dengan baik oleh pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burgoon, Michael. (1978). Human Communication. H. Revision Of Approaching Speech Communication. New York: Holt.

Craig, Robert T., Muller, Heidi L. 2007. Theorizing Communication: Reading Accross Traditions. London, Thousand Oaks, California, New Delhi: SAGE Publications, Inc.

Databoks.katadata.co.id. (2021, 20 Desember). Persyaratan Berbelit, Keluhan Utama Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Diakses pada 13 Juli 2023,darihttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/20/persyaratan-berbelit-keluhan-utama-masyarakat-terhadap-pelayanan-publik

Edward III. C George. 1980. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Press.

Febrianti, O. D., & Prabawati, I. (2023). Implementasi Kebijakan Sedudo (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online) Di Kantor Desa Sekarputih, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Publika, 1435-1446.

Furqoni, M. (2014). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Publika, 2(3).

Hasil Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik No.02/01/3578/Th.IV, 21 Januari 2021

Kincaid, Lawrence D dan Schramm Wilbur.(2006). Asas asas Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: LP3ES

Menpan.go.id. (2022, 18 April). 3.478 Proposal Inovasi Pelayanan Publik Terdaftar Pada KIPP 2022. Diakses pada 12 Juli 2023, dari https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/3-478-proposal-inovasi-pelayanan-publik-terdaftar-pada-kipp-2022

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

PERWALI Kota Surabaya No. 139 tahun 2022 tentang Daftar Inovasi Daerah

Prabawati, I., Pradana, G., Febriyanti, E., & Haryonno, H. (2022). Evaluation of the Limited and Gradual Face-to-Face Learning Activity Post the COVID-19 Pandemic at the Faculty of Social Sciences and Law, State University of Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 7(1), 10-19.

Putri, J. P. A. (2022). Implementasi E-Klampid di Kelurahan Ngagel Rejo dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Ripley, Randall B dan Grace A. Franklin. 1986. Policy Implementation and Bureaucracy, Chicago: The Dorsey Press

Sidney Mara S (2007). Policy Formulation: Design and Tools dalam Frischer Frank, et al (ed) (2007). Handbook of Public Policy, Analysis Theory, Politics, and Methods. CRC Press. Boca Raton, London, New York

Sugiyanto, P.D (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan RAD. Bandung: Alfabeta.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224.

Undang- Undang Republik Indonesia no. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Widodo, Joko.2007.Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 351 , PDF Downloads: 385