IMPLEMENTASI PROGRAM GAPURA DELTA PELAYANAN KEPENDUDUKAN VIA ONLINE PLAVON DI DESA GRABAGAN KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Andika Daniswara S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementasi, Program Gapura Delta, Pelayanan Kependudukan Via Online (PLAVON)

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu kegiatan ysng dilakukan oleh organisasi sektor publik dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat. Untuk menindak lanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berniat untuk meningkatkan pelayanan khususnya pada bidang administrasi kependudukan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo membuat sebuah program yang bernama Gapura Delta Pelayanan Kependudukan Via Online (PLAVON). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi program gapura delta pelayanan kependudukan via online (PLAVON) di desa grabagan kecamatan tulangan kabupaten sidoarjo. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Teori implementasi Van Meter dan Van Horn menggunakan indikator standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi sosial, politik, dan ekonomi, dan disposisi implementor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program gapura delta pelayanan kependudukan via online (PLAVON) di Desa Grabagan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo telah berjalan dengan optimal. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat sedikit hambatan yakni pada aspek sumber daya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Desa Grabagan sudah tidak dalam kondisi yang prima, dan juga komunikasi kepada sasaran kebijakan masih belum berjalan dengan optimal. Kemudian, juga terdapat sedikit hambatan pada aspek karakteristik agen pelaksana, yaitu belum optimalnya kemampuan petugas gapura delta Desa Grabagan dalam memanajemen pekerjaan.

Public service is one of the activities carried out by public sector organizations in order to increase public satisfaction. To follow up on this, the Sidoarjo Regency Government intends to improve services, especially in the field of population administration. Therefore, the Sidoarjo Regency Government through the Sidoarjo Regency Population and Civil Registration Office created a program called Gapura Delta Population Service Via Online (PLAVON). This research was conducted to determine the implementation of the delta gate program for online population services (PLAVON) in Grabagan Village, Reinforcement District, Sidoarjo Regency. In conducting this research using a qualitative approach to the type of descriptive research. The theory of implementation by Van Meter and Van Horn uses standard indicators and policy objectives, resources, inter-organizational communication, characteristics of implementing agents, social, political and economic conditions, and implementor dispositions. The results showed that the implementation of the online population service delta gate program (PLAVON) in Grabagan Village, Tulangan District, Sidoarjo Regency has been running optimally. However, in its implementation there were a few obstacles, namely in the aspect of the facilities and infrastructure resources owned by Grabagan Village that were not in prime condition, and also that communication to policy targets was still not running optimally. Then, there are also a few obstacles in the aspect of the characteristics of the implementing agent, namely the ability of the Grabagan Village delta gate officer is not yet optimal in managing work.

References

Agus, Erwan Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media

Agustinus, Leo. (2006). Politik dan Kebijakan publik. Bandung: AIPI.

Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta

Asna, A. (2010). Implementasi Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2Kp) Di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 1(1), 54–65.

Atik,&Ratminto. (2013). Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembanganmodel konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carl Van Horn, &Donal Van Meter.(1975), Model-model dalam Kebijakan Implementasi, yongyakarta

Dedy Setyawan, Zhafrul, & Prabawati, I. (2021). Implementasi Program Berbasis Inovasi Pelayanan Kepegawaian Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (Studi Pada Aplikasi Layanan Pensiun Pegawai di Badan Kepegawaian Provinsi Jawa Timur.Publika,159–170.

Djamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1472–1486. https://adoc.pub/inovasi-pelayanan-publik-di-kecamatan-sungai-kunjang-kota-sa.html%0Ahttps://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1373

Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7

Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23.

Kurniawan, W. (2020). Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Dengan Menggunakan Model Donald Van Metter Dan Carl Van Horn. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(4), 67–78. https://doi.org/10.24036/jmiap.v1i4.95

Mahmudi.(2007). Manajemen Kinerja Sektorpublik.Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Mellinda Clarisa, Z., & Megawati. (2022). Implementasi Program Jadek (Jauh Jadi dekat) Dalam Pembuatan KTP-el di Desa Mandirejo Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban Zana Malinda Clarissa SuciMegawati. Publika, 10(135–148), 14.

Parapat, J. D., & Kurniawan,B. (2021). Implementasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Sebagai Upaya Percepatan Pendaftaran Tanah Di Provinsi Jawa Timur. Publika, 9(4), 539–554. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/40542Sedarmayanti, 2004, Good Government (Pemerintahan yang baik);Bandung: CV. Mandar Maju.

Shofiyyahtusya’diah, M., & Rahaju, T. (2022). Implementasi Program Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Perempuan (Sekoper) Di Desa Kramatinggil Kabupaten Gresik. Publika, 711–724. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/45959%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/45959/38882

Wijayanti, P., & Jannah, L. M. (2019). Implementasi Kebijakan Manfaat Jaminan Hari Tua di Indonesia. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 20. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p20-29

Setyawan, & Prabawati, I. (2021).Implementasi Program Berbasis Inovasi .............. IMPLEMENTASI PROGRAM BERBASIS INOVASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN SISTEM ( STUDI PADA APLIKASI LAYANAN PENSIUN PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR ) Zafrul Dedy Setyawan Indah Prabawati. 159–170.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Kependudukan Secara Daring.

SK Bupati Sidoarjo No. 188/281/438.1.1.3/2021Tentang Petugas Registrasi Kependudukan Tingkat Desa/Kelurahan di Kabupaten Sidoarjo.UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.UU No. 28 Tahun 1999.

Published
2023-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 76