INOVASI APLIKASI SISTEM INFORMASI PENATAUSAHAAN PERBENDAHARAAN ONLINE (SIPPOL) DALAM PENINGKATAN KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DI INSPEKTORAT PROVINSI JAWA TIMUR

  • Anis Wahyu Rizqi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, SIPPOL

Abstract

Setiap akhir bulan diadakan penginputan data untuk pelaporan hasil keuangan yang dilakukan oleh pejabat daerah di seluruh Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut membuat server yang berada di Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah (BPKD) berkendala dikarenakan banyaknya pengguna pejabat daerah di seluruh Provinsi Jawa Timur yang menggunakan secara bersamaan, membuat kinerja semakin melambat dan mengaharuskan bekerja sampai diluar jam kerja untuk menyelesaikan laporan keuangan pada akhir tahun tersebut. Sebagaimana masalah yang dirasakan oleh pegawai penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi aplikasi Sistem Informasi Penatausahaan Perbendaharaan Online (SIPPOL) dan dampaknya dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di Inspektorat Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data yang digunakan penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait, serta analisis dokumen dan data yang terkait dengan implementasi SIPPOL. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi dan membandingkan perbedaan dalam proses pengelolaan keuangan sebelum dan setelah adopsi SIPPOL. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi SIPPOL memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di Inspektorat Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi SIPPOL, seperti tantangan dalam penggunaan awal aplikasi, kebutuhan akan dukungan teknis yang lebih baik, dan perubahan budaya organisasi terkait penggunaan teknologi baru. Berdasarkan temuan, penelitian ini memberikan beberapa saran bagi Inspektorat Provinsi Jawa Timur, seperti meningkatkan pelatihan dan sosialisasi tentang PPOL, memperbaiki dukungan teknis, melakukan evaluasi dan pemantauan berkala, mengembangkan fitur dan fungsionalitas aplikasi, mempertimbangkan integrasi dengan sistem lain, serta meningkatkan keamanan data.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, SIPPOL

 

At the end of each month, data entry is held for reporting financial results carried out by regional officials throughout East Java Province. This makes the server located at the Regional Financial and Asset Management Agency (BPKD) constrained due to the large number of users of regional officials throughout East Java Province who use it simultaneously, making performance even slower and requiring work until outside working hours to complete the financial report at the end of the year. As a problem felt by employees, this study aims to analyze the innovation of the Online Treasury Administration Information System (SIPPOL) application and its impact in improving financial management performance at the Inspectorate of East Java Province. This research was conducted using a qualitative approach and case study method. The data used in this study were obtained through in-depth interviews with relevant parties, as well as analysis of documents and data related to the implementation of SIPPOL. Data analysis was conducted by identifying and comparing differences in the financial management process before and after the adoption of SIPPOL. This study shows that the implementation of SIPPOL has had a significant impact in improving financial management performance at the East Java Provincial Inspectorate. The study also identified some of the obstacles faced in the implementation of SIPPOL, such as challenges in the initial use of the application, the need for technical support, and the need for technical support.

Keywords: Public Service, Service Innovation, SIPPOL

References

Akbar & Usman. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Amabile, R. (2009). Making Innovation Work. Upper Saddel River. New jersey. Pearson Education Inc.

Dhewanto, Wawan dkk. (2014). Manajemen Inovasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Ibrahim, Afriansyah (2006). Administrasi Keuangan. https://osf.io/eyphz/download/?format=pdf

Kurniawati, Dyah. 2009. Studi Tentang Sikap Terhadap merek dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putri, R. I. E., & Fanida, E. H. (2021). Inovasi Program Si Nduk (Sistem Informasi Online Dokumen Kependudukan) Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Publika, 587–600. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p587-600

Rahman, Abdul. (2011). Administrasi Pemerintahan dalam Pembangunan. Jakarta: CV Haji Mas Agung.

Saiman. 2002. Manajemen Sekretaris. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sa'ud, udin Saefudin. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang P. (2003). Teori & praktek kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Dasar Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. Jakarta: STIA LAN Press. Urable, Hork, 2011. Addption, Innovation and Development. Journal SMES of Management Information System, 6,2.

Suyanto, (2017). Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika.

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 57 Tahun 2011.

Published
2023-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 91