IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI SAYANG (SISTEM LAYANAN PENDAMPINGAN DAN PERLINDUNGAN) WARGA DI KELURAHAN TEMBOK DUKUH KECAMATAN BUBUTAN KOTA SURABAYA

  • Andre Saputra Budiono S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Suci Megawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementasi Kebijakan, e-Government, Sayang Warga

Abstract

Kemiskinan, stunting, dan kematian ibu hamil menjadi persoalan serius bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya hingga melahirkan sebuah solusi berupa Aplikasi Sayang Warga (Sistem Layanan Pendampingan dan Perlindungan Warga) yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial, kesehatan, dan hingga pengembangan sumber daya manusia serta memberikan intervensi pelayanan publik yang cepat dan tepat sasaran. Namun, dalam implementasinya aplikasi ini ditemui beberapa kendala, seperti masih adanya masyarakat yang enggan berpartisipasi dalam proses pendataan hingga sumber daya di lapangan yang terbatas cukup menghambat. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis implementasi kebijakan Program Aplikasi Sayang Warga di Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan purposive sampling dalam pemilihan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Sayang Warga yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Surabaya berjalan dengan baik dan memudahkan pelaksanaan pelayanan publik di Surabaya menjadi lebih cepat. Namun ditemukan beberapa kendala seperti sistem digitalisasi yang masih belum optimal akibat adanya pelayanan administrasi yang dilakukan secara manual, sumber daya di bidang IT yang kurang kompeten, fasilitas sarana dan prasarana penunjang pekerjaan yang kurang memadai, hingga rendahnya kemampuan pelaksana dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Pemerintah Kota Surabaya dapat memberikan sosialisasi secara masif kepada seluruh pelaksana, menambahkan fasilitas sarana dan prasarana penunjang kerja, memberikan pelatihan teknis penggunaan aplikasi, membuatkan buku saku pedoman kerja, dan insentif yang memadai.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, e-Government, Sayang Warga

 

Poverty, stunting, and maternal mortality have become serious problems for the Surabaya City Government, leading to a solution in the form of the Sayang Warga Application (Citizen Assistance and Protection Service System), which aims to make it easier to identify various social welfare, health problem, human resources development, and provide immediate and targeted public service interventions. However, the implementation of this application encountered several obstacles, such as the community's reluctance to participate in the data collection process and limited resources in the field. This research seeks to analyze the policy implementation of the Sayang Warga Application Program in Tembok Dukuh Surabaya Village. The method used in this research is descriptive qualitative, with data collection techniques through observation and interviews with purposive sampling in the selection of informants. The results showed that the Sayang Warga Application launched by the Surabaya City Government is running well and facilitates the implementation of public services in Surabaya to be faster. However, there are several obstacles, such as the digitalization system that is still not optimal due to the existence of administrative services that are carried out manually, resources in the IT field that are less competent, inadequate facilities and infrastructure to support work, and the low ability of implementers to convey information to the public. Surabaya City Government can provide regular socialization to all implementers, add facilities and infrastructure to support work, provide technical training on the use of applications, make a handbook of work guidelines, and provide adequate incentives.

Keywords: Policy Implementation, e-Government, Sayang Warga

References

Adnan, M. F. (2013). Reformasi Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik. Humanus, 12(2), 196–203. https://doi.org/10.24036/jh.v12i2.4038

Agustino, L. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Agustino, L. (2020). Kerjasama Antar Daerah dalam Hal Pengelolaan Pelayanan Publik dan Kaitannya dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Kasus Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam Pengelolaan Terminal Purabaya). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 38–47. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32599

Akib, H. (2010). Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1.

Ardiansyah, F., & Rosyani, P. (2021). Sistem Informasi Pendataan Masyarakat Kurang Mampu Berbasis Web di Kelurahan Cisalak. Journal of Information System Research (JOSH), 3(1), 24–32.

https://doi.org/10.47065/josh.v3i1.1095

Artitantia, W., Putera, R. E., & Yoserizal, Y. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Nagari Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2), 68–74. https://doi.org/10.26740/jpsi.v6n2.p68-74

Aulia, D. D. (2022). Pemkot Surabaya Identifikasi Masalah dengan Aplikasi Sayang Warga. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d- 5928969/pemkot-surabaya-identifikasi- masalah-dengan-aplikasi-sayang-warga

Azizah, E. T. P., & Meirinawati. (2022). Analisis Penerapan Standar Pelayanan Publik Pembuatan KTP-el ( Kartu Tanda Penduduk Elektronik ) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dispenduk Capil ) Kota Surabaya. Publika, 11(1), 1461–1474.

Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (4th ed.). Gadjah Mada University Press.

Edward III, G. C. (1980). Implemennting Public Policy (Washington). Congressional Quarterly Press.

Eprilianto, D. F., Lestari, Y., Megawati, S., & Oktariyanda, T. A. (2021). Pendampingan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Digital Sebagai Upaya Adaptasi Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Era New Normal. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 767–776. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2587

Fadhilah, A. N., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (OSS) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Publika, 8(3), 911–924. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.ph p/publika/article/view/27533

Fadilah, D. R. (2018). Penyebab Kejadian Preeklampsia pada Ibu Hamil (Studi pada Wilayah Kerja Puskesmas Tembok Dukuh Surabaya) [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/74449/

Fanida, E. H., Rahaju, T., Niswah, F., Megawati, S., & Rekasari, A. D. (2021). Implementation of Electronic Government Through the People’s Service System in Sidoarjo (SIPRAJA) in Tambakrejo Village, Waru District, Sidoarjo Regency. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 603(Icss), 82–90.

Ginanjar, D. (2022, December 25). Berkat Dua Aplikasi, Surabaya Raih Penghargaan Kota Terinovatif. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/surabaya/25/12/20 22/berkat-dua-aplikasi-surabaya-raih-penghargaan-kota-terinovatif/

Hakim, A., & Rifai, A. (2022). Selama dua tahun, Surabaya berhasil turunkan 11 ribu kasus stunting. Antara Jatim. https://jatim.antaranews.com/berita/659545/s elama-dua-tahun-surabaya-berhasil-turunkan- 11-ribu-kasus-stunting

Hikmah, D. A., Prasetyo, K., Musaddad, A. A., Pramestya, E. A., & Lestari, I. D. (2022). Analisis Dimensi dan Peran Aktor Sound Governance dalam Kerja Sama Sister City Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Kota Liverpool (Studi Kasus Pengiriman Sepuluh Pesepakbola Muda Berbakat). Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 1(2), 10–20. https://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia- jurnal/article/view/180

Hikmah, D. A., Prasetyo, K., & Pramestya, E. A. (2022). Implementasi Kebijakan Surabaya Cross Culture International sebagai Upaya Pengembangan Pariwisata di Kota Surabaya. Journal of Politics and Policy, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21776/ub.jppol.2022.004.0 1.01

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service. Sasi, 17(3), 21–30. https://doi.org/10.47268/sasi.v17i3.362

Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2012). Pemkot Surabaya akan Dijadikan Model e-Govt Nasional. Menpan.Go.Id. https://www.menpan.go.id/site/berita- terkini/pemkot-surabaya-akan-dijadikan- model-e-govt-nasional

Kusbandiyah, J. (2013). Analisis Implementasi Program Kelas Ibu Hamil Oleh Bidan Puskesmas Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33475/jikmh.v2i1.94

Kusuma, I. G. K. C. B. A., & Simanungkalit, Y. T. S. (2022). Implementasi Insentif Pajak Menurut Model G Edward III. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 3(2), 236–248. https://doi.org/10.31092/jpkn.v3i2.1523

Li, Y., & Qiu, S. (2022). More “Government”, less “Governance”: Chinese public employees’ preferences for governing public service delivery. Policy Studies, 43(3), 422–442. https://doi.org/10.1080/01442872.2020.1772 218

May, I. P. A., & Fanida, E. H. (2022). Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya. Publika, 11(1), 1553–1568. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika

/article/view/49448

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Jakarta). UIP.

Moran, M., Rein, M., & Goodin, R. E. (2006). The Oxford Handbook of Public Policy. Oxford University Press.

Novianti, R. (2012). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Educhild, 1(1), 22–29.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Nugroho, R. (2018). Public Policy (6th ed.). PT. Elex Media Komputindo.

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. (2018). E- government strategy of Surabaya city government through e-rt / rw to improve the quality of public service. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/953/1/012161

Olsen, J. P. (2006). Maybe Its Time to Rediscover Bureaucracy. Journal of Public Administration Research and Theory, 16, 1–24.

Pauziah, U. (2013). Perancangan Sistem Pendataan Penduduk Pada Kelurahan Cililitan Jakarta Timur Berbazis Delphi. Faktor Exacta, 6(3), 189–199.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 126 Tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia Tingkat Kota Surabaya.

Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pemberian Biaya Jasa Pelayanan/Honorarium Bagi Warga Pelayan Masyarakat di Kota Surabaya.

Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 45 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 68 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintahan Daerah.

Perry, J. L., & Hondeghem, A. (2008). Building theory and empirical evidence about public service motivation. International Public Management Journal, 11(1), 3–12. https://doi.org/10.1080/10967490801887673

Prasetyo, K., Musaddad, A. A., & Pramestya, E. A. (2018). Global Green City: Wujud Kolaborasi Smart Community dan Local Governance. Proceeding Temu Administrator Muda Indonesia 2018, 348–399. https://archive.raharditya.com/admi/arsip/proceeding/

Pratama, D. Y., & Rahaju, T. (2022). IMPLEMENTASI INOVASI LAYANAN MOBIL KELILING UNTUK PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TRENGGALEK). Publika, 10(2), 621–636.

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 71–76.

Ramadhan, N. H., et. al. (2022). Bureaucratic Reform in an Era of Uncertainty and Change: Relinquish the Bureaucratic Polity Model by Evolving Governance. KnE Social Sciences, 7(9), 980–1002.

https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.10993

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A. P., Supriadi, M. N., Sari, M. H. N., & Bahr, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Rifani, D., & Megawati, S. (2023). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui 19 di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Publika, 11(1), 1373–1386.

Salman, G., & Kurniati, P. (2022). 23.523 Warga di Surabaya Masuk Data Kemiskinan Ekstrem, Eri Cahyadi: Kami Sudah Cek, Hasilnya Berbeda di Lapangan. Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/1 8/045429478/23523-warga-di-surabaya- masuk-data-kemiskinan-ekstrem-eri-cahyadi- kami?page=all

Saputro, A., & Rahaju, T. (2018). Implementasi Kebijakan Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Studi Di Kota …. Publika, 6(5). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/23183%0Ahttps://jurnalmahasis wa.unesa.ac.id/index.php/27/article/download/23183/21202

Sayuningsih, E., & Hatijah, N. (2019). Media Kartu Gizi dengan Pendekatan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Pola Asuh Balita Mencegah Stunting di Wilayah Puskesmas Tembok Dukuh Kota Surabaya [Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia]. http://repo.poltekkesdepkes- sby.ac.id/1473/1/Media Kartu Gizi Dengan Pendekatan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Pola Asuh Balita Mencegah Stunting Di Wilayah Puskesmas Tembok Dukuh Kota Surabaya.pdf

Spicker, P. (2009). The Nature of a Public Service. International Journal of Public Administration, 32(11), 970–991. https://doi.org/10.1080/01900690903050927

Subekti, M., Faozanudin, M., & Rokhman, A. (2017). Pengaruh Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi Dan Struktur Birokrasi Terhadap Efektifitas Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah Pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Tambak. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 3(2), 58–71. https://doi.org/10.52447/ijpa.v3i2.923.

Undang-Undang RI. (2009). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Wati, M. P., & Rahayu, T. (2019). Implementasi Program Kediri Single Window for Investment di Dinas Pada Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan). Publika, 7(5).

Wicaksono, K. W. (2019). Tipologi Inovasi Sektor Publik pada Tiga Program Inovatif Pemerintah Daerah Kota Surabaya (Tinjauan Reflektif terhadap Tiga Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2018). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 196–206. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.19895

Widiyana, E. (2022a). Jumlah Stunting di Surabaya Masih Tinggi, Pola Asuh Jadi Faktor Utama. Detikjatim. https://www.detik.com/jatim/berita/d- 5977698/jumlah-stunting-di-surabaya-masih- tinggi-pola-asuh-jadi-faktor-utama

Widiyana, E. (2022b). Kasus Kematian Ibu Hamil Jatim Terbanyak di Jember dan Surabaya. Detikjatim. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6433201/kasus-kematian-ibu-hamil-jatim- terbanyak-di-jember-dan-surabaya

Yuliah, E. (2020). mplementasi Kebijakan PendidikanThe Implementation of Educational Policies. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi The Type Of Descriptive Research In Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Published
2023-11-04
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 203