IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LAPTOP GRATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DIGITAL TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN MADIUN LOR, KOTA MADIUN

  • Nabila Haninda Mufidah S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
  • Tauran Tauran S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Implementation, Policy, Free Laptop Help

Abstract

Kebijakan bantuan laptop gratis di tingkat SD Negeri di Kota Madiun merupakan suatu langkah yang dilakukan pemerintah guna memajukan kualitas sumber daya yang dimiliki dengan memanfaatkan digitalisasi dan berupaya untuk memperkenalkan digitalisasi sejak di bangku SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan bantuan laptop gratis untuk meningkatkan pembelajaran digital tingkat SD Negeri di Kelurahan Madiun Lor, Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini pada enam aspek dari model implementasi Van Meter dan Van Horn yaitu standar dan tujuan kebijakan; sumber daya; karakteristik badan pelaksana; komunikasi dan aktivitas pelaksana; kondisi sosial, ekonomi, dan politik; serta disposisi pelaksana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi; wawancara dengan informan yang menggunakan metode purposive sampling; serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya lima aspek yang terpenuhi dengan baik mulai dari standar dan tujuan kebijakan, karakteristik badan pelaksana, komunikasi dan aktivitas pelaksana, kondisi ekonomi, sosial, politik, serta disposisi pelaksana. Satu aspek yang belum sepenuhnya terpenuhi yaitu aspek sumber daya, dimana ditemukan laporan laptop rusak, jaringan wifi tidak stabil, dan guru yang belum memahami teknologi. Peneliti memberikan saran agar digitalisasi belajar bisa terlaksana dengan baik harus mulai memperhatikan dari aspek sumber daya manusia, pengawasan, hingga fasilitas penunjang yang baik secara menyeluruh di penjuru kota Madiun.

 

The free laptop support policy at the State SD level in Madiun City is a step takeb by the government to advance quality of resources it has by using digitization and striving to introduce digitization since at the SD bench. The aim of this research is to find out the implementation of the free laptop assistance policy to improve digital learning at the State SD level in Kelurahan Madiun Lor, Midiun City. This research uses descriptive research methods with a qualitative approach. The research focuses on six aspects of the Van Meter and Van Horn implementation model: policy standards and objectives; resources; characteristics of implementing bodies; communications and implementing activities; social, economic, and political conditions; and enforcement dispositions. Data collection techniques are observational; interviews with informants using purposive sampling; and documentation. Data analysis techniques use the analytical model of Miles and Huberman, namely with data reduction; data presentation; and conclusion withdrawal. The results of the research show that only five aspects are well met ranging from standards and policy objectives, characteristics of implementing bodies, communications and enforcement activities, economic, social, political conditions, and implementing disposition. One aspect that has not been fully fulfilled is the resource aspect, where it was found to report corrupted laptops, unstable wifi networks, and teachers who have not yet understood technology. Researchers suggest that if learning digitization is to be implemented well, attention should start from human resource aspects, surveillance, to good support facilities thoroughly in the corner of the city of Madiun.

References

Andri Jaya. 2022. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Pengembangan Mutu Pendidikan Sekolah Islam Al-Fadiyah Sungguminasa (Studi Pada Sekolah Islam Al-Fadiyah Sungguminasa). Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Eprilianto, Deby Febriyan, dkk. 2019. Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. Journal of Public Sector Innovations, 4(11). 30-37. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Kasmad Rulinawati. 2013. Studi Implementasi Kebijakan Publik. Makassar: Kedai Aksara

Luthfi, Restiyani P, & Richi R. 2021. Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran. 3(2). 87-92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Melisa Dwi & Megawati. S. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Hybrid Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Negeri 13 Surabaya. Jurnal Publika. 11 (1). 1629-1642. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1629-1642

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Pahleviannur, Muhammad Rizal, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Peraturan Daerah No 17 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Madiun

Peraturan Walikota Madiun Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Laptop Untuk Dioperasikan Oleh Siswa Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Madiun

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

Published
2024-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 33