LAYANAN INFORMASI PUBLIK BERBABIS APLIKASI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBANGUN SMART CITY DI KABUPATEN GRESIK

  • Sandya Cahyani Putri S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
  • Meirinawati Meirinawati S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategic Management, Public Information, Gresikpedia

Abstract

Informasi publik merupakan jenis pelayanan dengan tingkat urgensi tinggi, terutama di era transformasi digital. Kabupaten Gresik, sebagai bagian dari program “Gerakan 100 Smart City di Indonesia”, mengembangkan aplikasi Gresikpedia yang berisi berbagai informasi dan layanan publik untuk memudahkan akses masyarakat serta mencegah penyebaran hoax. Namun, banyak masyarakat Kabupaten Gresik yang belum mengetahui tentang Gresikpedia, sehingga mengurangi peran dan eksistensi pemerintah serta kegunaan Gesikpedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis layanan informasi publik berbasis aplikasi digital sebagai strategi dalam membangun smart city di Kabupaten Gresik. Fokus penelitian berdasarkan teori manajemen strategi dari Robbins & Coulter (2016), meliputi identifikasi misi, tujuan dan strategi organisasi, analisis eksternal dan internal, formulasi, implementasi, serta evaluasi strategi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian adalah Diskominfo Kabupaten Gresik melibatkan staf pengelola aplikasi Gresikpedia sebagai sumber data primer. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gresikpedia merupakan tool dalam penyelenggaraan smart city di Kabupaten Gresik. Diskominfo Kabupaten Gresik juga telah menerapkan manajemen strategi yang tepat pada Gresikpedia melalui proses framing dan grabbing data, promosi melalui media sosial, dan pengelolaan server secara mandiri. Namun, terdapat kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan SDM dan pasifnya peran OPD sebagai admin. Saran diberikan meliputi: 1) peningkatan kecepatan penyampaian informasi dengan target yang jelas, 2) sosialisasi secara intens, 3) pengembangan aplikasi berkala, 4) serta pelibatan OPD dalam proses evaluasi.

References

Antara, I. G. M. Y., & Suryana, I. G. P. E. (2020). Pengaruh Tingkat Kepadatan Penduduk Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Bali. Media Komunikasi Geografi, 21(1), 63-73.

Astuti, I. F., & Cahyadi, D. (2018). Smart City Kutai Kartanegara Dengan Pendekatan Framework Citiasia: Sebuah Kajian Analisis. Sebatik, 22(2), 219-225.

Kurniawati, M., & Prastyawan, A. (2023). Evaluasi Program Aplikasi Gresikpedia Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Gresik.

Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 1(2), 327-340.Meirinawati, M., Fanida, E. H., & Prabawati, I.

(2018, October). Strategy Management of Hazardous and Toxic Waste Processing by PT Artama Sentosa Indonesia (Study of Transporting and Collecting Hazardous and Toxic Waste). In 1st International

Conference on Social Sciences (ICSS 2018) (pp. 181-186). Atlantis Press.

Meirinawati, & Niswah, F. (2015). Manajemen Strategi Sektor Publik. Surabaya: UNESA University Press. Nurrochma, A. W., & Meirinawati, M. (2022). Manajemen Strategis Imadiun Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kota Madiun Di Perpustakaan Kota Madiun. Publika, 87-100.

Oktariyanda, T. A., & Rahaju, T. (2018). Egovernment strategy of Surabaya city government through e-rt/rw to improve the quality of public service. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 953, No. 1, p. 012161). IOP Publishing.

Pangestiningrum, K. P., Nugraha, J. T., & Mahendradi, M. (2019). Manajemen Aplikasi “Magelang Cerdas” Sebagai Salah Satu Inovasi Sektor Publik Menuju Smart City Di Kota Magelang. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 3(1), 24-36.

Robbins, S. P., Bergman, R., Stagg, I., & Coulter, M. (2016). Management. Pearson Australia.Rofpi, A. (2024). Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Mendukung Smart City Melalui Aplikasi Wargaku di Kota Surabaya. Journal of Governance Innovation, 6(1), 48-59

Published
2024-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 6