INOVASI ONE GATE SYSTEM (LONTONG BALAP) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN PENCATATAN SIPIL DENGAN PENGADILAN NEGERI UNTUK MEWUJUDKAN PERUBAHAN DOKUMEN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n2.p547-562Kata Kunci:
Kebijakan Publik, Implementasi Program, Inovasi Program, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Program Lontong BalapAbstrak
Inovasi program merupakan salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan yang dimiliki oleh masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Terutama pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, sehingga pemerintah kota/kabupaten terus didorong dalam melakukan inovasi. Salah satu inovasi program yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah inovasi program Lontong Balap. Namun, dalam menjalankan programĀ Lontong Balap ini masih ditemui permasalahan pada saat pengimplementasiannya. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut terkait Implementasi Inovasi Program Lontong Balap. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan enam indikator yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan menurut Van Meter dan Van Horn (1975), meliputi standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, hubungan antar organisasi, disposisi, dan kondisi ekonomi, sosial, dan politik. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui beberapa tahap seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan Kesimpulan. Hasil Penelitian menujukkan pengimplementasian program lontong balap sudah baik, tetapi masih belum optimal. Seperti sumber daya manusia seperti hakim sidang, bagian verifikator, pendaftaran, dan pembuatan penetapan. Pembekalan untuk pegawai kelurahan menyebabkan seringkali terjadi kesalahan input, kurang berjalannya proses monitoring dan evaluasi di setiap kelurahan, Proses sosialisasi yang dilakukan juga belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat kota Surabaya.
Unduhan

