KAJIAN KETERPADUAN ANTAR MODA: SEBUAH ANALISIS AKSESIBILITAS TRANSPORTASI PUBLIK PADA LAYANAN FEEDER WIRA-WIRI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p793-802Kata Kunci:
Aksesibilitas, Keterpaduan Antar Moda, Kualitas Layanan, Pelayanan PublikAbstrak
Dengan meningkatkan kualitas layanan transportasi publik, penelitian ini dapat membantu dalam untuk membuktikan bagaimana pengaruh aksesibilitas transportasi publik dan keterpaduan antar moda terhadap kualitas pelayanan kualitas layanan feeder Wira-Wiri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bantuan smartPLS versi 4.1.0.2. Pengambilan sampel data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aksesibilitas dan keterpaduan antar moda berpengaruh positif terhadap kualitas layanan transportasi. Aksesibilitas transportasi publik memiliki pengaruh positif terhadap kualitas layanan dengan nilai p-value sebesar 0,000
< 0,005. Lalu, keterpaduan antar moda memiliki pengaruh positif terhadap kualitas layanan, yang dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,005. Hasil ini menunjukkan bahwa keterpaduan antar moda feeder Wira-Wiri Suroboyo telah memudahkan masyarakat dalam melakukan perpindahan ke moda transportasi lain yang mereka tuju. Hal-hal penting untuk memaksimalkan kualitas layanan feeder, dapat dilakukan dengan sebagai berikut: (1) memperbaiki dan meningkatkan kualitas jalan penghubung; (2) meningkatkan frekuensi kedatangan feeder terutama pada jam-jam sibuk; (3) sosialisasi integrasi karcis;
(4) informasi mengenai lokasi dan akses moda transportasi lain; (5) perbaikan aplikasi Gobis supaya dapat memperbarui data tracking secara real-time; (6) meningkatkan pencahayaan dan infrastruktur halte feeder;
(7) meningkatkan kemenarikan infrastuktur dan pemeliharaan halte dan sekitarnya.
Unduhan
Referensi
Almajazi, M. T. (2017). Analisis Permodelan Perpindahan Moda dari Kendaraan Pribadi ke Bus Trans Jogja Menggunakan Analisis Regresi Logit Biner (Studi Kasus Zona Utara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Repository UMY.
Ansori, A. &. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Penumpang First Class Double Decker Bus. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 1-12.
Arifiyananta, D. R. (2015). Strategi Dinas Perhubungan Kota Surabaya Untuk Mengurangi Kemacetan Jalan Raya Kota Surabaya. Publika, 1-16.
Arifiyananta, R. D. (2017). Strategi Peningkatan Pelayanan Transportasi Melalui Bus Trans Sidoarjo (Studi pada Perum DAMRI Cabang Surabaya). Publika, 1(1), 1-8.
Azis, R. &. (2014). Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Deepublish.
BIRO, K. D. (2021). From Menuju Transportasi Perkotaan yang Ramah dan Nyaman: https://portal.dephub.go.id/post/read/menuju- transportasi-perkotaan-yang-ramah-dan-nyaman
Dessy, I. (2021). Pengaruh Kepuasan Publik, Pilihan Publik, dan Motiasi Pelayanan Bus Trans Jakarta di DKI Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Program Sarjana Magister Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta.
Ghozali, I. d. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Publika.
Hamida & Kurniawan (2023). Implememtasi Program Wira Wiri Suroboyo di Dinas Perhubungan kota Surabaya. Publika, 11(4), 2663-2674.
Kalvin, D. d. (2023). Efektivitas Suroboyo Bus dalam Mengatasi Kemacetan Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Kavitha, e. a. (2023). Office Administration System. IJRASET, 1-11.
Nala, A. &. (2023). Kesesuaian Kualitas Pelayanan Suroboyo Bus Bagi Masyarakat Pengguna Tranportasi Massal di Wilayah Kota Surabaya.
Permadi, e. a. (2015). Pemenuhan Sarana dan Prasarana bagi Masyarakat Berkebutuhan Khusus untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Daerah.
Pratika, D. Y. (2021). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik Batik Solo Trans Kota Surakarta (Studi Kasus: SUb Terminal Kreten - Terminal Palur). Jurnal Pengembangan Kota, 36-46.
Putri, A. P. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Suroboyo Bus di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Publika, 1-12.
Rahayu, e. a. (2020). Public Service Innovation Through Suroboyo Bus to Improve the Accessibility of Public Transportation. EUDL, 1-8.
Ritonga, M. (2021). Strategi Manajemen Layanan Administrasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Kab. Labuhanbatu Utara. Journal Of Education, 1-7.
Sarstedt, M. R. (2017). Partial Least Squares Structural. Equation Modeling. Handbook of Market R.
Still, G. (2014). Crowd Risk Analysis and Crowd Safety Training. Florida: CRCPress Wibisono R, dkk. 2023. Optimalisasi Jaringan Trayek Suroboyo Bus Berdasarkan Pemetaan OD (Origin Destination) dengan Aplikasi Web App Map ArcGIS. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi).
Syafiie, I. K. (2014). Ilmu Administrasi Publik. Jombang: Terbitan, : PT.Bumi Aksara, 2014. Institusi, : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang.
Triantafillidi, E., & Tzouras, P. G. (2023). Identification of Contributory Factors That Affect the Willingness to Use Shared Autonomous Vehicles. MDPI, 3, 970-985.
Abstract views: 373
,
PDF Downloads: 414



