ELECTRONIC INITIAL PUBLIC OFFERING (E-IPO) SEBAGAI INOVASI DALAM PENAWARAN UMUM DI BURSA EFEK REGIONAL JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p837-848Keywords:
Service Innovation, Share Purchase, E-IPOAbstract
Dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan publik yang transparan dan efisien, Bursa Efek Indonesia meneribitkan sistem layanan Electronic Initial Public Offering sebagai bentuk fitur penawaran umum terhadap perusahaan yang akan hadir di bursa saham indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menndeskripsikan inovasi layanan Electronic Initial Public Offering. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah pegawai Bursa Efek Regional Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan teori pembentukan inovasi dengan indikator Governance and innovation, Sources of Ideas for innovation, Innovation culture, Cappabilites and Tools, Objectives, Outcomes,Drivers, and Obstacles, Collecting Inovation Data For Single Innovations. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek Governance and innovation telah berjalan seusai dengan SOP perundang-undangan dalam mengelola sistem layanan E-IPO, dari aspek Sources of Ideas for innovation layanan ini berasal dari kolom kritik pada website, POJK No 41 Tahun 2020, dari aspek Innovation culture menambah proses penawaran umum secara online, dari aspek Cappabilites and Tools para pegawai BEI memiliki sertifikasi profesi, dari aspek Objectives, Outcomes, Drivers and Obstacles untuk memperbesar partisipasi para investor, dari aspek Collecting Inovation data for single Innovations pihak BEI bekerja sama dengan kominitas saham pada universitas dan Jawa Timur. Adapun saran dari penitian ini adalah agar pihak Bursa Efek perlu membuat regulasi terhadap jadwal perusahaan yang akan IPO serta mengembangkan layanan website menjadi aplikasi agar mudah dijangkau kembali oleh para pengguna.
Downloads

