INOVASI APLIKASI E-RUSUN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN SERTA PERTANAHAN KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v12n3.p921-930Kata Kunci:
E-Government, Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi E-RusunAbstrak
Perkembangan digitalisasi yang semakin kompleks membuat pemerintah terus mengembangkan electronic government sebagai bentuk percepatan reformasi birokrasi. Hal tersebut berlaku bagi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Surabaya yang saat ini telah mengembangkan inovasi pelayanan dalam bentuk platform E-Rusun. Platform atau aplikasi berbasis teknologi ini, dirancang berdasarkan pada kebutuhan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik yang menjadi ketugasan DPRKPP adalah pengelolaan rumah susun dengan segala kompleksitas yang dihadapi khususnya dalam penatalaksanaan administrasi layanan. Kehadiran platform E-Rusun dimaksudkan supaya masyarakat (user) mendapatkan kemudahan akses layanan tanpa harus melalui layanan offline. Lebih lanjut, dalam konteks peningkatan kualitas layanan, peneliti ingin mempertajam kemanfaatan dan dampak layanan yang sudah diterapkan melalui platform E-Rusun didalam sebuah penelitian dengan fokus pada manajemen inovasi yang dipakai oleh pengembang platform E-Rusun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis konten. Analisis konten dipakai untuk dapat mempertajam masing-masing substansi yang akan direduksi dan dikompilasi didalam konten analisis. Analisis kemudian dilakukan dengan membangun matrik analisis konten untuk mendapatkan sentimen positif maupun negatif dari tiap-tiap substansi informasi yang didapatkan dari narasumber maupun dari data dukung lainnya. Data dikumpulkan melalui instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan inovasi aplikasi E-Rusun di DPRKPP Kota Surabaya sudah baik, hal itu terbukti dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan pengelolaan rusun di Kota Surabaya yang dilihat dari jumlah layanan terlayani: seperti pendaftaran izin/sewa rusun dan pembayaran rusun lebih cepat dan mudah. Namun demikian, pada analisis juga ditemukan permasalahan teknis seperti: kurang pahamnya masyarakat dalam mengakses aplikasi hal itu dikarenakan minimnya sosialisasi yang diberikan oleh DPRKPP Kota Surabaya. Dengan demikian, rekomendasi yang dapat diberikan oleh peneliti bahwa DPRKPP Kota Surabaya perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terutama penghuni rusun.
Unduhan

