PENGARUH PENERAPAN ”REALISASI PRODUK” DALAM ISO 9001:2008 TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG MUTASI KANTOR REGIONAL II BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA SURABAYA

  • ICHE CHYNTYA NAVY ARIESTA

Abstract

Realisasi produk merupakan salah satu elemen penting dalam ISO 9001:2008 yang memuat persyaratan yang harus dipenuhi oleh organisasi dalam menghasilkan suatu produk, karena menurut Moenir produk merupakan salah satu komponen kepuasan pelanggan yang menjadi sasaran manajemen pelayanan umum, sehingga dalam penerapan ”realisasi produk” dibutuhkan kinerja pegawai yang berkompeten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan ”realisasi produk” dalam ISO 9001:2008 terhadap kinerja pegawai bidang mutasi Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini mengambil sampel seluruh pegawai bidang mutasi dan mantan pegawai bidang mutasi yang dipindahkan ke bidang lainnya, sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data kuantitatif  menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=13,07+0,29X1+0,18X2+0,61X3, yang dapat diartikan bahwa kinerja pegawai dapat meningkat apabila ketiga variabel realisasi produk dalam ISO 9001:2008 ditingkatkan. Dari hasil uji tersebut juga diperoleh nilai R2 sebesar 0,56 atau 56%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel Y (kinerja pegawai) dipengaruhi oleh variabel X (realisasi produk) sebesar 56% dan sisanya sebesar 44% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara bersama-sama, penerapan realisasi produk (perencanaan layanan, proses terkait dengan pelanggan, penyediaan layanan) dalam ISO 9001:2008 memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai bidang mutasi Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya yang ditunjukkan dengan nilai 12,30. Secara individual, hanya sub-variabel penyediaan layanan (dalam realisasi produk) yang memberikan pengaruh pada kinerja pegawai bidang mutasi Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya, dengan nilai 3,59.

Kata Kunci: Realisasi Produk, ISO 9001:2008, Kinerja Pegawai

Published
2014-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 109