REFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PELAYANAN ELECTRONIC FILING SYSTEM DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA)
Abstract
Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tata pengelolaan yang lebih
baik. Salah satu instansi yang mengadakan reformasi birokrasi adalah Dirjen Pajak dengan tujuan
meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan oleh
Dirjen Pajak adalah e-Filing, yaitu system pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) PPh Tahunan
Wajib Pajak Pribadi melalui www.pajak.go.id yang dilaksanakan oleh semua KPP Pratama di
Inonesia termasuk KPP Pratama Sidoarjo Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kualitas pelayanan E-Filing. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai dan wajib pajak KPP Pratama
Sidoarjo Utara. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi
terus terang, dokumentasi, dan triangulasi teknik. Berdasarkan teori kualitas dari Parasuraman
yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangibles, kualitas pelayanan E-Filing di KPP Pratama Sidoarjo Utara telah memenuhi kelima dimensi tersebut meskipun masih
ada beberapa kekurangan seperti, sosialisasi hanya dilakukan di awal program E-Filing
diluncurkan, kurangnya jumlah pegawai di bagian pelayanan, dan masih belum tersedianya unit
computer di KPP Pratama Sidoarjo Utara yang digunakan sebagai fasilitas pendukung layanan
online bagi wajib pajak.
Kata kunci: reformasi birokrasi, kualitas pelayanan, E-Filing
PDF Downloads: 162