Efektivitas Layanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Klampid (Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang) di Kelurahan Kapasan Kecamatan Simokerto Kota Surabaya
Keywords:
Klampid Application, Effectiveness, Public ServicesAbstract
Aplikasi Klampid merupakan inovasi layanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus keperluan administrasi kependudukan secara online. Untuk menunjang kemudahan masyarakat, pihak dinas menempatkan petugas khusus di setiap Kecamatan di Kota Surabaya salah satunya yaitu kecamatan Simokerto. Namun dalam pelaksanaannya, masih ditemukan kendala berupa rendahnya pemahaman masyarakat terhadap adanya aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan Klampid dalam mengoptimalkan kemudahan administrasi kependudukan kelahiran dan kematian di Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian ini menggunakan teori pengukuran efektivitas sistem informasi oleh DeLone dan McLean yang meliputi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan keuntungan bersih. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator kualitas sistem sudah cukup efektif. Indikator kualitas informasi sudah efektif karena telah menunjukkan keterbaruan, kejelasan dan keakuratan inforamsi. Indikator kualitas pelayanan sudah efektif dimana dilihat dari kecepatan, kehandalan dan interaksi baik yang terjalin dari pemberi layanan. Begitu pula pada indikator penggunaan, aplikasi Klampid sudah sering dimanfaatkan untuk memberikan layanan kependudukan. Indikator kepuasan pengguna juga sudah efektif dimana pihak kelurahan, kecamatan dan masyarakat merasa puas dengan adanya aplikasi Klampid. Pada indikator keuntungan bersih dari adanya aplikasi Klampid juga telah dirasakan oleh pihak kelurahan maupun masyarakat luas.
Kata Kunci: Aplikasi Klampid, Efektivitas, Pelayanan Publik.
Downloads
References
Ardilia, P. C., Hartono, S., & Rochim, A. I. (2023). Efektivitas Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online Di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. PRAJA observer: Jurnal Penelitian
Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 3(06), 204-211.
Arisutha, D. (2005). Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka. Artitantia, W., Putera, R.E. dan Yoserizal. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Nagari Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 6(2), 68-74. DeLone, W. H., and McLean, E.R. (2016). Information Systems Success Measurement. Foundations and Trends in Information Systems, 2(1), 1-114. https://doi.org/10.1561/2900000005
Ida, I. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar. Indrajit, R.E. (2004). E-Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset. Kadji, Y. (2016). Metode Penelitian Ilmu Administrasi.
Yogyakarta: Deepublish. Kartika, R. dan Meirinawati (2020). Efektivitas Pelayanan Administrasi 30 Detik Di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Publika, 8(1). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kowaas, A. S., Pioh, N., & Kumayas, N. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival di Kota Tomohon. Jurnal Eksekutif, 2(2).
Mirza, F. H., & Sri, U. (2022). Efektivitas program layanan e-klampid di Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Public Sphere Review: Journal of Public Administration, 1(2), 22-28.
Moelong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, D., Afandi, Gedona, T. H., & Nur, M. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik : Konsep & Praktik Administrasi dalam Penyusunan SOP, Standar Pelayanan, Etika Pelayanan, Inovasi Untuk Kinerja Organisasi. Retrieved from//senayan.iainpalangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12263
Naldi, M., Mahsyar, A., & Yahya, M. (2023). Kualitas
Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kab. Bantaeng. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 4(3), 557-566.
Natika, L., & Nuraida, N. (2020). Efektivitas Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Terungtum Pada Dinas Perikanan Kabupaten Subang (Studi Kasus Di Kecamatan Pusakanagara). The World of Public Administration Journal.
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Purba, A. (2016) Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program E-lampid (Lahir, Mati, Pindah, Datang) di Dispendukcapil Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Putra, A. A. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Pada Masyarakat Di Kota Palu (Studi Tentang Kelompok Usaha Bersama). Katalogis, 6(8),1-8.
Qadir, S., & Quadri, S.M. K. (2016). Information Availability : An Insight into the Most Important
Attribute of Information Security. April, 185–194.
Rahayuni, W. dan Rusli, Z. (2021). Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai pada Masa Pandemi Covid- 19 di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. As-Siyasah: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2), 17.
Ramadhan, M. S., & Trimurni, F. (2022). Efektivitas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Online
(Sihobas. Online) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Simalungun. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 9(2), 423-432.
Rukayat, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).
Sabrina, J., Umiyati, S., Raharja, W. T (2020). Profesionalisme Aparatur Desa Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Pemerintahan Desa (Studi Kasus Di Kantor Desa Jatinom Kabupaten Blitar). Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 23(1), 48-50.
Saufa, A. F. (2017). Evaluasi Sistem Temu Kembali Informasi OPAC Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), 140-151.
Sinambela, L. P. (2008). Reformasi Pelayanan Publik.
Jakarta: Bumi Aksara.Sri Warni. (2021). KualitasPelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru. Sarjana thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar. Subarsono, Dwiyanto, A., Kumorotomo, W., Wibawa, S., Bambang, W. T., & Erwan, A. P. (2014).
Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan
Publik. Retrieved from//172.20.21.203:80/index.php?p=show_detail&id=129&keywords=
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke- 26. Bandung:
Alfabeta. Sutanto, S. H., Putri, F. J., Herlianti, N., Jauza, R., Guritna, W., & Syamsir, S. (2022, November). Reformasi Administrasi Pelayanan Berbasis Online pada Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil Kota Padang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 120-131). Syahirah, N. (2020). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Triningsih, A. (2018). Implementasi Pelayanan Publik Dalam Penerbitan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Blitar (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blitar). Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

