PELAYANAN KEPADA TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI (Studi Pada Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kerja Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur)

  • NAZILAH HIDAYATI

Abstract

 

 

PELAYANAN KEPADA TENAGA KERJA WANITA KE LUAR NEGERI

 (Studi Pada Bidang Pelatihan dan Produktivitas Kerja Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur)

 

Nazilah Hidayati

 

Dian Arlupi Utami

 

ABSTRAK

 

Persoalan pengangguran yang semakin bertambah setiap tahunnya merupakan persoalan yang menjadi kerja utama pemerintah. Oleh sebab itu, melalui disnakertransduk jatim memberikan layanan bagi masyarakat terutama dalam bidang ketenagakerjaan yaitu melalui pelayanan kepada tenaga kerja wanita ke luar negeri. Hal tersebut diadakan karena semakin banyak jumlah lapangan kerja yang tersedia memungkikann para wanita mencari kerja keluar negeri Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelayanan tenaga kerja wanita ke luar negeri oleh bagian pelatihan dan produktifitas pada dinas tenaga kerja trasmigrasi dan kependudukan Provinsi Jawa Timur.

 

Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, . Teknik analisa data menggunakan.pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi.

 

Hasil penelitian diperoleh pelayanan kepada tenaga kerja wanita ke luar negeri studi pada bidang pelatihan dan produktifitas kerja dinas  tenaga kerja transmigrasi  dan kependudukan provinsi Jawa Timur yaitu melalui Surat Keputusan Men Pan No. 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaan Pelayanan Publik adalah sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan perundang-undangan yang ada, namun masih diperlukan inovasi-inovasi untuk lebih baik lagi kedepannya. saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu untuk menambah jumlah pegawai yang tidak seimbang dengan banyaknya peserta, baik peserta uji kompetensi bahasa maupun yang lainnya yang jumlahnya sekitar 80 sampai dengan 100 orang dan ditangani hanya dengan 8 orang pegawai saja.

 

Demikian saran yang bisa penulis paparkan semoga bisa menjadi perbaikan dan pengembangan organisasi, khususnya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik agar lebih baik lagi dan sempurna.

 

Kata kunci : pelayanan publik, pemerintahan yang baik 

Published
2014-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 18