PENGARUH KINERJA KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA PASEYAN KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN

  • RITA

Abstract

PNPM Mandiri merupakan program pemerintah yang didalamnya mengangkat kesetaraan gender, dengan adanya Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Kegiatan SPP bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dengan memberdayakan perempuan, dengan upaya memberikan pinjaman modal usaha bagi perempuan ruamah tangga miskin (RTM), agar dapat melakukan kegiatan usaha sehingga mempunyai pendapatan yang dapat menunjang ekonomi keluarga. Kedepannya kegiatan SPP yang berdampak pada pendapatan perempuan akan membawa pengaruh terhadap tingkat kesejahteraan keluarga. Dalam kaitan ini kegiatan SPP dapat dipengaruhi oleh kinerja kegiatan, kinerja yang baik akan dapat membawa pengaruh yang baik bagi kesejahteraan keluarga anggota. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja kegiatan SPP terhadap tingkat kesejahteraan keluarga di Desa Paseyan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrument penelitian berupa kuisioner, skala pengukuran menggunakan skala Likert yang dianalisis menggunakan uji validitas dan reabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 158 anggota dengan 61 anggota kelompok SPP sebagai sampel, yang dihitung menggunakan rumus Radiani. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sedangkan untuk menghitung korelasi, menggunakan skala interval dan  uji korelasi Product Moment Pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kegiatan SPP di Desa Paseyan memiliki pengaruh yang cukup signifikan yaitu rhitung sebesar 0,823. Hasil itu lebih besar dari rtabel  yang hanya sebesar 0,254. Jadi apabila kinerja kegiatan SPP menurun maka akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan keluarga terutama dalam pemenuhan kebutuhan social dasar dan psikologis. Artinya, kinerja kegiatan SPP berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan keluarga. Berdasarkan perhitungan skala Interval kinerja kegiatan SPP yang diterapkan lebih cenderung pada pencapaian dampak (impact) dalam meningkatkatkan kesejahteraan keluarga, dengan skor tertinggi 256 dari perhitungan dan distribusi frekuesnsi. Kendala dalam pencapaian tujuan SPP adalah keterbatasan dana/modal pinjaman yang diberikan, untuk memaksimalkan pencapaian kesejahteraan keluarga anggota, kedepannya modal pinjaman yang diberikan lebih di tingkatkan nominalnya agar dapat memberikan hasil/dampak yang lebih baik.

 

Kata Kunci : Kinerja Kegiatan SPP, Kesejahteraan Keluarga.

Published
2014-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 37