IMPLEMENTASI ELEKTRONIK SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI 1111 VERSI 1.5 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SIDOARJO UTARA
Abstract
Penerapan aplikasi e-SPT PPN 1111 versi 1.5 bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada
sistem pengisian dan penyampaian SPT PPN 1111. Kendala penerapan di KPP Pratama Sidoarjo Utara
meliputi kemampuan Wajib Pajak akan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan kesiapan infrastruktur
teknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah Seksi Pelayanan dan Pengolahan Data dan Informasi, dan Wajib Pajak yang diambil
dengan metode Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur,
observasi langsung, dokumentasi, dan triangulasi teknik. Analisis data dengan pengumpulan data,
penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan implementasi e-SPT PPN 1111 versi 1.5
sebagai upaya pengembangan e-government dapat dilihat dari 4 (empat) bidang besar yang mengelilingi
dan mempengaruhi pelaksanaan e-government, yaitu bidang organisasi yang menunjukkan bahwa
kebutuhan masa depan organisasi masih diperlukan kesiapan infrastruktur teknologi dan kodisi tata ruang,
serta pelatihan staf yang masih belum menyeluruh. Bidang kedua adalah teknik yang menunjukkan bahwa
teknologi informasi telah memenuhi standar namun belum dikenakan ke seluruh pegawai. Bidang ketiga
adalah sosial yang menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk menggunakan e-SPT PPN 1111 versi
1.5 masih perlu ditingkatkan. Bidang keempat adalah politik yang menunjukkan adanya dukungan
pemerintah berupa peraturan, keputusan, dan undang-undang pelaksanaan dan teknis, penyediaan
perangkat komputer, serta dalam penentuan arah proses bisnis dan TI.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, E-government, E-SPT PPN 1111 versi 1.5
PDF Downloads: 54