EFEKTIVITAS PELAYANAN SAMSAT CORNER DI KANTOR BERSAMA SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) SURABAYA TIMUR (STUDI PADA SAMSAT CORNER GALAXY MALL SURABAYA)

  • TRISYA ANDISTY ANGGITAYUDHA

Abstract

Tuntutan masyarakat akan sebuah pelayanan publik yang lebih memudahkan masyarakat serta lebih efektif terus diinginkan oleh masyarakat. Untuk itu Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Timur dalam memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan transparan yaitu menciptakan layanan unggulan yang berada di pusat perbelanjaan yaitu samsat corner.Dengan adanya layanan unggulan Samsat Corner ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui danmenganalisis tentang Efektivitas Layanan Samsat Corner di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Surabaya Timur pada gerai Samsat Corner yang terjadi di Galaxi Mall Surabayadengan menggunakan enam indikator dari Keputusan MENPAN No. 63 Tahun 2003, yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan yang terakhir kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Penelitian ini mengambil sampel sebesar 100 dari jumlah populasi yang berjumlah 15.447 wajib pajak yang ada pada Samsat Corner Galaxy Mall Surabaya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan.Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan pada samsat corner di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) pada Gerai Samsat Corner Galaxy Mall Surabaya dapat dikatakan sudah sangat efektif. Dari pengujian validitas, reliabilitas, dan analisis statistik-deskriptif dihasilkan bahwa penilaian setiap sub-variabel efektivitas pelayanan pada samsat corner memperoleh nilai efektivitasnya secara keseluruhan dengan persentase lebih dari 81% yaitu Prosedur pelayanan 88,9%, waktu penyelesaian 92%, biaya pelayanan 87,3%, produk pelayanan 88,3%, sarana dan prasarana 88%, dan yang terakhir kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan sebesar 88% dimana semua dimasukkan kedalam kategori sangat efektif.Saran yang diberikan oleh peneliti dari hasil penelitian ini meliputi, perlunya peningkatan pelayanan terkait dengan biaya pelayanan dan lokasi samsat corner.Dimana masih terdapat sebagian wajib pajak yang masih belum jelas akan kepastian besarnya biaya pajak dan terdapat wajib pajak yang masih merasa kesulitan untuk menuju lokasi karena terlalu jauh dari tempat parkir.

 

Kata Kunci: efektivitas, pelayanan, samsat corner

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 248