IMPLEMENTASI E-PAYMENT DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA SURABAYA (Studi Kasus Pencairan Dana kepada Penyedia Barang dan Jasa)

  • NIA AZZA LAILI

Abstract

e-Payment Pemkot Surabaya merupakan sistem pencairan dana APBD secara elektronik yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Berdasarkan RPJMD Kota Surabaya tahun 2010-2015, gambaran proporsi realisasi belanja kepada penyedia barang dan jasa Kota Surabaya dalam 5 tahun sebelumnya cukup tinggi dan mendominasi proporsi anggaran belanja langsung, sehingga diperlukan studi implementasi berfokus pada pencairan dana kepada penyedia barang dan jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi e-Payment pencairan dana kepada penyedia barang dan jasa di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Menggunakan model implementasi kebijakan dari Van Meter & Van Horn. Sumber data menggunakan teknik purposive, yaitu dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan, SKPD Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, serta penyedia barang dan jasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian sasaran kebijakan e-Payment lebih tepat dirasakan oleh pihak SKPD, alokasi sumber daya manusia sudah memadai dari segi kuantitas maupun kualitasnya, struktur birokrasi dan pola-pola hubungan pertanggung jawaban baik dan tidak ada yang overlapping, implementasi didukung oleh komitmen Walikota Surabaya yang sangat concern terhadap kebijakan e-Government, dan disposisi implementor baik. Di samping kelebihan-kelebihan tersebut, juga masih terdapat beberapa kekurangan yaitu dari variabel sumber daya peralatan, yaitu kualitas jaringan internet perlu diperbaiki dan belum ada database penyedia barang dan jasa pada aplikasi SIPK dan SAPA; dan dari variabel hubungan antar organisasi, belum pernah diadakan evaluasi secara khusus mengenai implementasi e-Payment. Saran yang diberikan dalam penelitan ini adalah memperbaiki kualitas jaringan internet dan melakukan pembenahan sistem dengan menambahkan database penyedia barang dan jasa pada aplikasi SIPK dan SAPA, serta mengadakan tindakan evaluasi secara khusus mengenai implementasi e-Payment.

Kata Kunci: Implementasi kebijakan, e-Payment, Penyedia barang dan jasa.

Published
2014-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 124